Solusi Xiaomi Redmi Note 7 Mati Sendiri mekipun Baterai Penuh

Banyak pemilik smartphone Xiaomi Redmi Note 7 dan Note 8 yang mengeluhkan problem tiba-tiba HP mati sendiri meskipun baterai masih penuh atau bahkan full 100 persen. Sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana pula cara mengatasinya ?, Simak tutorial lengkapnya dibawah ini.

baterai full redmi mati sendiri

Salah satu penyakit yang umum terjadi pada ponsel Redmi Note 7 / 8 salah satunya Ponsel tiba-tiba mati saat menjalankan aplikasi youtube, membuka kamera, main game, melakukan panggilan atau aplikasi berat lainnya.

Meskipun indikator baterai masih menunjukkan 50 persen keatas, Redmi Note 7 sering mati sendiri tanpa menekan tombol power. Namun saat ponsel dipakai sambil dicolokkan ke adaptor pengisian daya (Charger), HP tidak mati lagi dan bisa digunakan dengan normal.

Bila demikian masalahnya, untuk mengatasi masalah HP Xiaomi Redmi Note 7 dan 8 yang suka mati sendiri dan bisa hidup bila dicolokkan ke adaptor maka problem ada pada baerai itu sendiri.

Jangan ganti dulu baterai Redmi Note 7 / 8 dengan yang baru karena ada trik khusus agar masalah HP tiba-tiba mati bisa teratasi. Dan tutorial kali ini sudah admin coba sendiri dan berhasil.

Penyebab HP Redmi Note 7 dan 8 Mati Sendiri

Sebelum masuk ke fokus permasalahan, lebih baik kita pelajari dulu sedikit apa saja yang menyebabkan ponsel android Redmi Note 7 sering mati sendiri kalau dipakai menjalankan aplikasi kamera, Nonton youtube, melakukan Panggilan atau selainnya.

Baca:   HP Android mulai lemot kinerjanya, Simak tips mengatasinya!

Diantara salah satu penyebabnya yaitu Sering menggunakan alat charger yang bukan bawaan HP, Dayanya terlalu tinggi melebihi kapasitas yang direkomendasikan dari nilai aman spesifikasi baterai.

Baterai Redmi Note 7 dan 8 tipenya adalah BN46 dan termasuk Non Removable alias Baterai tanam. Dimana didalamnya ada komponen sekering (Fuse) yang berfungsi untuk membatasi adanya tegangan tinggi berlebih saat pengisian daya.

Ketika fuse baterai type BN46 milik Redmi Note 7 mengalami masalah, seperti putus atau menurun kinerjanya, maka akan berdampak pada suplai daya menuju ke setiap komponen di smartphone.

Cara Mengatasi Redmi Note 7/8 Tiba-tiba mati sendiri

Jadi saat kita tahu kalau ponsel memorinya masih banyak, tidak panas dan sistem juga tidak ada masalah namun HP Xiaomi mati dengan sendirinya meskipun baterai masih full, Maka bisa mencoba trik yang umum dilakukan oleh para Teknisi ponsel sebagai berikut:

Baca:   Cara Matikan Getar SMS masuk di HP Samsung
  • Matikan HP Xiaomi
  • Buka cassing belakang Redmi Note 7 / 8 dengan terlebih dahulu memberi panas menggunakan hair dryer atau HotGun blower agar mudah melepasnya.
  • Selipkan potongan plastik tipis (bisa dari botol minuman mineral) ke sela-sela cassing untuk melepas Lem yang menempel
  • Geser sedikit demi sedikit potongan plasitk yang sudah terselip sampai semua lem terlepas
  • Buka cassing Redmi Note 7 dengan hati-hati karena ada kabel fleksibel fingerprint
  • Lepas semua baut pengikat konektor baterai dan LCD
  • Lepas baterai dengan hati-hati (karena Baterai direkatkan dengan lem)
  • Setelah baterai terlepas, buka penutup atas baterai Redmi Note 7/8 sampai terlihat komponen fuse / sekering didalamnya
  • Lakukan Jumper (short) pada sekering menggunakan kawat dan disolder)
  • Tutup kembali penutup baterai dan kembalikan semua pada posisinya.
  • Sebelum menutup rapat cassing Xiaomi, coba dulu menyalakan ponsel
  • Bila HP tidak mati lagi silahkan rekatkan kembali cassing Xiaomi dengan Lem Castol atau lem perekat lainnya.
jumper fuse baterai redmi note 7 dan 8

Cara melakukan jumper fuse di baterai BN46 milik Redmi Note 7 yang suka mati sendiri sebenarnya adalah jalan keluar darurat. Sebaiknya apabila ada komponen sekering dari baterai yang sudah rusak buisa digunakan untuk menggantinya.

Baca:   Penyebab Baterai melembung di HP Android

Jadi ketika melihat kondisi baterai Redmi Note 7 tidak melembung dan tampak normal, namun HP suka mati tiba-tiba dan bisa menyala terus ketika sambil di-cas, maka tidak perlu ganti baterai, coba saja jumper di bagian fuse-nya.

Namun bila tidak ada keberanian dan takut salah dalam memodifikasi baterai Xiaomi, lebih aman memang menggantinya dengan baterai Non removable yang baru dengan tipe yang sama.

Adapun harga baterai Non-removable tipe BN46 Redmi Note 7 dan 8 di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan marketplace lainnya dikisaran 40rb – 150 ribu, tergantung merek dan daya yang ditawarkan.

Disclaimer : Membuka dan memodifikasi komponen dalam ponsel seperti tutorial diatas bisa menyebabkan garansi resmi hangus maupun kerusakan pada komponen lain bila salah dalam prakteknya.

Apabila tidak ada  pengetahuan untuk memodifikasi atau membongkar ponsel, lebih disarankan untuk membawanya langsung ke teknisi yang lebih berpengalaman atau datang langsung ke Service center Xiaomi terdekat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi HP Redmi Note 7 dan 8 yang sering mati tiba-tiba saat menjalankan aplikasi meskipun baterai masih penuh, Semoga bermanfaat.

baterai full redmi mati sendiri
Next Post

No more post

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.