Cara Melihat Akun FB Dibajak orang dan Tips mengamankannya!

Cara melihat akun FB dibajak orang lain – Semua pengguna Aplikasi Facebook pasti khawatir akun FB miliknya dibobol orang, karena segala sesuatu yang bersifat privasi ada di akun tersebut seperti inbox yang bisa dibaca pembobol akun atau orang mengatasnamakan kita dengan update status baru.

agar Akun FB tidak dibajak orang

Lalu bagaimana pula caranya mengetahui ada perangkat lain yang mengakses FB kita yang dikhawatirkan nantinya orang tersebut mengganti kata sandi akun kita sebelum kita menyadarinya.

Dan bagaimana pula kita tahu letak dan tipe perangkat yang sedang aktif menggunakan akun facebook kita?, Nah untuk menjawab semuanya silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara lihat Akun Facebook dibuka / dibobol orang lain

Disini admin mencontohkan menggunakan aplikasi facebook lite, dan untuk FB standar juga sama saja hanya tata letak menunya saja sedikit berbeda penempatannya. Yuk simak tipsnya di bawah ini:

Baca:   Cara Tangkapan layar di HP VIVO, mudah banget!

1. Silahkan buka aplikasi facebook dan langsung masuk ke opsi menu (letaknya pojok paling kanan atas)

2. Selanjutnya klik pada menu Pengaturan, kemudian masuk lagi ke menu Keamanan dan login

pengaturan FB agar tidak dibobol

3. Di bagian halaman menu keamanan kita bisa melihat di menu ‘Tempat anda login‘ perangkat apa saja yang aktif dan sudah berhasil login ke akun facebook milik kita, silahkan klik pada bagian ‘lihat lainnya‘ untuk mengetahui rinci tanggal, tempat, nama perangkat danjuga browser apa yang digunakan.

keamanan login di akun FB

4. Dari melihat aktifitas login akun itulah kita bisa melihat apakah kita sendiri yag melakukannya atau ada perangkat seperti tipe ponsel / laptop yang mencurigakan sudah menyusup ke akun facebook milik kita.

Cara Mengamankan FB tidak dibobol orang lain

Berikut ini adalah cara mengantisipasi saat ada orang lain yang mencoba mengakses facebook milik kita dari perangkat yang tidak kita ketahui:

Baca:   Cara Reset HP Huawei Semua Tipe - Hard dan Soft Reset!

1. Tetap pada halaman menu keamanan dan login, silahkan masuk ke menu ‘dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal

menu pengaturan keamanan FB

2. Selanjutnya kita bisa mengaktifkan tiga opsi yang ada seperti pemberitahuan via messenger, via email ataupun via akun facebook.

3. Saat nantinya kita mendapati ada notifikasi masuk di email atau messenger tentang aktifitas tidak dikenal dari perangkat lain yang mengakses akun facebook punya kita maka dengan mudah kita dapat mengeluarkannya dari link yang sudah disediakan oleh pihak FB.

Tips agar FB tidak mudah dibobol / dibajak

  • Jangan gunakan kata sandi dengan nama, tempat tanggal lahir, alamat, orang tua, anak atau apapun yang berkaitan dekat dengan jati diri kita, karena hal itu mudah diterka-terka orang lain
  • Gantilah sandi akun FB secara berkala, boleh berapa minggu sekali atau satu bulan sekali dengan kombinasi Huruf dan angka supaya sulit untuk dibobol.
  • Jangan biasakan meninggalkan perangkat smartphone atau laptop dalam kondisi facebook masih terbuka tanpa proses logout
  • Kunci layar ponsel atau lebih bagus lagi gunakan fitur pengunci aplikasi facebook agar tidak gampang dibuka orang lain tanpa sepengetahuan kita.
Baca:   Format SMS BNI Banking Beli Token Listrik PLN

Demikianlah tips singkat tentang cara mengamankan akun FB dari pembajak / pembobol, semoga bisa bermanfaat dan dipraktekkan agar akun kita aman dari orang yan tidak bertanggung jawab.