Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS di HP Android

Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS di HP Android – Meskipun Pesan SMS saat ini sudah kalah bersaing dengan aplikasi messenger seperti WhatsApp, BBM, Line dan lainnya, namun keberadaan SMS masih dibutuhkan dan menjadi penting saat terjadi trouble pada jaringan Internet, atau bahkan si penerima tidak mempunyai Smartphone.

error android gagal kirim SMS

Error yang terjadi pada aplikasi perpesanan biasanya muncul saat kita tidak bisa mengirim atau bahkan menerima SMS masuk. Padahal isi pulsa utama masih banyak serta masa aktif kartu juga masih panjang.

Penyebab SMS Gagal terkirim di HP android

Adapun beberapa penyebab yang sering terjadi gagalnya mengirim pesan SMS karena hal berikut ini:

1. Sinyal Naik Turun

Keberadaan tangkapan sinyal yang tidak stabil di ponsel android menjadikan proses kirim pesan atau bahkan panggilan telepon mengalami hambatan.

Namun admin yakin permasalahan yang anda hadapi bukan karena sinyal yang lemah atau naik turun, dan bukan karena pulsa habis yang menyebabkan tidak SMS gagal terkirim.

Baca:   Cara Nonaktifkan aplikasi di Galaxy J5 dengan cepat

2. Kesalahan Nomor pusat pesan

Sebagian besar kejadian gagalnya kirim dan terima pesan SMS karena nomor SMS center-nya tidak cocok dengan yang direkomendasikan pihak provider kartu selular yang kita pakai.

3. Sistem dan Aplikasi Pesan Error

Bila ini yang terjadi, kita bisa mencoba terlebih dahulu merestaart ulang ponsel dan setelah hidup kita coba melakukan kirim SMS.

Biasanya ada sistem atau aplikasi Perpesanan sedang crash dengan aplikasi lain atau bahkan kinerja CPU sedang Overload sehingga ada kegagalan menjalankan aplikasi.

Baca juga tips berikut:

Cara Setting Nomor Pusat pesan di Android

Nah, untuk anda yang mempunyai masalah HP android selalu gagal kirim SMS atau menerima pesan juga tidak bisa, kama kita peru cek apakah nomor SMS center-nya sudah benar atau tidak.

Baca:   Format Registrasi Kartu Prabayar setiap Operator, Simak tipsnya!

Dibawah ini admin sajikan tips bagaimana melakukan setting nomor pusat pesan SMS di aplikasi perpesanan HP android, admin menggunakan contoh HP Samsung Galaxy J2 Prime untuk screenshotnya, dan untuk tipe lain bisa menyesuaikan tata letaknya.

  • Masuk ke aplikasi pesan di HP android, kemudian masuk ke opsi menu pada bagian pojok kanan atas (untuk tipe HP lain bisa menyesuaikan letak menunya)
mengatasi HP android sulit kirim SMS

Menu setting SMS

  • Selanjutnya kita pilih menu Pengaturan >> Pengaturan lainnya >> Pesan teks >> Pusat pesan

HP android selalu gagal kirim dan terima SMS

  • Di bagian pusat pesan inilah kita bisa melihat apakah nomor SMS service dari Simcard yang terpasang di HP kita benar atau salah. Dan untuk isian SMS center provider Telkomsel, indosat, Axis, XL, smartfren ataupun Tri bisa kita simak di bawah ini:

SMS center Provider selular di Indonesia

Simpati Telkomsel : +6281100000
XL : +62818445009 / +628184450095
Smartfren : +628811223344
Indosat IM3 : +62855000000
Indosat IM3 Ooredoo : +628216124
Mentari indosat : +628216124, +62816125
3 (Tri) : +6289644000001
AS (Telkomsel) : +62 81100000

  • Setelah mengedit pusat SMS service silahkan klik tombol simpan dan tutup kembali pengaturan, setelah itu coba mengulangi berkirim pesan.
Baca:   Cara mengatasi BBM tidak terhubung padahal sinyal bagus

Cara Diatas bisa dilakukan untuk semua tipe ponsel yang gagal kirim pesan seperti Vivo, OPPO, Xiaomi, Zenfone, Coolpad dan tipe yang lainnya.

Demikianlah tips mudah mengatasi HP android gagal kirim SMS dan tidak bisa menerima pesan masuk, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.