Cara Mengatasi Kartu SIM tidak terdeteksi di HP Android

Cara Mengatasi Kartu SIM tidak terdeteksi di HP Android. Tidak lengkap rasanya kalau ponsel pintar Android tidak terpasang Sim Card dari Layanan Operator selular, walaupun memang bisa saja smartphone digunakan beraktifitas seperti main game, lihat Video, atau bahkan Brwosing dan lain sebagainya namun tanpa Sim Card didalamnya terasa Bukan Ponsel namanya.

Cara Mengatasi Kartu SIM tidak terdeteksi di HP Android

Pada dasarnya Kesalahan pembacaan Kartu selular ketika sudah dimasukkan di dalam ponsel bukan hanya persoalan Sistem atau Slot Hardware SIM Card saja, Namun banyak diantaranya kesalahan pengguna Ponsel umumnya ceroboh untuk merawat dan menjaga kartu selularnya agar selalu awet dan tidak lekas rusak.

Kita ambil contoh sederhana yang sering dilakukan pengguna HP yaitu seringnya mencopot dan pasang kartu dengan tergesa-gesa, bahkan yang lebih parah ada yang sampai menekuk SIM Cardagar bisa masuk ke slot Kartu. Memperlakukan kartu selular dengan ceroboh akan berdampak tidak berfungsinya SIM Card dan anda tentu akan kehilangan akses Kontak dan isi Pesan yang ada di dalam kartu.

Beberapa sebab SIM Card Tidak Terbaca

– Tidak terpasang sesuai Posisi

Bila yang terjadi demikian tentunya kartu selular ti dak akan bisa terbaca. Namun para produsen smartphone sudah menandai dengan gambar kecil di dekat slot kartu agar si pemilik ponsel tidak salah dalam memasukkan Sim Card.

Baca:   2 Cara Reset HP LG karena error Sistem atau Lupa Sandi

– Sering Pasang dan Copot Kartu

Hal inilah yang sering dapat memicu kerusakan kartu selular ponsel anda. Harus diketahui bahwa isi dalam Sim Card adalah chip yang rawan akan kerusakan, dimana sebabnya bisa karena listrik statis, Tekanan dan lengkungan.

– Konektor Kuningan Sim Card terkelupas

Ini juga akibat dari seringnya melakukan bongkar pasang kartu SIM. Sewaktu anda memasukkan dan mengeluarkan SIM Card dari Slot Ponsel anda maka akan sering pula terjadi gesekan antara kaki-kaki dudukan Sim Card dengan lempengan kuningan yang ada pada kartu. Semakin lama tentu semakin membuat tipis lempengan kuningan tipis kartu anda.


– Kartu Selular Terlalu Panas


Ketika anda menggunakan ponsel secara berlebihan dalam aktifitasnya, dengan beban kinerja hardware yang berat seperti main Game HD dengan durasi lama, Nonton streaming Film berjam-jam, Telepon sampai kuping keriting dan aktifitas multitasking lainnya akan membuat kinerja komponen ponsel seperti Prosesor, RAM, GPU, Baterai dan lainnya meningkat suhunya dan imbasnya tentu area ruangan dalam ponsel anda yang minim sirkulasi udara akan membuat Kartu selular cepat panas dan menurun kinerjanya.

Baca:   Format Registrasi Kartu Prabayar setiap Operator, Simak tipsnya!

Cara mengatasi SIM Card tidak terdeteksi

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika kartu SIM anda tidak dapat terbaca, baik itu ketika Ponsel baru saja dinyalakan, atau sering tiba-tiba icon signal menghilang ditandai dengan tanda silang.

1. Cek penempatan SIM Card di Slot Kartu

Tips pertama tentunya anda harus melakukan pengeccekan tata letak kartu selular anda. Matikan smartphone dan coba lepas dan pasang kembali kartu, setelah itu nyalakan.

Bila ponsel terlalu panas, silahkan tunggu dahulu sampai dingin agar semua hardware berfungsi maksimal.

2. Bersihkan Dudukan Sim Card

jangan lupa membersihkan dan memeriksa apakah ada penghalang seperti debu yang terlalu pekat menempel di konektor slot Sim Card agar nantinya lempengan kuning di Kartu selular bisa maksimal menempel dna terbaca oleh hardware dan sistem.

3. Coba masukkan SIM Card lain

Cara yang sebenarnya mudah mendeteksi apakah kartu SIM anda rusak atau tidak adalah dengan membandingkan dengan kartu lain, bisa pinjam ke teman atau kerabat daripada beli baru.

Baca:   Cara Mengaktifkan Kunci Layar OPPO A83 Face Unlock

Bila ternyata dengan sim Card lain saja bisa terdeteksi maka sudah bisa ditebak kalau kartu anda bermasalah. Namun bila dengan kartu lain yang terpasang juga tidak terdeteksi maka coba lakukan tips no 4 di bawah ini.

4. Reset / Recovery / flashing

Pertama kali coba lakukan reset Factory atau menyetting ulang sistem ke pengaturan awal. Bila tidak bisa mengatasi masalah lakukan proses Hard reset atau Recovery Mode.

Bila tidak juga mendeteksi Sim Card, lakukan flashing agar sistem kembali fresh dengan firmware yang beru pula.

5. Bawa ke Service Center

Nah, ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan ketika semua opsi diatas untuk memperbaiki error tidak terbacanya Sim card di HP kesayangan tidak juga bisa dilakukan, Bawa ke tukang service HP.

Saran admin, bila ponsel masih dalam masa Garansi jangan sekali-kali melakukan service di luar service center agar tidak menghanguskan klaim garansi yang masih berlaku.

Sementara itu dulu ulasan dan tips dari admin KangEducation perihal mengatasi Sim Card tidak terdeteksi di HP Android, semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "Cara Mengatasi Kartu SIM tidak terdeteksi di HP Android"