Cara Ubah koneksi Internet SIM 1 ke SIM 2 di HP Samsung

Cara mengubah Koneksi data Internet Simcard 1 ke SimCard 2 atau sebaliknya. Pada setelan bawaan Ponsel android yang mempunyai 2 slot kartu selular umumnya koneksi data Internet yang digunakan ada pada posisi SIM 1. Namun yang menjadi masalah bila ada pemilik Android yang belum tahu cara mengganti jalur internet yang digunakan semisal ingin mengubahnya ke SIM 2 agar kualitas jaringan juga ikut berubah menjadi 3G/4G sesuai dengan yang digunakan di SIM 1 tentu akan menjadi kendala tersendiri.

Bila ada 2 kartu selular di salam satu smartphone android dan ternyata paketan data yang ada berada padda posisi kartu kedua yang sebelumnya setiap kali selalu kartu atau SIM 1 yang dipakai untuk data internet maka mau-tidak mau harus mengubahnya ke jalur SIM 2 supaya nantinya bisa digunakan untuk koneksi internet.

Ada beberapa kasus yang sudah biasa terjadi, bilamana sebelumnya memang Sim card pertama yang selalu dibelikan paket data, namun dalam keadaan tertentu ada Promo dari provider yang ada di SIM 2 tentunya membeli paketan data termurah adalah solusi berhemat, mumpung ada promo data internet dengan harga yang murah.

Baca:   Bagaimana Mengatasi Kamera dan layar HP berembun didalamya?

Nah, ketika kita ingin memanfaatkan SIM Card 2 untuk koneksi data karena sudah terlanjur beli paketan Internet dan juga tidak mau susah payah mengubah atau mencopot Sim 2 di letakkan di SIM 1 dan sebaliknya maka bisa menggunakan pengaturan jalur data yang sudah disediakan oleh Sistem android itu sendiri. Pastinya di semua tipe smartphone android pasti ada yang namanya pengaturan jaringan Selular maupun manajemen SIM untuk mengubah jalur Dta internet yang ingin digunakan.

Begitu juga ketika langsung beralih ke posisi SIM Default (SIM 1) yang sudah menggunakan kualitas jaringan 3G/4G ke SIM 2 tentunya hanya jaringan 2G saja yang didapat karena belum melakukan setting jaringan default untuk koneksi 3G/4G -nya.

Cara Ubah jalur Koneksi Internet di Samsung Android

Di bawah ini akan admin jelaskan bagaimana cara mengubah jalur internet dari SIM 1 ke SIM 2 atau sebaliknya di HP Samsung android. Untuk tipe smartphone android lain sebenarnya caranya sama saja hanya kemungkinan ada tata letak pengaturan saja yang tidak sama. Dan untuk tips kali ini admin menggunakan contoh Samsung Android dengan versi Marshmallow, silahkan disimak tipsnya.

Baca:   Paket iM3 Yellow Kuota 1 GB hanya 1000 Rupiah

1. Buka menu pengaturan di ponsel anda, kemudian masuk ke opsi ‘Koneksi’

mengatur koneksi internet hp samsung

2. Di dalam opsi koneksi tersebut ada beberapa pilihan, silahkan masuk ke opsi ‘Jaringan Selular’

3. Kemudian pada halaman yang terbuka kita memilih dahulu Mode jaringan yang akan kita gunakan di SIM 2 agar kualitas jaringan tetap 3G maupun 4G. masuk ke opsi ‘mode jaringann SIM 2’

setting mode jaringan internet samsung

4. Di tampilan pop-up silahkann pilih jaringan mode paling tinggi yaitu LTE/3G/2G (bila support hanya 3G maka opsi LTE tentu tidak ada)

Cara diatas adalah untuk mengubah Mode jaringan untuk pilihan SIM 1 atau 2. Namun bila mode jaringan sudah diubah dan hanya ingin memilih Sim Card mana yang ingin digunakan kala itu sebagai sambungan ke internet maka caranya sebagai berikut :

1. Masuk ke menu setelan >> koneksi >> Pengelola kartu SIM

setting pilihan sim card 1 dan 2 koneksi internet samsung

2. Di halaman pengelola SIM tersebut Pilih opsi ‘Data Selular’

Baca:   Cara Cek Versi Android Samsung J2 Prime

cara setting manajemen SIM hp samsung

3. Di tampilan popup yang ada pilih Kartu SIM mana yang ingin digunakan untuk sambungan data Internet.

Itulah tips Mudah tentang mengubah mode jaringan smartphone Android Samsung khususnya dan untuk HP android tipe lain pada Kartu SIM 1 dan 2 maupun mengubah jalur koneksi internet di setiap kartu yang ingin dipilih, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.