Cara Mengecilkan dan perbesar Resolusi Foto Android

Cara Mengecilkan dan perbesar Resolusi Foto Android. Anda sebagai pengguna android yang mempunyai koleksi foto di galeri mungkin saja ingin mememperbesar Resolusi atau sebaliknya malahh ingin memperkecil dimensi foto. Dengan tujuan tertentu misalnya ukuran foto terlalu besar resolusinya dengan file yang cukup besar pula ingin sekali diperkecil untuk keperluan mengunggah di media social biar hemat data dan selainnya. Caranya cukup mudah kok, simak terus tips yang akan admin bagikan kali ini.

Cara Mengecilkan dan perbesar Resolusi Foto Android

Bicara Mengenai Resolusi Image/foto tentu tidak terlepas dari yang namanya Pixel sebagai satuan ukurannya. Semakin tinggi Resolusi foto maka semakin jelas serta tajam pula image yang tampak, namun berbanding lurus juga dengan ukuran file yang tentu saja semakin besar.

Sebaliknya, Misalnya resolusi dari hasil kamera ponsel berukuran kecil tentunya hasil jepretan akan terlihat tidak jelas, cenderung pecah-pecah ketika dilakukan perbesaran (Zoom) dan tentu kelebihannya lebih irit ruang penyimpanan karena ukuran file foto dengan resolusi kecil bisa sepersekian dari file foto beresolusi tinggi.

Pixel dalam artian sederhana bisa diartikan struktur yang membentuk sebuah image yang tertata sedemikian rupa dan membentuk suatu bentuk object/gambar. Contoh sederhana saja bila anda melakukan perbesaran (zoom) pada area wajah misalnya pada kelopak mata, bila anda perbesar sampai maksimal maka akan terlihat gambar pecah-pecah dan ada bentuk warna kotak-kotak, itulah Pixel.

Baca:   Mengatasi Ponsel Baterai Non Removable sulit di-Charge

Di dalam pixel yang terkumpul sedemkian rupa itulah nantinya tercipta warna yang bisa anda lihat. Semakin padat dan banyak Pixel-nya semakin bagus kualitas gambar dan warnanya, serta untuk proses cetak digital juga semakin optimal hasilnya.

Begitu juga bila kita menggunakan aplikasi compress image, Sistem kompresi foto cara kerjanya selain memperkecil ukuran file image juga menghilangkan beberapa pixel warna yang ada pada image tersebut. Jadi jangan heran kalau sesudah dikompres sampai ukuran kompresi maksimal gambar foto akan terlihat buram bahkan bila di-zoom akan terlihat kotak-kotak (pecah).

Cara Kompresi Ukuran Foto di HP Android

Bila anda ingin sekali melakukan kompresi foto atau sebaliknya yaitu memperbesar ukurannya bisa anda simak tipsnya di bawah ini.

1. Resize Foto dengan Aplikasi ResizeMyPix

Rezise Foto dengan Aplikasi ResizeMyPix

Aplikasi ini dibuat khusus untuk ponsel android dengan tujuan utama mempermudah penggunanya untuk memperkecill ukuran image atau foto. Cara kerja aplikasi ini juga sangat simple serta sederhana dari sisi User Interface-nya, jadi yang masih awampun juga akan mudah menggunakan aplikasi kompresi foto android ini.

Baca:   Format SMS BNI Banking Beli Token Listrik PLN

Kelebihan dari aplikasi ResizeMyPix ini tidak akan membuat kualitas gambar menurun dengan drastis karena optimasi dari engine aplikasi yang canggih.

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah :

– Silahkan unduh aplikasi ResizeMyPix dari market google play store > Download ResizeMyPix

– Setelah terpasang di Android, buka aplikasi dan pilih image atau gambar yang ingin anda perkecil ukurannya, anda bisa melakukan centang beberapa image sekaligus untuk dilakukan proses kompresi image.

– Pilih ukuran ukuran Pixel yang anda inginkan, Umpama ukuran pixel foto asli 800 px untuk mengkompresinya silahkan pilih ukuran dibawahnya, misal 500 PX atau yang lebih kecil.

– Sesudah melakukan pilihan resolusi yang diinginkan, silahkan simpan hasilnya dengan menekan tombol save (ikon disket) di bagian atas halaman aplikasi.

2. Kompresi Foto dengan aplikasi Photo Compress

Kompresi Foto dengan aplikasi Photo Compress

Aplikasi pengompres ukuran foto ini juga populer di play store karena selain ringan dijalankan juga sangat mudah mudah dalam proses kompresi image-nya.

Untuk hasil yang diinginkan anda bisa melakukan pilihan kompresi foto secara cepat alias otomatis atau melakukan kompres dengan memasukkan nilai sesuai keinginan anda.

Baca:   Cara Setting 4G Oppo F1fw Android dengan mudah

Opsi yang bisa dioptimalkan untuk melakukan kompresi atau malah memperbesar ukuran dimensi serta pixel gambar bisa berupa pilihan prosesntase atau mengatur Pixel dengan menginput nilai lebar dan tinggi image.

cara melakukan kompres foto di Photo Compress :

– Unduh aplikasinya dari google play > Download Photo Compress

– Setelah itu buka aplikasi dan pilih image dengan memilih tombol ‘Gallery’

– Setelah memilih gambar foto yang anda inginkan pilih opsi ‘Resize image’

– Input nilai angka yang anda inginkan dari foto yang ingin dikompres, atau bila tidak ingin repot silahkan pilih opsi ‘percentage’, anda tinggal memasukkan berapa persen image akan diperkecil/diperbesar dari ukuran aslinya.

– Jangan lupa beri tanda centang pada opsi ‘maintain aspecct retio’ agar hasil image tetap pada porsi ukurannya, kemudian klik saja tombol ‘Resize’ dan hasilnya bisa anda lihat di galery dengan folder ‘photo compress’

Itu dia beberapa tips yang bisa admin paparkan pada kesempatan kali ini, semoga tips tentang cara memperkecil dan memperbesar ukuran foto di HP android diatas bisa bermanfaat, terima kasih.

Tags: