Penyebab Baterai HP lama Full ketika diisi ulang

Penyebab Baterai HP lama terisi full saat dicas – Paling menyebalkan memang kalau kita mencoba melakukan charging atau isi daya baterai sudah berjam-jam namun tidak kunjung terisi penuh. Untuk mengetahui apa permasalah apa yang menyebabkan charging baterai HP terlalu lama maka perlu diselidiki apa penyebabnya sehingga kita tahu langkah penyelesaiannya.

Penyebab Baterai HP lama Full ketika diisi ulang

Pada kenyataannya, banyak diantara pengguna HP Android maupun tipe smartphone lainnya yang mengira penyebab lamanya pengisian daya baterai disebabkan alat charging yang kurang daya maupun baterainya yang sudah mulai melemah performanya.

Tidak salah memang, dan kenyataannya banyak yang mengganti alat cas lama dengan yang baru serta ampere lebih tinggi untuk menyelesaikan masalah lamanya proses pengisian daya.

Baca juga:

Namun perlu diingat juga, bahwasanya ketika kita memutuskan menggunakan charger HP yang memiliki nilai ampere lebih tinggi dari yang direkomendasikan, lama kelamaan hardware yang berhubungan dengan pengisian daya juga bisa rusak karena menerima beban daya yang melebihi kapasitasnya meskipun pengisian bisa lebih dipercepat.

Begitu pula dnegan mengganti baterai dengan yang baru bisa menyelesaikan masalah, namun adakalanya kita kehilangan uang terlanjur beli baterai dan ternyata ketika dilakukan pengecasan juga tidak terlalu selisih waktunya, Jadi boros uang bukan?

Baca:   Kelebihan Browser Chrome dibanding peramban lain

Penyebab baterai HP lama terisi saat dicas

Daripada merab-raba dan hanya mengira-ngira saja apa yang menyebabkan proses charging baterai terlalu lama dari waktu normalnya, maka kita haurs urut dahulu apa saja yang bisa memicu penyebab pengisian daya yang lambat sebagai berikut:

Koneksi Internet dan Aplikasi

Apa hubungan aplikasi dan koneksi internet dengan isi daya baterai yang terlampau lama?

Ketika kita menghubungkan ponsel ke sambungan internet dan banyak aplikasi yang memerlukan sinkron data secra realtime maka hardware dan sistem akan selalu bekerja agar fungsi aplikasi normal.

Suatu contoh di ponsel terinstall aplikasi aktif sosial media semisal facebook, whatsApp, instagram, line, twitter dan lain sebagainya, lalu koneksi data internet terhubung, maka daya baterai akan digunakan secara terus menerus meskipun kita tidak sedang membuka aplikasi tersebut.

Perlu diketahui, bahwasanya setiap aplikasi sosmed selalu membutuhkan koneksi internet meskipun kita tidak sedang membukanya,. istilahnya proses background.

Jadi untuk memastikan apakah lamanya proses charging baterai disebabkan baterai rusak atau alat cas yang tidak optimal maka coba matkan dahulu koneksi internet dan lakukan pengisian daya.

Baca:   Beberapa Penghalang kekuatan sinyal WIFI

Bilamana ternyata saat koneksi data tidak terhubung dan posisi ponsel tidak dipakai tetap saja pengisian daya terlalu lama seperti biasanya maka lanjut ke penyebab kedua di bawah ini.

Alat charging

Untuk memastikan penyebab lain saat baterai lama sekali full saat diisi ulang, cobalah meminjam dahulu alat cas, tidak usah membeli yang baru.

Bilamana ternyata dnegan alat charging HP yang lain bisa terisi dengan cepat atau waktu normal full maka bisa mengambil keputusan membeli charging yang baru.

Biasa juga kita menggunakan alat isi baterai HP dengan ampere yang lebih tinggi (jangan terlampau tinggi), semisal biasanya kita menggunakan charger 1000 mAh, maka kita bisa menaikkan ampere-nya semisal 1500 sampai 2000 mAh.

Kabel USB charger

Bisa juga penyebab lain dari lamanya pengisian baterai smartphone disebabkan kabel penghubung charger dengan ponsel tidak bagus.

Kualitas kabel USB yang jelek dan biasanya juga dimanfaatkan untuk proses sambungan data maka bisa berimbas pada arus listrik yang tidak maksimal menuju ke ponsel.

Jadi pastikan menggunakan kabel data yang berkualitas bagus agar proses isi baterai berjalan normal dan optimal.

Socket MicroUSB ponsel

Adakalanya kerusakan pada konektor atau socket di bagian ponsel bisa juga menyebabkan proses pengisian daya baterai tidak optimal dan cenderung lama penuh.

Baca:   Notif tanggal salah ketika buka WhatsApp, bagaimana mengatasinya?

Konektor yang kotor atau posisi kaki-kaki yang terpaut dengan timah solder yang hampir terlepas juga bsia menimbulkan hantaran listrik tidak stabil.

Baterai bermasalah

Adapun umur pemakaian ponsel juga berpengaruh pada kondisi cell penyimpanan daya di dalam baterai.

Apalagi setiap satu hari kita berulangkali melakukan charging, tentunya umur pemakaian juga singkat dan performanya semakin hari semakin menurun, baik itu saat dicas maupun saat digunakan.

Hardware bermasalah

Kalau bicara komponen ponsel pastinya yang ahli dalam hal service HP yang dapat memeriksa kesehatan hardware yang menjadi penyebab pengisian daya terhambat dan terlampau lama.

Bisa jadi beberapa komponen yang berkaitan dnegan jalur pengisian daya baterai sudah menurun performanya meskipun masih bisa digunakan untuk proses charging.

Jadi kalau urusan yang satu ini, serahkan pada tukang service yang terpercaya di dekat anda agar penanganan bisa maksimal serta dapat mendeteksi secara pasti penyebab isi baterai kurang maksimal.

Itulah beberapa sebab yang bisa menjadikan proses isi daya baterai terlampau lama yang bisa admin bagikan kali ini, semoga ada manfaatnya buat pembaca semua, terima kasih.

Tags: