Tips Hemat Ruang Memori di Aplikasi WhatsApp

Tips Hemat Ruang Memori di Aplikasi WhatsApp – Sudahkan anda pernah mengalami Ruang penyimpanan di memori HP hampir habis?, padahal setiap hari aktifitas banyak menggunakan aplikasi WhatsApp untuk sekedar chatting dengan teman kerja, kerabat atau Kolega. Tahukah kita bahwasanya seiring seringnya ada teman yang berkirim gambar, baik itu di pesan pribadi atau grup WA menjadikan ruang memori di HP semakin lama semakin berkurang tanpa kita sadari.

Tips Hemat Ruang Memori di Aplikasi WhatsApp

Bagi pengguna aplikasi whatsApp di smartphone yang mempunyai kapasitas memori telepon yang besar tentunya bukan menjadi masalah, namun bagi pemilik smartphone yang memori Internalnya Pas-pasan tentu kapasitas memori menjadi hal penting untuk diperhatikan karena bis aberpengaruh pada jalannya sistem.

Seperti diketahui bahwasanya ketika ada pesan masuk berupa gambar dan juga video, entah itu di group whatsApp atau chatting pribadi, maka ketika kita melakukan klik pada image atau memutar video tersebut sebenarnya secara otomatis file data yang ada (image dan video) juga tersimpan di memori internal ponsel kita.

Baca:   Cara Reset HP Huawei Semua Tipe - Hard dan Soft Reset!

Jadi bagi yang suka chatting atau ngobrol via WhatsApp dan teman sering berkirim foto atau Video maka semua data tersebut akan memenuhi folder ‘WhatsApp image’ dan juga ‘WhatsApp Video’ yang ada di galeri, yang mana galeri tersebut tertaut dengan memori Internal smartphone.

Jadi Entah File Foto (image) yang ada di kotak chatting anda lihat atau tidak maka otomatis akan selalu tersimpan di folder whatsApp yang ada di galeri sebelum anda menghapusnya secara manual.

Bilamana anda menghapus salah satu image yang ada di folder ‘whatsApp image’ maka di kotak pesan WA yang terkait dengan isi inbox image tersebut gambar yang tampil akan buram dan anda tidak bisa lagi melihatnya disebabkan image yang tersimpan sudah tidak berada lagi di folder penyimpanan data.

Cara mematikan Unduhan Otomatis image/video di WA

Solusi untuk anda yang mempunyai smartphone dengan memri Internal kecil dan khawatir akan kehabisan space ruang data dan ingin tetap terus menggunakan aplikasi WhatsApp untuk chatting dengan Teman seperti biasanya maka langkah paling bijak adalah dengan menonaktifkan Unduhan Image atau video.

Baca:   Tips mengatasi Error fingerprint Xiaomi

Jadi nantinya ketika ada teman yang berkirim video atau foto di Aplikasi WhatsApp maka nantinya file tersebut tidak akan secra otomatis tersimpan tanpa anda melihatnya terlebih dahulu. File Foto atau Video yang masuk akan terlihat buram, setelah anda menyentuhnya maka akan terjadi proses mengunduh dan file gambar atau video siap untuk dilihat serta tersimpan di memori ponsel anda.

Lalu bagaimana cara setting pengaturan Ruang penyimpanan WhatsApp agar image dan video di WA tidak otomatis tersimpan di HP kita ?. simak tipsnya di bawah ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp di HP anda, kemudian masuk ke opsi Menu yang ada di pojok sebelah kanan atas

2. Kemudian masuk ke opsi ‘ Setelan ‘, kemudian masuk lagi ke opsi ‘Penggunaan Data dan Penyimpanan’

pengaturan ruang penyimpanan WA

3. Di halaman yang terbuka akan terlihat beberapa Opsi pengaturan, yang kit aperlukan hanya 2 opsi saja yang akan disetting untuk menghemat ruang penyimpanan

Baca:   Cara memindah WA ke HP lain tanpa kehilangan data inbox

4. Lanjut, Masuk dahulu ke opsi ‘Saat menggunakan data selular‘, silahkan matikan centang untuk Audio, Video dan bisa juga bila anda inginkan hilangkan centangnya untuk ‘foto’

mengatur ruang penyimpanan di WA

5. Kemudian masuk pula ke opsi ‘Saat tersambung ke Wi-Fi‘, hilangkan saja centang Foto, video, audio supaya ruang memori lebih hemat.

Setelah melakukan hal diatas, nantinya ketika ada inbox dari teman atau grup di WA sebelum anda mengetuk image / videonya maka tidak akan tersimpan secara otomatis di ruang memori ponsel. Begitu pula anda akan lebih menghemat pemakaian data internet dengan settingan seperti diatas.

Itulah tips tentang cara menghemat pemakaian ruang memori dan Data ketika menggunakan aplikasi WhatsApp, semoga bermanfaat untuk pembaca KangEducation.com