Syarat dan Cara Ambil Uang Western Union di Pegadaian

Syarat dan cara mengambil kiriman Uang Western Union di Kantor Pegadaian – Mungkin ada sebagian pembaca yang bertanya-tanya, apakah bisa mengambil uang kiriman dalam dan luar negeri melalui jasa Western Union selain di Kantor Pos dan juga Indomaret?, jawabnya bisa, dan alternatif lainnya yakni melalui kantor Pegadaian.

Syarat dan Cara Ambil Uang Western Union di Pegadaian

Sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini proses transaksi pengiriman atau pengambilan uang via jasa Western union menjadi alternatif selain proses transaksi melalui Bank. dimana tidak perlu adanya pembukaan rekening khusus langsung bisa memanfaatkan proses transfer dan pengambilan uang dnegan cepat dan instant di seluruh Dunia.

Bagi yang sering melakukan pengambilan uang WU pastinya sudah mengenal 2 Tempat yang umum digunakan yakni Kantor Pos dan juga gerai indomaret. Maklum saja kedua tempat itu sedah sering kita lihat di berbagai tempat dan selalu saja logo Western Union nongol di depannya.

Baca:   Cara Ubah Kalkulator HP Samsung jadi Scientific tanpa aplikasi tambahan

Ternyata, selain di indomaret dan juga kantor Pos, untuk pengambilan uang kiriman WU bisa melalui beberapa alternatif tempat diantaranya Bank Jatim, Bank BRI, bank Mandiri syariah atau bank lainnya yang sudah berafiliasi dengan Western union.

Namun ada juga kantor pegadaian yang jarang sekali dimanfaatkan untuk transaksi Western union, padahal tempat yang mamunyai slogan ‘mengatasi masalah tanpa masalah’ ini ternyata juga bisa melakukan transaksi jasa WU.

Pertanyaannya, lalu apa syarat untuk mengambil kiriman uang Western Union di pegadaian, dan bagaimana pula caranya?

Syarat mengambil uang WU di Kantor pegadaian

Untuk suksesnya melakukan penarikan uang kiriman, entah dari dalam atau luar negeri, siapkan dahulu berkas yang diwajibkan oleh pihsk pegadaian diantaranya:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP – Foto copy-nya saja)

2. Kartu Keluarga (KK – Foto copy)

Untuk lebih amannya, dan nantinya bila diperlukan anda tidak balik ke rumah, silahkan bawa juga KTP asli, KK asli, dan juga kartu pengenal lain seperti SIM atau passport kalau punya. Bila tidak membawapun juga tidak mengapa karena sudah ada 2 syarat minimal identitas yakni KTP dan KK.

Baca:   Cara Reset factory HP iPhone tanpa Komputer

Cara mengambil kiriman uang WU di Pegadaian

Agar lancar mengambil uang kiriman Western Union di Unit Pegadaian, silahkan simak tipsnya di bawah ini:

1. Persiapkan dahulu dari rumah berkas yang diperlukan seperti KK, KTP dan identitas lain

2. Setelah itu datangi kantor Pegadaian dan ambil form atau blangko isian pengambilan uang WU, kalaupun tidak tahu form-nya silahkan tanya pada satpam atau petugasnya

3. Selanjutnya isi semua data yang diperlukan seperti Nama pengirim, estimasi jumlah kiriman, alamat pengirim, depan dan belakang penerima, empat tanggal lahir, alamat lengkap dan jangan lupa tulis juga MTCN atau nomor protokol pengambilan uang WU

Cara mengambil kiriman uang WU di Pegadaian

4. Kemudian serahkan ke petugas form yang sudah anda isi, dan tunggu sampai validasi berhasil dan kita dipanggil ke tellernya

5. Setelah berhasil, nantinya kita akan disuruh menandatangani form yang tadinya kita isi diatas sebuah materai yang tertempel, dan juga tanda tangan di form bukti transaksi.

Baca:   Bagaimana Prosedur Menolong Korban Gigitan Ular Berbisa?

6. Setelah semua dilakukan, maka uang akan diserahkan oleh petugas pegadaian, silahkan dihitung ditempat dan nantinya uang kiriman akan dipotong jasa materai sekitar 6 Ribu Rupiah saja.

Ternyata mudah sekali mengambil kiriman uang dari Wetern Union di kantor Pegadaian, jadi yang enggan untuk ke kantor Pos atau ke Indomaret silahkan coba bertransaksi di Pegadaian. Semoga tips singkat admin diatas bermanfaat, terima kasih.