Penyebab Baterai melembung di HP Android

Beberapa penyebab Baterai HP Melembung – Sebuah perangkat elektronik seperti HP memerlukan sumber daya dari sebuah baterai, dimana kualitas serta besarnya daya akan mempengaruhi kinerja secara keseluruhan komponen yang ada di dalam smartphone. Banyak diantara pemilik HP android yang mengeluhkan baterainya melambung dengan ditandai bentuk bodinya yang tidak datar lagi sehingga menjadi kendala tersendiri terkait kinerja sistem.

Beberapa penyebab Baterai HP Melembun

Bentuk baterai yang sudah melembung bisa menyebabkan si pengguna ponsel kesal, bahkan hal sepele seperti menutup cassing belakang ponsel menjadi kesulitan bila Baterai terlalu besar melembungnya, bahkan yang lebih berbahaya lagi bila dipaksakan untuk menutup cassing belakang maka sisi layar depan akan ikut terkena dampaknya karena harus terdesak sisi lain bagian baterai yang menggelembung tersebut.

Baterai Ponsel yang melembung bisa berdampak serius bagi kinerja sistem dan juga hardware, selain dari sisi ukuran ketika ditanpapkan sudah tidak simetris lagi juga akan membuat komponen lainnya terdesak sehingga berakibat kerusakan.

Baca:   Cara mengatasi BBM tidak terhubung padahal sinyal bagus

Penyebab Baterai HP Melembung

Berikut ini admin jabarkan secara singkat apa saja penyebab baterai HP android atau tipe sistem Operasi lain seperti smartphone milik Apple (iPhone) ataupun sistem Windows Mobile. Jadi bukan semata-mata punya android saja yang bisa melembung bodi baterainya namun semua perangkat Ponsel yang memakai arus daya dari baterai juga bisa mengalami hal serupa.

1. Kesalahan Charging

Banyak pemilik smartphone yang selalu gonta-ganti alat charge, tidak ada salahnya meminjam atau menggunakan alat charging yang bukan bawaan HP. Namun demikian, tanpa sedikit meluangkan waktu mengecek kualitas alat charge yang bukan original bawaan smartphone tentun sangat riskan akan bahaya kelebihan beban atau ebocoran tegangan yang melebihi kapasitas yang distandarkan.

Terkadang pula kita inginnya cepat dalam mengisi daya baterai dengan menggunakan alat charge (ces HP) dengan Ampere terlalu tinggi yang banya ditemui di gerai asesories HP, namun banyak tipe smartphone yang mempunyai batasan daya ketika melakukan pengisian baterai.

Baca:   Cara Hard Reset Android VIVO semua tipe

Melakukan pengisian daya dengan ampere sampai nilainya berkali lipat dari yang disarankan bisa menyebabkan cell baterai melengkung dan mengakibatkan bodi baterai melembung keluar.

2. Main game sambil charging baterai

Banyak penggemar aplikasi game di android yang tidak kenal waktu saking asiknya, bahkan tidak ada kesempatan HP untuk istirahat. Perlu diketahui bahwasanya melakukan aktifitas game, menonton video atau menjalankan aplikasi Online bisa berakibat fatal bagi baterai yang akibatnya alat penyimpan daya tersebut bisa melembung.

Tidak hanya saat bermain game dengan melakukan ces (pengisian daya), melakukan panggilan telepon, entah itu telepon dari kartu selular ataupun telepon Online via whatsApp, BBM, Facebook, Line atau selainnya juga bisa berakibat baterai HP melembung.

Mengapa baterai bisa melembung ketika melakukan charging dibarengi melakukan aktifitas di aplikasi?, hal tersebut dikarenakan arus yang masuk sewaktu pengecasan (pengisian daya) tidak akan sebanding dengan daya yang dikeluarkan ketika permainan berlangsung.

Baca:   Solusi Bila HP Android Baterai Tanam tercebur Air

Jadi bila ingin baterai anda tidak lekas menggelembung, silahkan istirahatkan ponsel ketika melakukan pengisian daya.

3. Melakukan panggilan telepon sambil charging

Seperti halnya nomor dua diatas, seringnya melakuan aktifitas telepon sambil melakukan pengisian daya baterai karena khawatir baterai drop tentu suatu kesalahan yang berakibat cell baterai akan tertekuk (rusak) dan membuat kontur bodi baterai melembung.

Usahakan melakukan pengisian secarra optimal sebelum melakukan penggilan telepon agar baterai ponsel anda tidak lekas rusak dan melembung.

Itulah beberapa penyebab mengapa baterai ponsel bisa melembung dan bilamana alat penyimpan daya tersebut sudah berubah bentuk berarti sudah saatnya diganti. Jangan menusuk bodi baterai atau memaksa mengempiskannya karena cell yang ada di dalam baterai memang sudah tidak optimal lagi menyimpan daya dan justru akan rawan meledak ketika dilakukan pengecasan. Semoga ulasan diatas bermanfaat, terima kasih.

Tags: