Bagaimana Mengatasi Kamera dan layar HP berembun didalamya?

Bagaimana Mengatasi Kamera dan layar HP berembun didalamya? – Saat Ponsel terkena Air menjadi masalah tersendiri, Meskipun adakalanya tidak merusak sistem dan komponen adakalanya air masih ada didalamnya dan menyebabkan layar maupun kamera mengembun.

layar dan kamera HP berembun

Lalu bagaimana cara mengatasi lensa kamera depan ataupun belakang ponsel yang lembab dan ada embunnya?, atau bagaimana mengatasi layar depan HP yang masih ada air menempel didalamnya?

Meskipun pada sebagian besar kasus uap air yang masih menempel di bagian dalam kaca kamera maupun layar tidak menyebabkan kerusakan, dan nantinya akan hilang dengan sendirinya namun hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi pemakainya.

Bahkan saat lagi ingin memotret sesuatu namun di lensa kamera HP ada air yang menempel menjadikan hasil jepretan buram dan tidak maksimal.

Simak tips android berikut:

Begitupun saat layar depan yang menjadi tempat aktifitas utama pengguna smartphone, saat ada uap air yang masih menempel menjadikan tampilan tidak terihat jelas dan sangat menyulitkan membaca teks yang ada di layar.

Baca:   Cara Hard Reset Android VIVO semua tipe

Cara menghilangkan Embun di layar dan kamera HP

Ada cara mudah mengusir kelembaban, air atau embun yang masih menempel di dalam kamera HP maupun layar utama, silahkan simak tips manjur di bawah ini:

1. Butiran Silica Gel

meletakkan silica gel bersama HP

Silica Gel menjadi bahan kimia yang umum dan aman digunakan untuk membuang kelembaban. Dimana sering kita jumpai saat beli sepatu baru ataupun beli obat-obatan didalamnya disertai kemasan silica gel.

Nah, bilamana anda mempunyai bahan ini dirumah dan ponsel kita sedang mengalami masalah kamera berembun atau layar lembab, silahkan gunakan silica gel.

Caranya, taburkan butiran silica gel ke dalam wadah dan letakkan ponsel didalamnya lalu tutup dengan rapat. Biarkan semalaman dan besoknya kita bisa melihat embun di dalam lensa kamera HP sudah lenyap.

2. HP Ditanam dalam beras

memasukkan HP ke beras untuk hilangkan embun

Cara yang satu ini sangat murah karena setiap orang pastinya punya simpanan beras untuk dimasak keesokan hari. Nah, manfaat beras juga bsia mengikat kelembaban agar ponsel menjadi kering saat terkena air.

Baca:   Cara Sharing Internet HP Android ke Laptop dengan kabel data USB

Caranya, masukkan atau tanam ponsel ke dalam beras dan biarkan semalaman, besoknya silahkan ambil dan bersihkan permukaan HP dari kotoran beras, nantinya embun yang ada di dalam ponsel akan lenyap.

3. Sinar matahari

Cara paling murah juga bisa menggunakan paparan terik sinar matahari untuk mengatasi kaca kamera HP yang berembun.

Namun perlu diingat jangan terlalu lama menjemur ponsel karena bisa malah menyebabkan lensa atau layar ponsel buram. Jadi jemur sesaat dan angin-anginkan, ulangi sampai uap air dalam HP hilang.

4. Udara Hair dryer

Nah, bilamana kita ingin cepat-cepat mengeringkan bagian dalam ponsel yang terkena air namun tidak sempat membongkarnya, bisa menggunakan hembusan uap panas dari pengering rambut atau hair dryer.

Namun perlu diingat, jangan menghembuskan udara panas dari moncong hair dryer ke satu permukaan saja, goyang-goyangkan agar lensa atau layar ponsel tidak terlampau terpapar panas berlebihan.

Baca:   Tips Saat Lupa Pola atau Password Kunci layar OPPO A3s

Nah, mudah sekali bukan cara menghilangkan embun di dalam layar atau kamera ponsel diatas?, bilamana air terlampau banyak dan tidka bisa diatasi dengan cara tersebut seyogyanya kita bawa ke tempat servis untuk dilakukan pembongkaran dan pembersihan komponen dalam ponsel.

Tags:

Leave a reply "Bagaimana Mengatasi Kamera dan layar HP berembun didalamya?"