Cara Koneksi SHAREit HP ke Laptop untuk Transfer File

Membagikan file dari smartphone android ke HP lain dengan menggunakan aplikasi SHAREit pastinya sudah banyak yang bisa. Tapi bagaimana caranya agar bisa transfer foto, video, dokumen dan berkas lainnya dari HP android ke PC menggunakan SHAREit ?, mungkin masih banyak pemilik Laptop yang kebingungan cara mempraktekkannya.

KIRIM FILE DARI HP KE LAPTOP

Seperti diketahui, aplikasi berbagi file multi perangkat SHAREit memiliki kecepatan data transfer tinggi. Selain melalui jaringan hotspot atau WiFi, bisa memanfaatkan koneksi bluetooth untuk koneksi antar perangkat, baik itu antar komputer, antar perangkat smartphone, PC ke ponsel dan sebaliknya.

Aplikasi ini selain untuk mentransfer berkas seperti Foto, Musik, Video ataupun file dokumen lainnya, bisa digunakan juga sebagai remote presentasi dari HP ke Laptop (PC), menonton konten Video Online, berbagi APK Aplikasi dan masih banyak fitur terbaru lainnya.

Tips Transfer File dari HP ke Komputer via Shareit

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi trik dan tips bagaimana cara menghubungkan aplikasi SHAREit di komputer dengan yang ada di HP android. Dimana pada contoh kali ini saya menggunakan Laptop dengan sistem Windows 8 serta smartphone merek Xiaomi Redmi Note 7.

Baca:   Game Perang Android Offline terbaik 2018 Gratis

Menghubungkan HP ke Laptop

1. Pertama kali tentunya anda harus menginstall aplikasinya di PC, begitu juga di HP android. (Untuk Link-nya >> Shareit For Windows dan untuk HP android bisa langsung membuka google Play store)

2. Setelah terpasang di kedua perangkat, silahkan jalankan aplikasinya. Pastikan jaringan WiFi di Laptop atau HP sudah diaktifkan.

PAIRING SHAREIT PC DAN SMARTPHONE

3. Saatnya melakukan pairing (menghubungkan) jaringan HP dengan PC, caranya pada tampilan muka SHAREit ponsel, klik ikon menu di bagian pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Sambungkan ke PC“.

4. Nantinya tampilan halaman akan berubah ada lingkaran seperti radar. Tunggu sebentar sampai muncul ikon user dari PC.

MENGHUBUNGKAN HP KE LAPTOP

5. Klik pada ikon user PC yang tampil di HP dan selanjutnya pada tampilan PC akan ada notifikasi sambungan, klik saja tombol “Terima” agar kedua perangkat tersambung.

Baca:   Mengatasi Aplikasi HP android sering menutup sendiri

Transfer data dari HP ke PC (atau sebaliknya)

1. Setelah berhasil tersambung, saatnya untuk berbagi file. Contoh, Bila ingin transfer gambar (foto) dari ponsel ke laptop, klik pada ikon “Foto” yang ada di deretan menu bawah.

2. Lalu seleksi foto mana yang ingin ditransfer ke komputer, setelah selesai klik tombol “Berikutnya“.

3. Tunggu sampai proses pengiriman berkas selesai dengan ditandai ada centang maupun tulisan “terkirim“.

MENGIRIM FOTO DARI HP KE PC

4. Untuk melihat data hasil kiriman, file bisa ditemukan di folder khusus SHAREit. Caranya, di tampilan komputer / laptop buka File Explorer >> This PC >> Download >> Shareit. Begitu pula bila anda menggunakan Windows 7, letak file ada di My Computer > My Document > Download > shareit.

FOLDER FILE KIRIMAN SHAREIT DI KOMPUTER

5. Bila ingin mengirim file dari komputer ke HP via aplikasi SHAREit, caranya malah sangat mudah, anda bisa langsung drag and drop alias tekan lalu seret file yang diinginkan lalu lepaskan di halaman aplikasinya, atau bisa menekan ikon “gambar” atau “file” untuk membuka folder berkas yang akan ditransfer.

Baca:   Aplikasi Juz'amma Anak Murottal Offline

Bila ada pertanyaan, apakah proses transfer file di SHAREit menyedot kuota data internet ?, jawabannya tidak. Meskipun semisal anda terhubung ke jaringan WiFi untuk koneksi internet, dan disaat bersamaan ingin berbagi berkas, maka bisa dilakukan bersamaan tanpa menggunakan data internet.

Itulah tips menjalankan aplikasi SHAREit di HP dan Komputer untuk saling berbagi file, semoga bermanfaat untuk sobat pembaca KANGEDUCATION.com.