Apa itu Format HEVC di HP Samsung Galaxy dan Cara Mengaktifkannya

Pada beberapa smartphone Samsung Galaxy keluaran terbaru sudah dibekali fitur penghemat data, yakni fitur pengkompresi file rekaman Video yang dikenal sebagai HEVC atau High Efficiency Video Coding. Efeknya file akan diperkecil sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan memori ponsel.

Format HEVC Video samsung galaxy

Tidak hanya pada HP Samsung S9 dan S10 series saja, Galaxy kelas menengah seperti samsung A30 dan A50 juga sudah dibekali fitur HEVC (High Efficiency Video Coding) untuk memperkecil hasil rekaman video darpada mode standarnya.

Apa Pengertian HEVC Format Video itu ?

Format kompresi video yang banyak diadopsi TV beresolusi tinggi dan juga smartphone keluaran terbaru ini disebut juga dengan H.265 atau MPEG-H part 2.

HEVC video Format akan membuat ukuran file lebih kecil 20 sampai 50 persen Tanpa mengurangi kualitas gambar, baik itu resolusinya maupun kualitas suara.

Format video HEVC sudah dikenal lama pada tipe smartphone buatan Apple seperti iPhone 7 dan versi diatasnya. Dan saat ini sudah banyak vendor smartphone Android sudah membekali fitur gadgetnya dengan format ini.

Baca:   Kode Rahasia dibalik HP Samsung Galaxy J7

Lalu bagaimana cara menghemat kapasitas memori ketika kita sering merekam Video dari Kamera HP Samsung A50 atau A30 dengan fitur kompresi HEVC Video ?, Untuk mengetahui langkah-langkahnya, silahkan ikuti tipsnya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan HEVC Video di Samsung Galaxy A30 & 50

setting HEVC format di HP Samsung Galaxy
  1. Buka dulu Aplikasi kamera bawaan HP Samsung
  2. Kemudian pilih atau tekan tombol setting yang ikon-nya berupa roda gigi ada di deretan bagian atas
  3. Selanjutnya aktifkan fitur High Efficiency Video dan tutup kembali pengaturan kamera

Nantinya format yang dihasilkan HP Samsung Galaxy saat merekam video bukan lagi format bawaan seperti MP4, namun file sudah dikompresi menggunakan metode coding HEVC sehingga ukurannya akan lebih kecil dari normalnya.

Dan perlu diingat, bila kita membagikan file atau ingin memutar di perangkat atau smartphone lain, pastikan ponsel tersebut juga sudah kompatible dengan HEVC atau H.165 Format, bila tidak maka video hasil rekaman tidak akan bisa diputar.

Baca:   Memfungsikan Tombol Volume HP Samsung untuk Jepretan kamera

Itulah pengertian HEVC Format video dan juga cara mengaktifkannya di smartphone galaxy A30 serta A50. Cara ini juga dapat diaplikasikan ke HP Samsung tipe lain yang sudah menyertakan fitur ini.