Cara perbaikan Speaker XIAOMI error tidak Bunyi

Cara perbaikan Speaker XIAOMI error tidak Bunyi. Tentunya pengguna smartphone akan merasa jengkel bila tidak ada suara yang keluar dari ponselnya. Begitu juga dalam kasus kali ini, HP Xiaomi yang tiba-tiba tidak berbunyi, keluar suara sedikitpun tidak padahal sudah mengatur semaksimal mungkin tombol volumenya, nah apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi speaker Xiaomi yang error tersebut?

Cara perbaikan Speaker XIAOMI error tidak Bunyi

Umumnya speaker di smartphone yang mengeluarkan bunyi keras biasa disebut sebagai Buzzer yang mana fungsi utamanya sebagai pelantang suara. Di setiap tipe ponsel letak Buzzer bisa berbeda posisi, ada yang diatas disamping kamera dan ada juga yang di bagian bawah.

Beberapa penyebab speaker HP Xiaomi tidak bersuara atau error ada berbagai sebab diantaranya Sistem operasi yang bermasalah, Kesalahan pengaturan ponsel, Komponen speaker yang rusak atau juga bisa disebabkan jalur speaker Putus serta beberapa penyebab lainnya yang harus dilakukan cek satu persatu.

Baca:   Cara Hapus Riwayat Tontonan Youtube di HP Android

Cara Cek speaker Xiaomi error / tidak bersuara

Sebelum memvonis bagian speaker xiaomi-nya yang rusak tentu kita harus teliti dahulu penyebab lain yang mudah untuk dideteksi, diantaranya sebagai berikut:

1. Silahkan lihat dan cek setelan suara Xiaomi, apakah tingkat kelantangan suara sudah diset tinggi atau memang masih dalam kondisi silent alias diam.

2. Bila kondisi pengaturan suara sudah disetel paling keras namun tidak juga bersuara, silahkan coba lakukan reset pengaturan ulang HP xiaomi supaya bila ada sistem yang bermasalah bisa pulih kembali.

3. Namun, bilamana setelah reset factory maupun sudah melakukan recovery reset juga tidak bisa mengatasi suara HP xiaomi yang tidak keluar maka perlu dicek langsung bagian hardware yang bersangkutan yaitu Buzzer atau speakernya.

Cara Mengganti Speaker HP Xiaomi

Nah, bagi anda pengguna smartphone Xiaomi yang mengalami masalah pada speaker/buzzer dan ingin mengganti perangkat pelantang tersebut dengan yang baru atau masih normal silahkan simak tipsnya di bawah ini.

Baca:   Paket iM3 Yellow Kuota 1 GB hanya 1000 Rupiah

1. Disini admin menggunakan contoh perbaikan atau penggantian speaker HP Xiaomi Note 3 Pro yang letak speakernya ada di bagian bawah dudukan baterai.

speaker xiaomi error

2. Buka cassing belakang Xiaomi, gunakan bahan yang bukan dari logam agar tidak membuat lecet bodi ponsel

3. Setelah cassing belakang terbuka, silahkan lepaskan baut pengikat speaker

4. Kemudian, bila baut sudah terlepas semua, cungkil penutup speaker dan lepas modul speaker dengan cara mencungkilnya

5. Silahkan ganti dengan speaker yang baru, belinya di toko sparepart ponsel terdekat di sekitar anda.

Catatan, bagi anda pemilik ponsel xiaomi yang belum pernah sama sekali melakukan bongkar pasang ponsel lebih baik membawanya ke tempat service terpercaya, jangan memaksa membongkar sendiri daripada nanti bingung dan akhirnya malah merusak bagian komponen yang lain.

Itulah tips singkat tentang cara mengatasi Speaker HP Xiaomi yang error atau tidak bersuara, semoga bermanfaat.

Baca:   Notif tanggal salah ketika buka WhatsApp, bagaimana mengatasinya?
Tags: