Cara kalibrasi Baterai Android tanpa Aplikasi

Kalibrasi Baterai HP android tanpa Aplikasi – Sebuah catu daya berupa baterai menjadi alat vital untuk menjalankan berbagai komponen dan sistem agar menyala dan berjalan dengan normal. Sering terjadi pembacaan prosentase baterai di layar tidak sama dengan kenyataannya, bahkan ada banyak kasus prosentase daya masih banyak namun tiba-tiba HP mati dengan sendirinya atau ditandai dengan notifikasi baterai Low. Pastinya kejadian tersebut membuat si empunya ponsel tidak bisa menebak saat mana harus mengisi daya karena prosentase baterai yang ngawur.

Cara kalibrasi Baterai Android tanpa Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi kalibrasi baterai Ponsel, dimana beberapa apliakasi tersebut akan mendeteksi serta mengembalikan beberapa settingan yang rancu di dalam pembacaan prosentase daya baterai.

Fungsi kalibrasi sendiri sebenarnya mengacu pada artian melakukan pencocokan fungsi antara kedua perangkat supaya klop satu dnegan yang lainnya. Di dalam hal ini Baterai dan sistem di smartphone yang akan menjadi titik kalibrasinya.

Baca:   Cara kalibrasi Touchscreen HP andoid yang kurang responsif

Melakukan kalibrasi baterai Ponsel bisa dilakukan ketika merasa ada yang janggal dengan kondisi pembacaan daya baterai di layar yang terkadang tidak cocok dengan kondisi fisik atau isi daya yang sesungguhnya di baterai tersebut.

Cara melakukan kalibrasi baterai HP android

Ada beberapa cara melakukan kalibrasi baterai Ponsel, diantaranya dengan menggunakan sebuah aplikasi. Namun admin lebih suka melakukan pencocokan fungsi pembacaan prosentase daya baterai dengan menggunakan cara manual. Nah bagaimana caranya? simak tipsnya di bawah ini.

1. Silahkan gunakan Ponsel android anda sampai baterai benar-benar habis dan ponsel mati dengan sendirinya

2. Setelah Kehabisan daya dan HP mati sendiri, diamkan sejenak sampai kondisi ponsel dingin, jangan langsung dicharge.

3. Setelah kondisi ponsel dingin, lakukan pengisian daya baterai sampai full 100 Persen

4. Setelah itu nyalakan ponsel dan habiskan daya baterai lagi dengan menggunakannya secara terus menerus.

Baca:   Cara Memperbaiki Baterai Android yang Tidak Bisa Diisi

5. Saat baterai menunjukkan Low, biarkan sampai ponsel mati dengan sendirinya

6. Setelah Ponsel mati, biarkan sejenak sampai dingin dan lakukan pengecasan lagi

7. Lakukan berulang sampai 3 kali

Bilamana langkah diatas sudah anda lakukan dan ternyata pembacaan prosentase daya baterai di layar tetap saja ngawur alias tidak tepat, maka bisa dipastikan ada beberapa sebab yang mungkin terjadi diantaranya baterai memang sudah menurun fungsi kinerjanya (cell ada yang rusak), Sistem yang bermasalah atau bisa karena hardware (komponen) di smartphone yang sudah menurun performanya.

Bilamana baterai HP sudah dirasa lama masa pakainya, silahkan lakukan pergantian baterai supaya pembacaan status prosentase baterai di layar bisa presisi kembali. Begitu pula bila ternyata baterai masih baru dan ada masalah tidak tepatnya pembacaan monitor daya di layar maka bisa dengan terlebih dahulu melakukan reset sistem atau bahkan flashing ulang sebelum melangkah kepada sisi komponen yang bermasalah.

Baca:   Cara Mengatasi Ponsel tidak bisa di charge setelah Kecebur Air

Itulah tips mengenai cara melakukan kalibrasi baterai HP android yang bisa admin jabarkan kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.

Tags: