Cara Mengatasi HP advan Panas dan Boros Baterai

Bagaimana caranya agar Hp advan tidak cepat panas dan boros daya baterai ?, Itulah pembahasan yang akan admin sajikan kali ini, dimana banyak pengguna Smartphone andvan yang mengeluhkan ponselnya cepat panas dan boros daya baterainya.

HP advan panas dan boros baterai

Memang diakui, advan sebagai produk HP android Lokal yang terkenal murah juga mempunyai beberapa problem tersendiri. Dimana keluhan borosnya pemakaian daya baterai dan juga ponsel cepat terasa panas menjadikan khawatir penggunanya akan keawetan ponsel miliknya.

Sebenarnya tidak hanya di HP advan saja, hampir semua smartphone android bisa mengalami kondisi panas berlebih saat digunakan, begitu juga daya baterainya, meskipun harus diakui kalau daya juga tergantung dari kapasitas yang disematkan di masing-masing tipe android, Tentu semakin besar dayanya semakin tahan lama menjalankan fungsi sistem dan aplikasi.

Simak juga tips advan berikut:

Sebab dan cara mengatasi HP advan panas dan boros baterai

Adapun beberapa penyebab HP advan cepat Panas saat digunakan dan menyebabkan borosnya penggunaan baterai adalah sebagai berikut:

1. Banyak aplikasi berjalan di background

Tanpa kita sadari banyak aplikasi yang sebenarnya tidak kita jalankan ternyata sedang aktif bekerja di background sistem dan akhirnya menyebabkan daya baterai cepat terkuras dan ponsel terasa panas meski penggunaan normal.

Beberapa contoh aplikasi yang aktif di balik layar yaitu yang menggunakan koneksi data internet untuk terhubung ke server aplikasi untuk proses sinkron data seperti aplikasi facebook, BBM, WA, Instagram, Email, Playstore dan lain sebagainya.

Baca:   Harga HP Advan G2 Android RAM 3 GB

Solusinya, kita bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang memang jarang kita pakai sehari-hari tanpa mencopotnya. Sebenarnya aplikasi akan aktif sendiri saat kita menjalankan ulang.

Cara untuk menonaktifkan aplikasi di HP advan sangat mudah, silahkan masuk ke menu pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasinya lalu tekan tombol Paksa berhenti.

2. Jaringan Selular data dan Sinyal Lemah

Banya pengguna HP android advan tidak menyadari kalau kondisi jaringan selular yang minim dan cenderung tidak stabil akan membuat HP cepat panas dan berakibat borosnya daya baterai.

Efek lainnya, saat sinyal lemah maka koneksi data internet yang terhubung (bila tidak pakai Wi-Fi) akan bekerja ekstra untuk menguatkan dan menstabilkan kondisi jaringan data.

Oleh sebab itu, bila HP advan cepat terasa panas dan boros baterainya, silahkan cek juga kondisi sinyal di tempat kita, kalau jelek dan naik turun tidak stabil, silahkan cari tempat yang bagus kualitas sinyalnya.

baterai advan boros

3. Kecerahan Layar maksimal

Tanpa kita sadari, sinar layar yang disetting terlalu terang akan menyebabkan boros baterai dan posel terasa panas saat dipegang.

Jadi kondisikan mengatur kecerahan layar HP advan sampai titik minimal asalkan kita masih bisa mentoleransi tampilan di layar dan tidak menyebabkan mata menjadi lelah.

4. Banyak File cache menumpuk

File cache yang terlalu banyak dan sudah tidak terpakai oleh sistem juga akan berdampak HP advan cepat panas, karena CPU akan bekerja ekstra untuk selalu melakukan index file yang terlampau banyak.

Coba bersihkan Cache di HP dengan menggunakan fitur pembersih bawaan aadvan ataupun juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner yang sudah populer dan banyak digunakan pemilik smartphone saat ini.

Baca:   Cara Panggilan USSD di modem PROLink PHS600

5. Streaming dan game

Bagi anda yang suka main game ataupun streaming video, sangatlah wajar kalau HP panas dan boros baterai. Ditambah lagi kalau kita memainkan game dengan spesifikasi hardware yang tinggi dan juga video dengan resolusi tinggi, pastinya CPU akan bekerja ekstra untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Untuk mengurangi panas di HP saat nonton video maupun game, cobalah untuk mematikan terlebih dahulu beberapa aplikasi yang tidak terpakai saat itu, dan juga batasi kecerahan layar saat nonton atau nge-game agar baterai juga tidak boros.

6. Banyak Widget Terpasang

Widget memang memudahkan pengguna smartphone android untuk mempercepat akses dan mengetahui informasi dari sebuah aplikasi dengan cepat.

Adapun widget di HP advan yang terlalu banyak aktif dan terpasang di tampilan layar juga berdampak borosnya pemakaian daya, ponsel cepat panas dan pastinya membutuhkan koneksi data internet yang lebih banyak.

Salah satu contoh widget yang sering dipasang pengguna android diantaranya Widget Cuaca, Widget aplikasi sosial media dan banyal lagi lainnya

7. Aplikasi dan sistem bermasalah

Aplikasi yang error ataupun sistem yang rusak file-nya bisa menyebabkan panas pada HP android. Untuk mengatasi aplikasi yang bermasalah dan menyebabkan HP menjadi panas tentu kita harus mencopotnya dari ponsel.

Begitu juga saat ada file sistem yang tidak beres, bisa diakukan perbaikan dengan mereset ulang HP advan ke dalam setelan defeult atau bawaan pabrikan (Factory reset).

8. Jangan Asal pasang Wallpaper

Wallpaper yang kita pasang di HP advan juga harus diperhatikan ukuran filenya dan tipenya. Hindari menggunakan tipe gambar berformat gif atau format video agar memori RAM tidak terbuang percuma.

Baca:   Cara pasang Kode adsense di Paragraf pertama artikel

Semisal, meskipun wallpaper berupa benda bergerak berformat gif atau movie sangat bagus, namun akan menambah berat kinerja sistem apalagi untuk tipe advan yang hanya memppunyai spesifikasi RAM kecil.

9. Jangan Cas HP sambil main game / Nonton

Saking asikny amain game atau noton streaming youtube dan kondisi daya baterai habis maka dilakukan cas atau pengisian daya tanpa mengistirahatkan ponsel terlebih dahulu, itu berpotensi membuat suhu ponsel meningkat dan efeknya baterai cepat rusak.

Usahakan jagan bermain game, nonton video atau membuka aplikasi berat dalam kondisi HP sedang di cas supaya baterai awet dan komponen HP juga tidak lekas rusak.

10. Pindai dengan Antivirus

Virus yang menginfeksi HP android juga dapat menyebabkan daya baterai cepat habis dan ponsel terasa lebih cepat panas meski tidak sedang memainkan aplikasi.

Coba install antivirus dan pindai, apabila tidak ada malware atau virus, silahkan copot kembali aplikasi antivirus di HP advan agar tidak memperberat kinerja sistem.

11. Service HP

Bilamana ada gejala yang tidak wajar dari panas yang ditimbulkan di HP advan, meskipun sinyal bagus dan tidak sedang menjalankan aplikasi, maka perlu ada pemeriksaan lanjutan.

Bisa jadi ada komponen di dalam smartphone yang bermasalah atau ada yang konsleting, jadi bawa ke service center untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi HP advan cepat panas dan boros baterai, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.

Tags: