Tips Format Ulang Kartu MicroSD di HP Samsung dengan Aman

Melakukan formatting kartu SD di smartphone Samsung bisa dilakukan dengan mudah dan aman karena ada menu khusus didalamnya. Sehingga format MicroSD tanpa menggunakan perangkat Laptop atau komputer sudah bisa dilakukan hanya berbekal ponsel android, lebih cepat dan penggunanya tidak disulitkan dengan pilihan format sistem seperti FAT32, FAT, NTFS dan beberapa tipe pemformatan lainnya di PC.

Formatting ulang microSD di HP Samsung

Tujuan format ulang kartu memori untuk ruang penyimpanan di smartphone karena kondisi tertentu, semisal kartu memori sulit untuk dibaca, ada banyak file tidak bisa dihapus secara manual, ada virus yang sulit dihilangkan hanya dengan antivirus yang terpasang di HP Android, baru saja beli kartu memori baru dan beberapa alasan lainnya.

Disaat kartu memori MicroSD masih bisa terdeteksi di HP Samsung atau smartphone tipe lainnya, maka potensi untuk dilakukan pemformatan ulang bisa dijalankan.

Namun bila ada kondisi kartu memori tidak terdeteksi sama sekali saat dipasang di HP Samsung atau tipe lain, maka harus dicari dahulu penyebabnya, apakah sebelumnya sudah diformat dari komputer dengan System NTFS ataukah malah menggunakan format EXT2 yang kedduanya tidak dapat dideteksi oleh sistem android.

Baca:   Cara Membersihkan Memori RAM HP Samsung Anti Lemot

Namun bila sebelumnya Memory Card masih bisa digunakan di ponsel dan tiba-tiba tidak dapat terbaca, maka coba lakukan dulu pengecekan di laptop / PC, apakah di perangkat tersebut bisa dideteksi ataukah tidak. Bila di ponsel maupun PC kondisi kartu MicroSD tidak terbaca sedikitpun, maka dipastikan rusak dan lebih baik ganti dengan yang baru.

Formatting Memory Card di HP Samsung

Pada tutorial kali ini, admin akan membahas bagaimana memformat ulang memori MicroSD dari HP Samsung galaxy, apapun merek kartunya seperti V-GEN, SanDisk, Samsung, Sony, Kingston, transcend dan selainnya, dan syaratnya kartu SD masih dapat terdeteksi di smartphone. Silahkan simak tipsnya berikut ini:

  • Masukkan dengan benar MicroSD di Samsung, pastikan sudah terdeteksi sebagai memori eksternal
menu formatting MicroSD Samsung galaxy
  • Selanjutnya bukalah menu Pengaturan, kemudian pilih menu Pemeliharaan Perangkat
  • Di halaman yang terbuka, pilih menu Penyimpanan, letaknya di deretan bagian bawah halaman
  • Selanjutnya sentuh opsi menu yang ada di pojok kanan atas, ikon berupa titik tiga, Pilih opsi Pengaturan Penyimpanan.
formatting SD CARD samsung
  • Selanjutnya memilih Kartu SD, lalu pilih Format
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan kartu SD bisa digunakan kembali.
Baca:   Cara Nonaktifkan aplikasi di Galaxy J5 dengan cepat

Problem saat memformat Memori di HP Samsung

Adapun mengenai masalah yang umum terjadi saat ingin format ulang microSD di smartphone android, diantaranya saat kita memulai melakukan proses pemformatan, ada notifikasi bahwa proses gagal tidak dapat dilanjutkan.

Bila sudah mencoba beberapa kali namun selalu gagal format ulang memori di Samsung galaxy, Coba restart dulu smartphone dan ulangi prosesnya.

Dan bilamana selalu gagal, cara terakhir adalah melakukan formatting microSD melalui bantuan komputer / Laptop. Namun, saat menggunakan PC juga selalu gagal alias Unable formatting, maka bisa dipastikan chipset di perangkat memori sudah rusak dan waktunya untuk diganti.

Jangan memaksa menggunakan memori Card yang sudah sulit untuk diakses, dimana file penting yang sewaktu-waktu dapat hilang sebelum kita sempat melakukan backup akan menjadi masalah tersendiri. Jadi sebaiknya fikirkan untuk mengganti kartu memori dengan yang baru agar data aman dan bisa diakses dengan mudah.

Baca:   Cara mengaktifkan Aplikasi Instan di HP Samsung