Cara Sharing Internet HP Android ke Laptop dengan kabel data USB

Cara Sharing Internet HP Android ke Laptop dengan kabel data USB. Bisakah koneksi internet yang ada di HP android dibagi ke Komputer atau laptop melalui kabel data USB?, jawabannya dapat dan mudah sekali dilakukan.

Nantinya smartphone android akan bekerja layaknya Modem yang sudah umum ada di perangkat PC namun lebih simple dan tanpa proses intall driver sana-sini, Itulah kelebihan android daripada perangkat komputer yang harus mempunyai beberapa peralatan tambahan untuk sekedar terkoneksi ke jaringan internet.

Kali ini admin Kang Education akan membahas trik menghubungkan HP android dengan sistem penambatan USB, dimana nantinya Laptop yang terhubung akan bisa mendapat jaringan internet yag berasal dari HP android. Jadi cuma berbekal kabel data milik android nantinya laptop bisa berseancar internet tanpa butuh modem.

Apa itu penambatan USB?

Mungkin ada yang bertanya-tanya istilah penambatan USB itu apa dan untuk apa. Iatilah penambatan sendiri sebenarnya bahasa sistem default android untuk istilah menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat yang lain.

Baca:   Cara Mengecilkan dan perbesar Resolusi Foto Android

Melakukan penambatan USB Android berarti mengkoneksikan HP android untuk dapat terhubung ke Laptop supaya mendapat koneksi jaringan internet dengan cara mudah dan cepat tanpa dibutuhkan driver atau software tambahan karena saat ini rata-rata sistem Windows sudah mensupport tethering/penambatan USB Android.

Cara menambatkan USB android ke Laptop

Nah, masuk ke sesi inti, di bawah ini adalah tips tetang cara melakukan penambatan USB yang tujuan utamanya untuk membagi koneksi jaringan internet dari HP android ke Komputer atau Laptop melalui kabel data.

Nantinya dalam prakteknya setiap versi sistem android akan berbeda sedikit tata letak menunya, tapi intinya sama. Untuk tips kali ini admin menggunkan contoh dari versi android marshmallow.

1. Siapkan kabel data milik android, Laptop/PC dan juga ponesel android anda yang sudah ada Kuota data internetnya

Cara Sharing Internet HP Android ke Laptop

2. Langkah pertama hubungkan kabel data USB antara HP android dengan Laptop

Baca:   Cara mengetahui Resolusi dan ukuran Foto di HP Android

3. Kemudian masuk ke menu pengaturan > Koneksi > Hotspot Selular dan penambatan

4. Di dalam menu tersebut akan ada 3 pilihan koneksi yaitu Hotspot selular, Bluetooth tethering dan juga Penambatan USB. Nah pilih dan aktifkan opsi Penambatan USB tersebut

tanda internet terhubung di laptop

5. Nantinya akan terjadi Pairing atau proses mendapatkan IP address di Laptop dan bila sudah terkoneksi akan terlihat ikon tanda monitor di pojok kanan bawah Laptop dan bertuliskan Internet Access

Dengan tips diatas maka anda sudah dapat melakukan browsing di Laptop tanpa menggunakan modem khusus. Semoga tips admin kali ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Tags:

Leave a reply "Cara Sharing Internet HP Android ke Laptop dengan kabel data USB"