Cara Kirim File Exe atau Archive dari Gmail tanpa Gagal

Cara Kirim File Exe atau Archive dari Gmail tanpa Gagal – Pernahkah anda mencoba untuk mengirim Email (via Gmail) berupa berkas atau attachment File dengan format Exe atau bentuk Archive namun gagal terkirim alias error ?, ternyata File yang telah terunggah tersebut ternyata tidak diperbolehkan oleh otoritas Gmail karena alasan keamanan. Apakah anda menyerah dan tidak jadi mengirim file berekstensi Executable atau archive tersebut ?.

Tentunya berbagai cara anda ingin lakukan agar file penting tersebut bisa sampai ke tangan pihak Penerima Email bukan ?, Kalau iya maka ada cara cepat, jitu dan juga ampuh untuk bisa mengirim file exe atau archive via Gmail yang akan saya berikan untuk pembaca semua.

file exe, zip, rar gagal terkirim dari email gmail

Sebelum menginjak ke inti tutorial, sebaiknya anda harus tahu dahulu mengapa file berkas berekstensi executable seperti exe dan file archive seperti Rar, Zip dan sejenisnya tidak boleh diunggah untuk dikirim via Email oleh otoritas Gmail ?, Itu disebabkan karena ketatnya keamanan yang diberlakukan oleh google untuk menghindari menyebarnya berbagai malware yang menumpang pada jenis file tersebut ke penerima email.

Baca:   Tombol Pintas di Windows 8 - Shortcut Key

Bila anda nekat untuk mengirim berkas exe. Rar, Zip atau sejenisnya ke email maka akan sia-sia saja. Akan ada notifikasi kesalahan yang tidak memungkinkan anda untuk mengirim file tersebut. Jadi apa yang harus dilakukan agar bisa mengirim file tersebut dengan mudah plus tanpa software apapun yang perlu diinstall ?

Cara kirim file Exe Atau Archive via Gmail :

1. pertama kali yang harus anda lakukan adalah melakukan manipulasi terhadap file yang ingin dikirim tersebut.

2. Silahkan buka dahulu tempat file anda berada, Setelah ketemu kitra siap memanipulasi fie tersebut.

3. Dalam folder tempat anda menyimpan file, lihat di bagian tab atas pilih Organize kemudian masuk ke opsi Folder and search option ( lihat contoh gambar )

folder and search option di windows folder

4.Akan terbuka Jendela Folder Option, arahkan ke tab View. Lalu pada opsi-opsi yang tampak hilangkan centang hanya pada opsi ‘Hide extension for konown file types’dan klik saja tombol apply, Tutup kembali jendela folder option.

Baca:   Setting APN 3data kartu 3 AON tercepat

hide extension for known types

5.Setelah pada pengaturan diatas dilakukan, silahkan klik kanan file yang ingin anda kirim, klik opsi Rename dan ubah tanda ekstensi tersebut dengan ekstensi lain yang diperbolehkan oleh Pihak Gmail seperti Format dokumen, gambar, video atau lainnya.

6. Di dalam contoh saya mengubah file exe menjadi nama ekstensi Docx. Bila ada peringatan yang muncul klik saja ‘Yes’

mengubah format file exe sebelum dikirim ke email

7. Setelah mengganti nama (rename) ekstensi file anda akan melihat ikon file akan berubah menurut ekstensi yang anda ketikkan.

8. Langkah terakhir, buka browser, masuk ke akun email anda, masukkan email penerima dan keperluan lainnya, dan silahkan masukkan file yang telah anda ubah namanya tadi ke attachment file. Coba kirim dan pasti berhasil.

Lalu apakah si penerima email akan menerima file aplikasi atau archive saya ?, tentu menerima berkas tersebut, namun ingat, file tersebut masih belum bisa dibuka oleh si penerima karena ekstensi filenya baru anda rekayasa.

Baca:   Cara Panggilan USSD di modem PROLink PHS600

Agar dapat dibuka oleh penerima maka anda harus memberitahu si penerima untuk mengubah format file tersebut ke keadaan semua. Jadi bila file tadinya berformat exe maka harus diubah ke exe, bila zip maka harus dikembalikan ke ekstensi zip.

Bagaimana, sudah siap kirim file format exe atau archive di gmail tanpa gagal lagi ?, semoga tips ringan riatas bermanfaat. Salam hangat dari admin Kangeducation.

Tags: