HP Android mulai lemot kinerjanya, Simak tips mengatasinya!

HP Android mulai lemot tidak responsif kinerjanya – Bagi pemilik smartphone android akan ada saatnya ketika kinerja sistem maupun aplikasi menjadi tidak se-responsif dahulu lagi. Tentunya spesifikasi hardware yang tinggi sekalipun bisa dengan mudah mengalami hal yang sama yaitu sistem android mulai melambat dan tidak secepat waktu sebelumnya. Pertanyaannya, apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi agar ponsel android kembali cepat dan responsif kembali?

cara agar HP Android cepat karena mulai lemot kinerjanya

Harus diakui bahwa setiap perangkat elektronika yang didalamnya terdapat berbagai komponen yang dialiri oleh arus listrik dari sebuah power supply ataupun baterai bisa mengalami penurunan kualitas seiring waktu berjalan.

Begitu juga dengan Android, Selain Komponen yang sudah ‘diajak’ bekerja terus menerus walaupun anda seddang tidur sekalipun, sistem di dalam smartphone akan selalu menjaga jalannya berbagai script dan aplikasi agar tidak terjadi kesalahan sedikitpun pada kinerjanya.

Beberapa Sebab Sistem Android Melambat

Diantara beberapa penyebab Sistem android mulai melemah kinerjanya diantaranya :

  • Jalannya aplikasi terasa lambat dan tidak segera terbuka ketika akan dimulai
  • Ada Lag atau tersendat-sendat ketika membuka satu menu ke menu lain
  • Baterai Lebih cepat Habis dayanya
  • Terkadang Sistem Ponsel macet dengan ditandai tidak meresponnya layar ketika disentuh dan bila dibiarkan beberapa saat akan bisa kembali digunakan
  • Sistem macet Total walau sudah ditunggu beberapa lamanya dan harus dipaksa mencopot baterai untuk mematikan, dan untuk yang berjenis baterai Non-Removable cara mematikan paksa umumnya dengan memenccet tombol power beberapa detik lamanya sampai ponsel mati.
  • Lama booting-nya, maksudnya ketika ponsel dinyalakan mulai dari awal tidak akan cepat masuk ke tampilan Launcher beranda dan cenderung penggunanya harus menunggu lama.
Baca:   Kode Rahasia dibalik HP Samsung Galaxy J7

Cara mengatasi Android yang Lemot

Bila anda mengalami beberapa hal diatas yang menyebabkan kinerja sistem HP android melambat dan tidak lagi secepat dulu meskipun spesifikasi ponsel sudah yang High-end, bisa mengikuti tipsnya di bawah ini.

1. Bersihkan Cache dan File Sampah

Inilah rahasia pertama cara mengatasi melambatnya sistem android, dimana umumnya penggunaan ponsel secara terus menerus dengan berbagai aplikasi didalamnya yang dijalankan akan menghasilkan file sampah dan juga menciptakan cache file yang besar.

File cache sebenarnya diciptakan secara otomatis oleh sistem maupun aplikasi untuk menunjang kinerja dan mempercepat jalannya aplikasi yang seringkali dibuka. Contohnya, anda sering membuka beranda situs tertentu dari sebuah browser di android, maka ketika anda mengunjungi lagi beranda situs yang serupa maka loading halaman akan terasa ebih cepat dari sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan adanya sebuah file cache yang telah mencatat aktifitas anda sebelumnya dan diloading ulang tnapa menggunakan data Internet sehingga terlihat lebih cepat, dan beberapa contoh lainnya.

Baca:   Settingan APN Axis tercepat dan stabil 2018

Namun, ketika file cache sudah menumpuk terlalu banyak, akan menjadi kendala tersendiri menjadi sebuah tumpukan file sampah yang tidak berfungsi lagi. Begitu pula Ukuran cache yang semakin lama semakin membesar akan memenuhi ruang penyimpanan dan akhirnya akan meningkatkan kinerja prosesor dan RAM untuk menjelajahi satu persatu file sampah tersebut.

Jadi, jalan keluar pertama ketika ponsel sudah terasa lambat silahkan bersihkan file cache, aman kok, tidak percaya ?, coba saja.

Cara membersihkan File cache bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner android, MasterCleaner dan lain sebagainya, atau bisa juga bis anada lakukan seccara manual dengan menghapus satu persatu file cache dari masing masing aplikasi. Caranya, masuk ke menu pengaturan > Aplikasi > Pilih salah satu aplikasi dan tekan tombol ‘clear cache’

2. Buang Aplikasi tidak berguna

Banyaknya aplikasi yang memenuhi rung penyimpanan juga berpotensi memperlambat kinerja sistem secara keseluruhan. jadi buang atau uninstall beberapa aplikasi yang tidak atau jarang anda gunakan.

Baca:   Format SMS BNI Banking Beli Token Listrik PLN

3. Selalu tutup aplikasi dengan sempurna

Maksudnya, banyak pengguna android yang sering menutup aplikasi hanya mengandalkan tombol Home. Padahal ketika aplikasi ditutup dengan tombol Home yang terjadi bukannya aplikas tertutup namun sebaliknya, aplikasi masih tetepa berjalan di background walaupun anda tidak melihatnya ketika membuka aplikasi lain.

Beberapa type smartphone android umumnya sudah membekali perangkatnya dengan aplikasi penutup aplikasi, jadi manfaatkan.

4. Factory Reset

Bila anda tidak mau buang-buang waktu dengan bereksperiment melakukan hal-hal diatas, maka opsi mereset sistem ke pengaturan awal bisa menjadi jalan keluarnya.

Mengembalikan settingan android ke pengaturan pabrik akan menjadikan sistem kembali normal karena settingan pengguna dan beberapa settingan aplikasi juga akan terhapus setelah melakukan reset.

Namun sebelum melakukan proses factory reset sebaiknya backup dahulu beberapa file penting dan catat beberapa akun aplikasi yang nantinya bakal anda gunakan kembali.

Itulah beberapa tips mengembalikan fungsi sistem android yang melambat kinerjanya, semoga tips diatas bermanfaat untuk pembaca KangEducation semua.

Tags: