Mengatasi Aplikasi HP android sering menutup sendiri

Mengatasi Aplikasi HP android sering menutup sendiri – Bukan rahasia lagi kalau ribuan aplikasi sudah tersedia dan memikat banyak pengguna Android untuk mencobanya. Tidak jarang pula setelah berbagai aplikasi dicoba namun lambat laun akan terjadi problem terhadap sistem yang salah satunya ketika aplikasi berjalan tiba-tiba menutup dengan sendirinya padahal tidak menyentuh tombol keluar atau sengaja sign-out dari aplikasi.

Mengatasi Aplikasi HP android sering menutup sendiri

Banyak pembaca KangEducation yang bertanya tentang aplikasi yang sering menutup sendiri di HP Android. Nah, untuk itu admin akan membahas serta memberi solusinya.

Sebuah aplikasi yang berjalan di android tidak lepas dari beberapa gabungan kinerja sistem dan juga perangkat keras smartphone seperti Prosesor, RAM, GPU, perangkat Nirkabel dan lain sebagainya.

Begitupun dalam penggunaannya sehari-hari, berbagai aplikasi yang berjalan tentunya bisa saja terjadi kegagalan seperti force close, macet atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Baca:   Cara Cek ROM MIUI Xiaomi ilegal atau resmi

Beberapa sebab yang sering terjadi dan menjadi penyebab seringnya force close alias aplikasi menutup sendiri disebabkan oleh bertumpuknya cache, data aplikasi yang rusak/corrupt, data temporar error, versi aplikasi yang sudah usang atau bahkan tidak support lagi dengan system dan lain sebagainya.

Cara agar aplikasi Normal tidak Force Close

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika mengalami kendala aplikasi force close atau tiba-tiba menutup sendiri agar berjalan normal kembali.

1. Membersihkan cache dan data Aplikasi

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwasanya kebanyakan permasalahan aplikasi tiba-tiba keluar sendiri atau force close banyak disebabkan adanya cache yang bertumpuk.

Banyaknya cache yang memenuhi ruang penyimpanan dan tidak berguna lagi bisa menyebabkan beban RAM dan prosesor yang tinggi sehingga lambat laun aplikasi menjadi melambat dan force close.

Nah bersihkan cache dengan cara masuk ke settingan ponsel lalu pilih opsi Aplikasi. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang sering force close, disana ada tombol clear cache silahkan tekan.

Baca:   Perbedaan Youtube Go dan versi standar Android

Bila dengan membersihkan cache juga terkadang aplikasi masih sering menutup sendiri, silahkan bersihkan data aplikasi dengan menekan tombol clear data.

2. Lakukan Update aplikasi

ada beberapa pengguna android yang tidak pernah melakukan cek pembaruan terhadap aplikasi yang ada di ponselnya sehingga ketinggalan beberapa versi yang telah dikeluarkan oleh developer aplikasi.

Nah, coba update semua aplikasi yang bermasalah tadi dengan versi terbaru agar adanya bug atau kesalahan di script program yang lama bisa ditambal dengan versi yang terbaru.

3. Copot dan pasang aplikasi

Adapun cara lain yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba macet dan keluar sendiri adalah dengan uninstall atau mencopot aplikasi dan mengunduh file instalasi yang baru.

Ada kelebihan install ulang aplikasi daripada hanya melakukan update, dikarenakan melakukan pemasangan ulang akan membuat file instalasi menjadi fresh dan tanpa cacat daripada hanya menambal celah dan versi yang ada dengan hanya melakukan update.

Baca:   Cara melihat dan Scan QR kode WhatsApp

Bilamana semua hal diatas sudah anda lakukan dan merasa seluruh aplikasi yang anda jalanka masih saja suka keluar atau menutup dengan sendirinya maka lakukan reset ke pengaturan awal sistem android.

Itulah tips singkat tentang cara mengatasi force close atau aplikasi keluar sendiri yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tags: