Mengatasi Layar HP Gerak sendiri dan Beberapa Penyebabnya

Problem layar ponsel bergerak-gerak sendiri bukanlah hal yang aneh. Tidak hanya ponsel android jadul, yang kelas flagship harga jutaan juga bisa kena screen ghost atau menggeser dengan sendirinya meskipun layar tidak disentuh penggunanya.

layar OPPO XIAOMI SAMSUNG GERAK SENDIRI

Layar sentuh yang bergerak sendiri tanpa disentuh tidak hanya dialami perangkat smartphone, Berbagai touch screen alat elektronik lain seperti Laptop atau komputer juga bisa mengalami hal serupa.

Meskipun terlihat lebih ke arah problem teknis, sebenarnya Layar HP yang bergerak sendiri atau menombol tanpa disentuh bisa diatasi dnegan mudah dengan melihat beberapa penyebabnya.

Adapun permasalahan di smartphone bisa terjadi karena hardware yang tidak berfungsi normal, Software yang mengalami Bug atau file corrupt dan yang interaksi manusia sendiri sebagai penggunanya.

Pembahasan kali ini admin akan sharing info beberapa penyebab layar HP bergerak sendiri dan cara mengatasinya, mulai dari kemungkinan umum sampai masalah software, tanpa harus datang ke tukang servis ponsel.

Penyebab dan cara Mengatasi Layar HP gerak sendiri

  • Ponsel Terjatuh / Terbentur

Sebagai akses utama interaksi antara pengguna dan sistem, Screen HP sangat sensitif terhadap benturan. Tidak jarang kabel fleksibel yang menghubungkan layar dan Touchscreen terlepas saat ponsel terjatuh atau terbentur dengan keras.

Coba ingat-ingat apakah kejadian layar tidak berfungsi normal seperti Layar menombol menu atau aplikasi tanpa disentuh, layar bergeser sendiri atau bahkan tidak merespon saat disentuh jari karena baru saja terbentur atau terjatuh ?

Bila benar karena baru ponsel terjatuh, maka cara untuk mengatasi error pada layar HP yaitu dengan memastikan kondisinya, apakah ada retakan atau tidak.

Baca:   Format SMS BNI Banking Beli Token Listrik PLN

Bila tidak ada tanda-tanda retakan, coba cek apakah kabel fleksible terlepas dari motherboardnya dengan terlebih dulu melepas cassing belakang ponsel (Tiap tipe HP berbeda cara membuka cassing).

  • HP Tercebur Air

Penyebab kedua yang sering dialami pengguna smartphone yang layarnya gerak-gerak sendiri karena baru saja terendam atau kecebur ke air.

Air merupakan musuh utama sirkuit dan komponen elektronika yang dialiri arus listrik. Tidak itu saja, Air juga dapat menyebabkan korosi pada kaki-kaki komponen sehingga membuat arus dan tegangan tidak mengalir normal sesuai nilainya.

Air yang masuk ke dalam cassing HP dan mengenai konektor atau komponen didalamnya bisa menyebabkan short atau hubungan pendek listrik. Hal yang lebih parah bisa menyebabkan ponsel mati Total atau bahkan HP meledak karena baterai yang konsleting.

Adapun layar HP yang bergerak dan geser sendiri karena baru saja terendam air, kemungkinan besar ada short di bagian kabel (konekttor) yang terhubung di board utama.

Adapuncara mengatasinya adalah harus membongkar ponsel (tidak harus total), kemudian lepas kabel fleksible layar dan touchscreen, kemudian keringkan bagian komponen menggunakan hair dryer atau bisa dijemur sebentar di bawah sinar matahari sampai air menguap dan kering.

Setelah dirasa yakin komponen HP yang terkena air sudah benar-benar kering, pasang lagi kabel layar dan coba menyalakan ponsel. Bila sudah normal, silahkan memasang cassingnya kembali.

