Video youtube tidak dapat di Download – Penyebab dan Cara mengatasinya!

Jutaan Konten video di youtube memang menarik untuk ditonton. Bahkan saat ini mulai anak kecil sampai orang tua sudah banyak yang kecanduan melihat video youtube dari channel favorit mereka. Tidak sedikit pula yang mengunduh video untuk diputar ulang saat offline atau tanpa koneksi internet.

gagal download youtube offline

Perlu diingat, Pihak youtube tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan download video untuk disimpan untuk personal apalagi dikomersialkan. Pengunduhan hanya diperbolehkan melalui fitur Download yang ada di dalam aplikasi youtube itu sendiri.

Jadi, Nantinya video hasil download dari dalam aplikasi youtube hanya dapat dilihat dengan menggunakan aplikasi itu sendiri, tepatnya ada di bagian Tab Koleksi pada menu Download. Video tersebut bisa diputar ulang meskipun tanpa tersambung ke internet.

Bila ada permasalahan tentang gagal download video di youtube supaya dapat dilihat offline, bisa disebabkan beberapa hal, seperti masalah jaringan, Ruang penyimpanan, Konten berbayar dan lisensi.

Baca:   Cara Download video Youtube di Android tanpa install Aplikasi

Penyebab Video youtube Tidak dapat didownload (Offline)

  • Ruang penyimpanan penuh

Untuk dapat menyimpan file video hasil unduhan di youtube tentunya harus tersedia ruang memori penyimpanan yang memadai.

Bilamana saat tombol download di salah satu video yang kita tonton aktif (tulisan berwarna biru), dan di layar ada peringatan ruang penyimpanan tidak mencukupi, maka pengnduhan akan dibatalkan.

Cara mengatasinya gampang, keluar dulu dari aplikasi youtube lalu hapus beberapa file, semisal file video dan foto yang berukuran besar atau file musik yang sudah tidak digunakan lagi. Setelah itu coba ulangi melakukan pengunduhan video.

  • Tombol download tidak aktif

Tidak semua video dari channel yang kita tonton bisa didownload untuk disimpan dalam koleksi offline. Dimana ditandai dengan warna tulisan pada tombol download berwarna abu-abu dan tidak dapat ditekan.

Bila hal itu terjadi, penyebabnya bisa karena konten tersebut hanya boleh diunduh di zona wilayah (Negara) tertentu maupun masuk dalam kategori premium.

Baca:   Cara Setting Kamera Selfie Realme tidak Mirror atau Terbalik

Bila kita berlangganan youtube premium maka hampir semua konten video dapat didownload dan disimpan untuk ditonton secara offline.

Adapun keuntungan lain youtube premium yaitu kita dapat menonton video dan suara tetap bisa didengarkan meskipun layar ponsel dimatikan, karena aplikasi berjalan pada background sistem.

Itulah penyebab umum mengapa video youtube tidak dapat didownload dan disimpan untuk ditonton offline, Semoga bermanfaat.

gagal download youtube offline
Next Post

No more post

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *