Cara Membersihkan Memori RAM HP Samsung Anti Lemot

Cara Membersihkan Memori RAM HP Samsung Anti Lemot. Masalah umum yang sering dikeluhkan para pemilik android adalah Ponsel menjadi lemot dan tidak responsif lagi etika digunakan sekian waktu. Bahkan untuk HP Android yang punya Spesifikasi tinggi juga tidak luput dari yang namanya lemot apalagi untuk yang spesifikasinya pas-pasan tentu akan lebih terasa berat menjalankan aplikasi yang ada.

Seperti diketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang terinstall dan juga berapa kali kita membuka dan menutup game atau aplikasi maka berpengaruh padda penggunaan RAM dan juga Ruang penyimpanan.

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) juga menjadi penyebab utama menurunnya kinerja HP android. Misal di HP anda terinstall aplikasi sosial media seperti WA, FB, Line, BBM, Telegram dan lainnya maka ketika anda tidak membukanya sekalipun akan terjadi proses yang anda tidak ketahui di balik layar untuk proses sinkron data akun dengan server aplikasi.

Baca:   Cara mengetahui Resolusi dan ukuran Foto di HP Android

Maka dari itu bila anda punya smartphone android dengan spesifikasi minim coba lihat dahulu berapa banyak aplikasi yang terinstall di dalamnya dan berapa sering anda menggunakan aplikasi tersebut. Begitu juga dalam masa pemakaian sehari-hari tanpa adanya proses pembersihan RAM maupun file cache tentunya akan membuat kinerja ponsel semakin melambat dari waktu ke waktu.

Membersihkan Memori RAM HP Samsung

Kembali pada topik diatas, tentang bagaimana cara membersihkan RAM yang ada di HP android Samsung bisa anda ikuti tipsnya di bawah ini.

Catatan, admin menggunakan contoh Samsung dengan sistem android Marshmallow, jadi yang didalamnya ada menu ‘Pemelihara perangkat’, untuk versi di bawahnya yang belum ada opsi pembersih RAM bisa mengunduh aplikasi optimasi RAM yang banyak tersebar di play store.

1. Buka menu pengaturan di HP samsung, kemudian pilih menu ‘Pemeliharaan Perangkat’

Cara Membersihkan Memori RAM HP Samsung Anti Lemot

2. Di halaman yang terbuka ada beberapa opsi yang bisa kita pilih seperti untuk mengoptimalkan pemakaian baterai, Penyimpanan, RAM maupun keamanan perangkat. Untuk melakukan pembersihan secara otomatis sekaligus mengoptimalkan kinerja hardware serta fitur ponsel bisa anda klik tombol ‘Optimalkan Sekarang’

Baca:   Cara memindah WA ke HP lain tanpa kehilangan data inbox

3. Namun bila kita hanya ingin membersihkan Memori RAM saja silahkan klik ikon RAM yang ada di bagian bawah.

4. Kemudian di halaman selanjutnya silahkan tekan tombol ‘Hapus Sekarang’, nantinya aplikasi yang jarang digunakan dan berjalan di background akan dihentikan prosesnya untuk menghemat penggunaan space RAM.

Setelah proses pembersihan RAM tersebut maka bisa anda rasakan kinerja ponsel samsung akan meningkat daripada sebelumnya.

Itulah tips singkat tentang cara mengoptimalkan dna membersihkan memori RAM HP samsung android yang bisa admin bagikan kali ini semoga bermanfaat.