Baca:   Tips Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux
  • Tegangan Charger tidak Sesuai

Ada penyebab lain masalah Screen HP bergerak-gerak tanpa disentuh yang sering diabaikan pengguna, yaitu ketika menggunakan alat cas (charger / pengisi daya) yang tidak sesuai arus atau tegangannya.

Charger HP yang sudah menurun kinerjanya, seperti tegangan tidak stabil (Naik turun) bisa menyebabkan layar tidak merespon saat disentuh, tidak presisi saat ditekan, Layar meloncat-loncat dan tidak sensitif.

Untuk memastikan apakah penyebab layar HP loncat-loncat atau menombol menu sendiri atau gerak-gerak tidak beraturan karena alat cas yang toruble, bisa dengan mencoba adaptor charger lainnya.

Pastikan Ampere dan daya Adaptor charger yang dibutuhkan sesuai dengan pengisi daya yang direkomendasikan atau bawaan pabrikan ponsel supaya komponen dan baterai lebih tahan lama.

  • Touchscreen rusak

Banyak yang beranggapan kalau layar ponsel menjadi satu dengan layar sentuh, itu salah. Touchscreen merupakan lapisan paling luar yang menginterpretasikan sentuhan ke LCD / OLED.

Layar HP yang rusak bisa dilihat secara umum seperti bergaris, ada titik atau layar bernoda hitam, Warna memudar atau mati total meskipun bagian luar (Touchscreen) tampak mulus tidak retak.

Tapi sebaliknya, bila bagian kaca luar (touchscreen) retak, buram, tergores bisa menyebabkan layar tidak responif saat disentuh.

Tidak melulu touchscreen retak, bahkan yang terlihat masih mulus dan kinclong juga bisa menjadi penyebab layar HP bergerak atau menombol sendiri tanpa disentuh pemiliknya.

Bila itu terjadi, cara mengatasinya masih sama dengan tips sebelumnya, yaitu coba cek apakah ada kabel fleksible touchscreen yang pecah, putus atau konektornya bergeser dari dudukannya.

Baca:   Harga dan Cara Beli Paket Obrol iM3 Indosat Terbaru

Coba lepaskan kabe fleksible touchscreen beberapa saat sekaligus baterainya, kemudian tancapkan kembali keduanya. Biasanya dengan melepas sebentar konnektor baterai yang menancap di papan sirkuit bisa mengosongkan arus yang tersisa dan menjadi solusi paling mudah mengatasi permasalahan layar HP.

  • Sistem dan Software HP Error

Bila hardware sudah dicek, baik kondisi layar dan touchscreen yang masih bagus serta tidak pernah terkena air, selanjutnya bisa dicek apakah ada sistem yang bermasalah.

Untuk memastikan, terlebih dulu kita lakukan test layar HP melalui kode. Caranya buka menu telepon, lalu tekan *#800#. Pilih menu Touchscreen dan lakukan test, Bila semua sukses dan tidak ada pernyataan ‘Fail’ berarti layar sentuh aman dan berfungsi.

Namun bila masih terjadi masalah layar tetap error gerak-gerak sendiri, maka bisa mencoba mereset ulang ponsel terlebih dahulu dengan mode recovery.

Bila diperlukan update ROM atau flashing firmware untuk memulihkan semua sistem HP yang bermasalah agar berfungsi normal lagi.

Catatan : Untuk update ROM atau melakukan flash ulang, harap berhati-hati karena kesalahan bisa berakibat ponsel mati total. Bila tidak yakin, bawa ke tempat servis resmi yang lebih berpengalaman.

Kesimpulannya, Semua langkah diatas bisa diterapkan pada hampir semua smartphone android OPPO, Xiaomi, Samsung, Vivo dan sebagainya, yang mengalami permasalahan layar menombol sendiri atau gerak-gerak tanpa disentuh.

layar OPPO XIAOMI SAMSUNG GERAK SENDIRI
Next Post

No more post

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.