Cara kalibrasi Touchscreen HP andoid yang kurang responsif

Cara Kalibrasi Layar sentuh HP Android kurang responsif – untuk semua pengguna android, touchscreen menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam pengoprasian suatu perangkat meskipun masih terdapat beberapa perangkat yang menyediakan tombol fisik. Touchscreen juga berfungsi sebagai Media interaksi antara pengguna dan juga perangkat smartphone Karena pada dasarnya sistem operasi android memang sudah dirancang khusus untuk perangkat yang menggunakan touchscreen atau layar sentuh dalam mendukung pengoperasiannya.

Cara kalibrasi Touchscreen HP andoid

Salah satu masalah yang juga sering terjadi oleh beberapa pengguna android ialah penurunan dari kinerja touchscreen yang digunakan pada perangkatnya. contohnya seperti respon touchscreen sangat lambat atau tidak akurat dalam mendeteksi sentuhan semisal ingin menyentuh icon aplikasi FB malah yang tersentuh icon aplikasi lain atau bisa juga respon sentuhnya kurang respon tidak seperti waktu ponsel masih baru.

cara mengatasi layar sentuh kurang responsif di HP Android sebenarnya sangatlah mudah, yaitu dengan cara melakukan kalibrasi terhadap touchscreen di perangkat tersebut.

Baca:   Cara keluar akun Line tanpa Hapus Akun

Cara kalibrasi touchscreen di HP andorid

Tidak semua perangkat andoid dilengkapi dengan fitur atau tool khusus untuk melakukak kalibrasi touchscreen. maka dari itu, para pengguna terlebih dahulu harus menginstal aplikasi tambahan yang sudah cukup banyak tersedia di Google Play Store.

Salah satunya ialah aplikasi touchscreen calibration, dimana aplikasi ini dapat digunakan agar perangkat dapat melakukan kalibrasi touchscreen dengan mudah dan mengembalikan fungsi dan respon sentuhan di layar oleh penggunannya, seperti single tap, double tap, long press, swipe, pinch, dan zooming. fitur kalibarasi touch screen tersebut juga dapat digunakan untuk mendeteksi jenis sentuhan pada area layar.

Dengan tampilan yang sederhana untuk memudahan para pengguna untuk menggunakannya, aplikasi touchscreen calibration ini juga dapat diunduh secara gratis.

Berikut langkah-langkah yang dapat digunakan untuk kalibrasi touchscreen di perangkat andorid anda :

1. unduh dan instal aplikasi Touchscreen Calibration di google play terlebih dahulu

Baca:   Mematikan Getar Pesan masuk di WhatsApp

2. Kemudian buka aplikasinya

kalibrasi HP android

3. setelah terbuka, klik tombol CALIBRATE untuk memulai kalibrasi

4. kemudian akan muncul TEST PAD. TEST PAD ini menyediakan perintah untuk melakukan beberapa pengujian seperti ketukan tunggal, ketukan ganda, sentuhan lama, geser, dan lain sebagainya

5. setelah pengujian selesai, aplikasi ini akan menampilkan keakuratan dari jenis sentuhan tadi

6. kemudian setelah selesai, aan muncul notifikasi calibration successfully. kemudian klik OK

7. terakhir yaitu restart atau muat ulang perangkat untu pengaplikasian.

proses kalibrasi touchscreen hanya digunakan untuk mendeteksi jenis sentuhan pada area touchscreen dan tidak dapat memperbaiki kerusakan hardware pada touchscreen.

itulah tips cara mengatasi Layar HP ndroid yang kurang responsif terhadap sentuhan dengan melakukan kalibarsi ulang. Semoga beramfaat untuk pembaca kang Education.com, terima kasih.

Tags: