Apa itu Thumbnail di android dan Amankah dihapus?

Apa itu Thumbnail di android dan Amankah dihapus?. Mungkin banyak sekali para pengguna smartphone android maupun PC yang belum tahu apa itu File Thumbnail, apa fungsinya dan apa efeknya bila thumbnail itu dihapus dari perangkat HP atau PC. Untuk itu admin akan membahas secara singkat apa itu thumbnail dan bagaimana pula cara delete file thumbdata tersebut dari smartphone android.

Pengertian Thumbdata atau thumbnail

Thumbnail secara sederhana bisa diartikan sebagai gambar kecil, dimana fungsinya sebagai penampil file gambar utama ke layar supaya beban memori lebih ringan karena file thumbnail diproses sekecil mungkin namun masih bisa terlihat oleh pengguna yang mengaksesnya.

Agar lebih gampang mengetahui apa itu thumbnail, admin contohkan saja ketika kita sedang membuka menu Galeri, dimana dalam galeri tersebut ada beberapa folder dan isinya adalah file foto atau gambar dari hasil jepretan kamera maupun unduhan dari media lain.

Baca:   Cara Cek Versi iOS iPhone Apple semua tipe

Nah, saat anda membuka folder tersebut maka yang terlihat adalah jajaran gambar dengan bentuk petak-petak kecil, itulah yang disebut dengan thumbnail.

Lanjut, ketika kita melakukan klik pada salah satu file foto tersebut maka yang ditampakkan di layar adalah file sesungguhnya dari file yang ada. Oleh sebab itu, bilamana banyak sekali file gambar, foto atau video yang ada di memori ponsel dan anda mengakses dari galeri tanpa melakukan klik pada salah satu file tersebut maka kinerja smartphone tidak akan terganggu karena adanya file thumbdata yag sudah dipersiapkan atau tercipta di folder khusus tanpa kita sadari.

Namun ketika kita melihat satu persatu gambar atau foto tersebut maka kinerja prosesor dan RAM akan meningkat seiring besarnya file yang kita buka, semakin banyak yang kita buka semakin menambah beban kinerja hardware HP.

Apakah aman menghapus File Thumbnail?

pertanyaannya, apakah file thumbnail di HP android boleh dihapus dan apa dampaknya?, Jawabannya adalah Boleh. seperti yang sudah admin jelaskan diatas, bahwasanya file thumbdata tercipta sesaat ketika kita baru saja melakukan jepretan foto atau menyimpan file gambar di memori Ponsel, dimana fungsi file thumbnail itu nantinya untuk penampil gambar ketika user sedang mengakses folder di galeri foto.

Baca:   Cara Sembunyikan tanda Terakhir dilihat di whatsapp

Menghapus file thumbnail bisa dilakukan dengan aman dan juga akan membuat ruang penyimpanan sedikit lega walau padda akhirnya nanti akan tercipta file thumbdata yang baru ketika kita ingin melihat-lihat deretan foto dari folder galeri.

Walaupun file thumbnail ukurannya tidak besar karena memang hanya sebagai penampil dengan ukuran petak kecil namun bila file foto anda banyak bahkan sampai ribuan tentunya kalkulasi total file thumbnail juga semakin besar yang ada di memori HP.

Cara Hapus File Thumbnail di HP android

Di bawah ini ada tips tentang cara menghapus file thumbdata dari smartphone android yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk praktek kali ini admin menggunakan smartphone Samsung dengan OS Marshmallow, untuk tipe lainnya bisa menyesuaikan tata letak menunya tapi intinya sama saja.

1. Buka aplikasi explorer atau menu ‘folder saya’

Apa itu Thumbnail di android dan Amankah dihapus?

2. Kemudian buka memori ‘perangkat saya’ dan masuk ke folder DCIM

Baca:   Settingan Internet APN XL 3G dan 4G Tercepat 2018

3. Di folder tersebut ada folder bernama ‘.thumbnails’, silahkan buka dan centang semua file thumbnail foto yang ada di dalamnya.

cara hapus file thumbnail di android

Dengan tips cara diatas maka folder yang berisi kumpulan cuplikasi file gambar, fot atau video akan terhapus, tapi tenang saja nantinya file tersebut akan tercipta ulang seara otomatis ketika anda mengakses file foto dari galeri.

Itulah pengertian dan tips tentang file thumbnail beserta cara menghapusnya yang admin sajikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tags: