Notif tanggal salah ketika buka WhatsApp, bagaimana mengatasinya?

Cara mengatasi gagal buka WhatsApp karena setting tanggal salah – Mungin diantara anda pengguna aplikasi WA sedang mengalami kejadian tidak bisa membuka aplikasi WhatsApp dan justru yang selalu muncul halaman peringatan settingan tanggal salah. Padahal setelah pengaturan jam dan tanggal dibetulkan ternyata WA juga tidak kunjung bisa dibuka secara normal dan selalu keluar halaman serupa. Bagaimana cara memperbaikinya ?, silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara mengatasi gagal buka WhatsApp karena setting tanggal salah

Seperti diketahui kalau saat ini aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi sosial messenger yang terpopuler dan belum tergeserkan posisinya oleh aplikasi messenger manapun. Pengguna aplikasi WhastApp bisa dilihat dari statistik unduhan di google play store saja sudah menunjukkan angka milliar, jadi pantas saja WA masih dinobatkan sebagai aplikasi paling wahid milik google untuk berkirim pesan, panggilan online serta video call.

Admin sendiri masih setia menggunakan aplikasi WA karena menurut saya pribadi WhatsApp sangat ringan, tampilan sederhana dan tentu saja respon server milik google pastinya supercepat dan jarang terjadi troubel.

Baca:   Cara kirim foto di WA dengan ukuran file aslinya

Kembali ke topik utama diatas, yaitu banyak pengguna aplikasi WA yang saat ingin membuka aplikasi tampil halaman peringatan berupa pemberitahuan bahwasanya settingan tanggal dan waktu salah. Ketika si pengguna sudah membetulkan pengaturan tanggal dan waktu dengan benar masih saja WhatsApp gagal untuk dibuka dan tampil halaman notifikasi serupa. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab keluar Notifikasi tanggal salah di WhatsApp

Simak tips berikut ini:

Ada beberapa sebab yang bisa terjadi ketika anda suatu saat membuka aplikasi WA ternyata gagal dan muncul halaman peringatan untuk terlebih dahulu mengatur tanggal dan waktu dengan benar diantaranya sebagai berikut :

1. Versi aplikasi WA

Munculnya peringatan tanggal salah di WhatsApp bisa terjadi karena anda menggunakan versi aplikasi lama.

Namun pada kenyataannya banyak pengguna whatsApp yang sudah melakukan update aplikas ternata masih saja keluar notifikasi tersebut.

Baca:   Cara mengatasi BBM tidak terhubung padahal sinyal bagus

2. Pengaturan tanggal dan waktu

setting tanggal salah di WA

Bilamana memang terjadi kesalahan settingan tanggal memang bisa menjadi pemicu utama aplikasi WA tidak bisa dibuka.

Tapi sekali lagi seperti kasus yang sudah-sudah ketika sudah mengatur tanggal dan waktu secara benarpun masih saja keluar peringatan tersebut.

3. Data Aplikasi rusak

Sebuah aplikasi tentu menyimpan data terkait yang berguna untuk berjalannya aplikasi secara normal. Data yang tersimpan bisa terdiri dari data akun, data versi aplikasi, data settingan dan lain sebagainya.

Nah, bilamana ada data penting dari aplikasi WA yang rusak maka bisa terjadi kegagalan saat memuat aplikasi.

4. Aplikasi rusak

Penyebab yang terakhir yakni aplikasi WhatsApp memang benar-benar telah rusak, bisa error dari sisi filenya yang hilang, corrupt atau sudah terjadi modifikasi seccara manual dari penggunanya.

Cara mengatasi WA keluar notif tanggal salah

Lalu bagaimana cara tepat mengatasi aplikasi WA yang tidak bisa dibuka karena selalu keluar peringatan settingan tanggal salah tersebut ?, simak caranya berikut ini:

  • Untuk langkah pertama pastikan pengaturan waktu dan tanggal di sistem ponsel anda sudah benar.
  • Bilamana settingan memang sudah tepat dan tidak bisa dibuka aplikasi WA-nya, silahkan hapus cache dan Data aplikasi. Caranya masuk ke menu pengaturan di ponsel kemudian masuk ke opsi Aplikasi, selanjutnya masuk ke opsi aplikasi WA dan lakukan penghapusan cache serta Data dari tombol yang sudah disediakan.
  • Bilamana cara diatas juga tidak berhasil maka ccara ampuh terakhir yaitu melakukan uninstall (mencopot) aplikasi kemudian mengunduh serta memasang ulang WhatsApp.
Baca:   Cara Mengeluarkan Pengintip Akun WhatsApp

Cara jitu seperti diatas sudah admin lakukan berulangkali di berbagai tipe ponsel android dan rata-rata semua berhasil dan whatsApp bisa berjalan normal kembali.

Nah, itulah tips tentang cara memperbaiki aplikasi WhatsApp yang selalu keluar tanggal salah yang bisa admin sajikan kali ini semoga bermanfaat, terima kasih.