Cara kirim foto di WA dengan ukuran file aslinya

Cara kirim file foto di WhatsApp tanpa Kompresi – Tahukah anda bahwasanya setiap berkirim file gambar atau foto di aplikasi whatsApp sebenarnya file yang sampai di HP penerima sudah berubah dari ukuran aslinya?, Mungkin anda bertanya-tanya apa mungkin ukuran foto berubah padahal terlihat sama kalau disejajarkan di kedua ponsel penerima dan si pengirim WA. Nah, untuk menjawabnya silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Cara kirim file foto di WhatsApp tanpa Kompresi

Memang benar, bahwa ketika kita mengirim gambar, entah itu foto dari jepretan kamera atau gambar hasil unduhan lalu mengirimnya misalnya ke teman, maka yang terjadi sebenarnya ukuran dari file tersebut sudah berubah dari aslinya walaupun dilihat dari kasat mata masih terlihat sama.

Anda bisa membuktikan kalau file foto yang terkirin dari WhatsApp ternyata dikompresi sedemikian rupa oleh aplikasi dengan cara melihat rincian dari masing-masing foto yang terkirim di ponsel pengirim dan juga penerima.

Baca:   Cara Nonaktifkan aplikasi di Galaxy J5 dengan cepat

Lalu mengapa file gambar atau foto yang dikirim via WA tersebut dikompress atau diperkecil ukurannnya oleh whatsApp secara otomatis dan apa untungnya untuk pihak WA dan pengguna?.

Baca juga:

Keuntungan untuk si pengguna sendiri adalah penghematan kuota data internet. Bisa dibayangkan, untuk kualitas image dari sisi resolusi dan juga ukuran file satu gambar hasil jepretan kamera saja saat ini banyak ponsel berkualitas yang menghasilkan ukuran file 2 sampai 3 MB lebih, padahal whatsApp terkenal hemat akan kuota data internet dan superccepat dalam merespon kiriman file.

Jadi selain anda bisa menghemat kuota data, file foto yang terkiri tersebut secara otomatis akan dikompresi dengan tidak menghilangkan banyak warna sehingga komposisi warna bila dilihat sekilas dari layar smartphone tidak akan jauh berbeda dengan file aslinya.

Baca:   3 Cara Cek Masa tenggang dan aktif iM3 indosat Ooredoo terbaru

Lalu keuntungan bagi pihak whatsApp sendiri pastinya aplikasi miliknya akan semakin populer dengan kecepatan berkirim file foto yang supercepat (tergantung koneksi data masing-masing pengguna WA).

Cara kirim foto di WA tanpa kehilangan ukuran asli

Nah, untuk anda yang ingin berkirim foto via aplikasi whatsApp dan tidak ingin file yang terkirim di HP penerima mengalami penurunan resolusi dan juga ukurannya, maka ada tips yang bisa sobat lakukan dengan mengikuti tutorial berikut ini:

1. Silahkan buka aplikasi WA kemudian tentukan siapa yang ingin anda kirimi file foto/gambar

kirim foto di whatsapp

2. sesudah berada di posisi halaman chatting, silahkan klik icon klip kertas

3. setelah itu pilih opsi Dokumen

cara kirim gambar di wa tanpa kompress

4. Kemudian pada tampilan yang terbuka pilih opsi paling atas yaitu ‘Lihat dokumen lainnya

5. Silahkan cari gambar yang anda inginkan kemudian lakukan pengiriman

6. Setelh terkirim, tidak akan tampil preview foto seperti anda mengirim file gambar seperti biasanya, yang tertera cuma informasi nama file beserta ukurannya, dan untuk si penerima pesan juga begitu, untuk membukannya langsung bisa melakukan klik ke file yang dikirim tersebut.

Baca:   Cara keluar akun Line tanpa Hapus Akun

Dengan tips diatas si penerima pesan berupa foto dari aplikasi whatsapp tidak akan kehilangan ukuran file asli, jadi bis auntuk keperluan editing, pencetakan foto agar resolusi bagus dan tujuan lainnya.

Itulah tips berkirim foto melalui aplikasi WA tanpa mengubah ukuran file aslinya, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.