Cara Mengatur Tanggal dan Bahasa Smartwatch Q9 Imoo

Jam tangan Pintar anak atau sering disebut Smartwatch Kids saat ini semakin populer. Selain untuk penampilan, Fungsi pelacakan aktifitas bermain anak bisa bermanfaat bagi Orantg Tua yang ingin mengawasi Buah ahatinya saat keluar rumah bermain bersama temannya.

Mengatur Jam dan bahasa smartwatch Q9
Image: Smartwatch Kids Q9

Salah satu Smartwatch kids yang harganya cukup murah dan disebut mirip imoo yakni tipe Q9 atau Q12 laris di pasaran. Banyak Toko Online dan offline, yang menjual Jam Pintar khusus anak dengan fitur GPS ini seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, forum jual beli Facebook dan lain sebagainya.

Adapun untuk fitur dan menu di smartwatch Q9 atau Q12 dan setipe dengannya, memang tidak sama dnegan Imoo aslinya. Selain tidak dapat digunakan video Call, beberapa menu yang tidak ada diantaranya mengubah bahasa, settingan waktu, menu Pesan dan pengaturan lainnya.

Sedangkan fitur smartwatch Q9 sebenarnya sudah cukup lumayan, diantaranya menu Panggilan, Permainan, Senter, Obrolan via Internet, Kamera, Album Foto, Panggilan darurat SOS dan beberapa lainnya. Namun sayangnya tidak tersedia aplikasi pemutar musik MP3 karena tidak ada slot untuk kartu Memori, maklum harganya cuma 100-an Ribu Rupiah.

Sedangkan untuk fungsi Alarm, buku Telepon dan fitur pelacakan posisi Anak via GPS dapat dilakukan melalui aplikasi yang terpasang di smartphone.

Cara Setting Tanggal, Waktu dan Bahasa Q9 Smartwatch

Karena di tipe Jam tangan Imoo “abal-abal” seri Q9 serta tipe lain dengan harga murah tidak tersedia fitur untuk mengubah bahasa serta tanggal maupun waktu di Jam-nya, maka diperlukan aplikasi khusus untuk settingannya.

1. Merubah Tanggal dan Waktu

Untuk anda yang bingung dimana letak settingan Jam dan tanggal di smartwatch Q9 atau Q12, caraya sangat mudah, cukup masukkan SIM Card atau kartu selular yang masih aktif ke slot yang tersedia di smartwatch, maka otomatis settingan tanggal dan waktu akan berubah sesuai dengan jaringan provider selular yang anda pakai.

2. Merubah bahasa imoo Q9

Begitu juga saat mencari menu ubah bahasa di Jam “imoo” Q9 ternyata tidak ada, maka diperlukan aplikasi khusus untuk merubahnya. Caranya sebagai berikut:

menu pengaturan SeTracker2 smartwatch
  1. Buka play store di smartphone, lalu unduh dan pasang aplikasi SeTracker2
  2. Setelah itu buka dan Login, bila belum punya akun di aplikasi, silahkan mendaftar dulu dengan menginput Email anda.
  3. Pastikan juga di smartwatch Kids Q9 juga sudah terisi kartu selular lengkap dengan paketan internetnya, karena dibutuhkan untuk sinkron data dengan aplikasi.
  4. Lanjut, setelah aplikasi terbuka pilih menu Pengaturan, ikon berupa roda gigi letaknya di posisi tengah bawah.
  5. Masuk ke “Pilihan Bahasa” dan pilih Bahasa Indonesia
  6. Tunggu sebentar sampai data diunggah dan sinkron dengan Jam tangan Q9
  7. Silahkan cek apakah di smartwatch bahasanya sudah berubah atau belum, bila gagal silahkan ulangi sekali lagi dan pastikan kedua perangkat internetnya tidak bermasalah.
Mengatur bahasa Jam Q9 imoo

Pada aplikasi SeTracker2, anda juga bisa melacak posisi anak secara realtime maupun melihat “jejak kaki” anak, dimana anda bisa melihat histori kemana saja si buah hati anda tadinya berjalan dengan bantuan Maps yang tersedia di aplikasi.

Anda juga bisa melakukan panggilan via kartu selular atau obrolan suara dan teks dari aplikasi SeTracker ke smartwatch, Namun pastikan Jam tangan Q9 masih dalam kondisi menyala saat anak anda pergi bermain.