Dari mana Pundi uang Playstore Google berasal ?

google developersDari mana Pundi uang Playstore Google berasal ? – Siapa yang tidak tahu Play store milik google, pastinya semua pengguna Ponsel android sudah paham dan mengenal tempat gudangnya aplikasi milik pencipta Android ini. Google playstore merupakan tempat semua developer terdaftar untuk meletakkan hasil karyanya yaitu sebuah aplikasi untuk diunduh oleh pengguna smartphone android.

Google sendiri sebagai pemilik gudang aplikasi di playstore mengisyaratkna bahwa semua yang diunduh dari play store adalah gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, terlepas dari pihak pembuat aplikasinya berbayar maupun gratisan.

Lalu muncul sebuah pertanyaan, darimanakah google mendapat uang dari gudang aplikasinya tersebut ?, bukankah google juga harus menyiapkan hosting atau space khusus yang besar untuk menampung hasil karya para developer aplikasi agar pengguna android di seluruh dunia bisa mengunduhnya dengan aman ?. Bukankah google juga butuh untuk biaya perawatan server dan gaji karyawan yang bisa dibilang besar ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas tentu saya bukanlah pakarnya ekonomi. Namun saya mempunyai beberapa pendapat pribadi dan juga dari beberapa yang saya baca di forum-forum bahwa ada pundi-pundi uang yang diperoleh oleh google tanpa disadari oleh pengguna perangkat elektronik kebanyakan di dunia ini. Dari manakah pundi-pundi uang yang mengalir ke kantong google tersebut ?, mari simak sedikit ulasannya di bawah ini.

Baca:   Cara aktifkan Task manager browser Chrome

Sebelum menginjak ke topik semula yaitu play store, maka saya akan membahas dahulu tentang pertanyaan yang sering saya dengar dari teman yaitu ‘ darimanakah google dapat uang kok mesin telusur-nya gratis alias tidak bayar sepeserpun ?’. Ingat, google dari dahulu sampai saat ini tidak pernah menarik sejumlah uang untuk akses ke mesin pencari terbesar didunia tersebut. Orang dengan leluasa mencari apapun melalui google disamping mesin telusur yang lainnya.

Lalu dari mana google dapat terus ‘hidup’ dengan aplikasi yang ‘terlihat’ gratis tersebut ?, Sekarang anda bisa lihat ketika berkunjung ke situs-situs yang anda kunjungi dari hasil pencarian di google rata-rata banyak di situs tersebut menampilkan iklan bukan ?, kalau anda sorot di pojok iklan tersebut ada tulisan ‘iklan oleh google’, Nah disitulah google memanfaatkan celah untuk meraih keuntungan dari berjualan iklan dari pihak advertiser atau pengiklan.

Baca:   Kelebihan Browser Chrome dibanding peramban lain

Di dunia maya, google adalah penyedia iklan terbesar saat ini. Dengan harga patokan iklan yang tinggi dibanding penyedia iklan lainnya, google meyakinkan bahwa produk yang mereka iklankan akan lebih banyak mencapai target dengan bantuan sumberdaya canggih dari mesin google. maka dari itulah mengapa banyak pemilik situs berlomba-lomba ingin mendapatkan kesempatan sebagai publihser iklan milik google yang dikenal sebagai Google adsense.

Kembali ke topik playstore diatas, Lalu bagaimana google mendapatkan uang dari space server yang dimilikinya di playstore ?, jawabannya adalah, bahwa setiap developer aplikasi yang ingin mengunggah aplikasinya di playstore haruslah membayar uang untuk pertama kalinya yang saat ini sebesar 25 dollar US. Dimana para developer hanya diminta satu kali membayar untuk lisensi seumur hidup mengunggah setiap aplikasinya di server playstore.

Dari sekian ratus ribu bahkan jutaan aplikasi yang beredar di playstore google, bisa anda hitung sendiri berapa dollar yang didapat oleh pihak google dari para developer atau pengembang aplikasi. Semakin hari tidak semakin berkurang, malah semakin bertambah aplikasi yang bisa dinikmati oleh pengguna android di seluruh dunia.

Baca:   Bahaya atau Normalkah Android Panas

Dari sedikit pemaparan diatas mungkin anda sudah bisa memahami bagaimana alur perusahaan besar sekelas google mendapatkan uang untuk perusahaannya. Apakah hanya dari itu google mendapat pundi-pundi uang ? apakah hanya berjualan iklan dan memperoleh fee dari developer aplikasi ?, Saya sendiri tidak tahu, namun perusahaan sekelas google menjalankan bisnisnya dengan bermain di berbagai sektor, baik itu software, sistem operasi, Hosting, Hardware sampai pemilik beberapa lisensi google kantongi.

Semoga ulasan diatas bermanfaat, jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di blog sederhana ini. Terimakasih

Tags: