Koneksi Penambatan USB dan Hotspot di HP Samsung Android

Koneksi Penambatan USB dan Hotspot di HP Samsung Android – Melakukan koneksi Internet di Smarphone android sudah umum dilakukan, bisa melalui data selular maupun via sambungan WiFi. Namun adakalanya kita ingin ponsel Samsung berfungsi sebagai Pusat Hotspot agar dapat memberikan tumpangan koneksi Internet kepada teman yan kehabisan kuota data.

Koneksi Penambatan dan Hotspot di HP Samsung Android

Ada 3 jenis sambungan yang ada di smartphone Samsung dan andriod pada umumnya agar bisa berbagi koneksi internet dengan klien lainnya. Intinya ponsel Samsung dijadikan sebagai Router sekaligus pembagi kuota data ke beberapa klien terhubung.

Tidak seperti Perangkat komputer (PC) umumnya yang memerlukan peralatan tambahan untuk terhubung ke jaringan internet dan juga sebagai pusat hotspot, di Android semua fungsi untuk jaringan hotspot dan juga tethering sudah include dalam satu genggaman.

Disini admin akan membahas tentang cara penambatan USB, Tethering Menggunakan Bluetooth dan juga menggunakan hotspot selular di Samsung Android.

Pada perangkat android pada umumnya, apapun typenya ada 3 fungsi jaringan yang bisa digunakan untuk mempermudah aktifitas penggunanya, diantaranya Hotspot selular, Bluetooth tethering dan juga penambatan USB.

Cara Penambatan dan Hotspot Selular HP Samsung

Masing-masing fungsi opsi jaringan di Android samsung diatas mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, serta digunakan sebagai pilihan opsi mana yang paling nyaman untuk digunakan agar terhubung ke perangkat lainnya.

Baca:   Cara Mudah Kembalikan Kontak terhapus Android

1. Hotspot Selular di HP Samsung

Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal apa itu hotspot, dimana suatu perangkat yang menyediakan akses terhadap beberapa klien agar bisa terhubung di dalam satu jaringan Data dan Internet.

Di android Samsung juga mempunyai opsi ini, Fungsi utamanya yakni membuat ponsel sebagai akses poin (Access point) yang melayani perangkat lain agar bisa terhubung dan menumpang koneksi data internet.

Tanpa membeli Router dan juga modem, anda pemilik Android sudah bisa memanfaatkan HP Samsung sebagai Router yang bisa membagi akses internet dan data ke perangkat yang juga mempunyai perangkat wifi seperti Ponsel dan juga PC/Laptop.

Keuntungan menggunakan Hotspot di ponsel android yaitu dapat melayani klien yang terhubung sampai maksimal 10. Jadi bila teman di kantor atau famili ingin numpang koneksi internet karena kehabisan kuota maka anda bisa berbagi data internet dengan mudah via Hotspot dari perangkat anda.

Kekurangan dari Hotspot selular sebenarnya hampir dibilang tidak ada, namun bila jumlah perangkat atau klien yang terhubung terlalu banyak maka bisa berakibat borosnya kuota data internet dan juga daya baterai cepat habis.

Baca:   Cara Ubah koneksi Internet SIM 1 ke SIM 2 di HP Samsung

Cara Penambatan dan Hotspot Selular HP Samsung

Cara mengaktifkan hotspot di HP Samsung yaitu masuk ke menu Pengaturan > Masuk ke ‘Koneksi‘ > Hotspot selular dan penambatan > aktifkan opsi Hotspotnya dengan menggeser slider sampai berwarna hijau atau biru.

Bila ingin mengganti nama Hotspot (SSID) di HP Samsung silahkan tap tulisan Hotspot selular dan silahkan ganti nama SSID dan juga ganti password sesuai keinginan anda.

2. Bluetooth Tethering di Samsung

Fungsi tethering menggunakan perangkat Bluetooth ini biasanya digunakan bila perangkat klien tidak mempunyai sambungan WiFi dan hanya memiliki perangkat Bluetooth untuk terkoneksi ke perangkat lain.

Jadi hanya dengan mengaktifkan Bluetooth tethering maka ponsel atau PC bisa terhubung dan menikmati koneksi internet yang bersumber dari ponsel Samsung anda.

Kekurangan menggunakan Bluetooth tethering yaitu dari sisi kecepatan trnasfer rate-nya yang jauh dibawah kecepatan WiFi. Namun untuk kondisi darurat tentunya opsi ini sangat berguna untuk berbagi koneksi Internet.

Cara mengaktifkan Tethering Bluetooth di samsung urutannya sama dnegan mengaktifkan Hotspot selular dan pilih opsi Bluetooth tethering, kemudian pairing atau hubungkan perangkat lain yang juga sudah aktif bluetoothnya, bila sudah berhasil terhubung maka sudah bisa digunakan untuk berselancar Internet.

3. Penambatan USB HP Samsung

Baca:   Cara mengaktifkan Aplikasi Instan di HP Samsung

Opsi yang satu ini harus menggunakan perangkat Laptop atau komputer sebagai destinationnya, maksudnya anda bisa membagi koneksi internet dari HP Samsung menggunakan kabel data untuk dibagi ke perangkat PC.

Keuntungan menggunakan kabel data untuk Penambatan USB di android yaitu Ponsel tidak akan kehabisan baterai karena selama terhubung dan kabel masih tertancap di PC maka arus pengisian akan terus dilakukan walau koneksi internet sedang berjalan.

Kekurangan Penambatan USB yaitu anda harus selalu menyiapkan kabel data HP Samsung untuk dibawa kemana-mana. Tapi admin sendiri akan lebih suka memilih opsi Penambatan USB karena selain dingin di hardware juga tidak lekas kehabisan daya bateri HP.

Cara penambatan dari HP Samsung ke Laptop/PC yaitu colokkan kabel data di PC dan juga Ponsel Samsung, kemudian tanda opsi di ‘Penambatan USB’ akan tampak dan geser slider (enable / aktif), nantinya secara otomatis PC akan mengenali perangkat selular dan melakukan instal driver secara otomatis. Bila berhasil maka akan ada ikon terhubung dan tanda internet connected di pojok kanan bawah layar PC anda.

Itulah beberapa tips tentang penambatan dan Hotspot selular di HP Samsung android yang bisa admin sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tags: