Apa Beda PTP dan MTP di Android Untuk transfer via kabel USB?

Apa Beda PTP dan MTP di Android Untuk transfer via kabel USB? – Melakukan transfer File berupa gamber, music, video atau file dokumen bisa sangat mudah dilakukan antara perangkat Android dengan PC atau Laptop.

Dimana saat ini segalanya serba Plug and play, tinggal colok dan bisa langsung dijalankan tanpa install driver seperti layaknya ketika bekerja dengan perangkat komputer.

Terkadang melakukan transfer data dari HP android bisa dilakukan dengan mudah via kabel data USB tanpa melepas memori eksternal MicroSD.

Namun adakalanya pilihan yang tampil ketika kita menghubungkan kabel data dari android ke komputer akan muncul beberapa opsi pilihan yang harus digunakan, seperti opsi transfer via mode PTP maupun dalam mode MTP. lalu apa perbedaannya antara PTP dan MTP serta apa artinyanya?

Arti PTP dan MTP di Android

PTP merupakan singkatan dari Picture Transfer Protocol, dimana teknologi untuk berbagi file ini terbatas hanya pada penggunaan transfer file Gambar saja.

Baca:   Cara kalibrasi Touchscreen HP andoid yang kurang responsif

Kelebihan dari mode trensfer PTP di Android adalah bila anda ingin memindah data berupa gambar maka lebih optimal dan memang sambungan jaringan tipe ini dikhususkan untuk transfer file image dengan perangkat yang mensupport mode jaringan protokol PTP.

Kekurangan dari metode PTP di android adalah tidak bisa melakukan transfer file lain selain image saja, jadi file dokumen dan lainnya tidak akan disupport oleh metode PTP.

Sedangkan MTP merupakan singkatan dari Media Transfer Protocol, dimana metode sambungan antar perangkat ini bisa lebih fleksible dalam melakukan transfer data dengan berbagai foermat seperti Image, Video, dokumen serta file jenis lain.

Kelebihan dari MTP ini selain mensupport berbagai file, anda juga bisa memainkan music, melihat video atau membuka file dokumen tanpa memindah file terlebih dahulu ke komputer.

Begitu juga dengan mode sambungan data MTP anda bisa melihat isi folder dari drive memori internal dan eksternal Android di layar komputer dan bisa mengaksesnya dengan mudah.

Baca:   Cara Ganti tampilan Huruf OPPO F3 tanpa Root

Kekurangan dari MTP sendiri sebenarnya tidaklah mencolok, yaitu maksimal file yang dapat ditransfer sebesar 4GB sekali copy paste, namun bisa diakali dengan berulangkali melakukan prosesnya sebesar file yang anda kehendaki.

Cara transfer File android ke PC via kabel data

Sesudah mengetahui apa itu MTP dan PTP saatnya admin membahas cara melakukan transfer file dari HP android ke komputer menggunakan metode MTP via kabel data.

1. Siapkan kabel data, HP android dan juga Laptop / PC

2. Sambungkan kabel data USB dari android ke PC dan saat itu pula Komputer akan menemukan hardware baru dengan pendeteksian otomatis, dan di layar android akan muncul Opsi diantaranya :

cara transfer via kabel data di android ke PC

  • Mentransfer File Media
  • Transfer Gambar
  • Menyambungkan Perangkat MIDI
  • Mengisi Daya

Untuk beberapa versi android ada opsi lain yaitu Pasang kartu SD dan beberapa opsi lainnya tergantung type dan versinya. Namun kita hanya membutuhkan 1 opsi saja yaitu ‘mentransfer File Media’

Baca:   Apa itu Thumbnail di android dan Amankah dihapus?

3. Setalah memilih opsi transfer file media dengan metode MTP maka di layar Komputer bila anda lihat di My Computer akan tampak nama Ponsel anda dan drive yang ada didalamnya.

metode transfer MTP dan ptp

4. Bila di dalam HP android ada kartu eksternal seperti MicroSD maka akan tampak 2 drive yaitu memori internal dan memori MicroSD anda.

5. Untuk melakukan proses transfer atau copy paste mudah sekali sepeti halnya anda ingin meng-copy file antar folder, admin yakin pembaca semua bisa melakukan copy-paste file bukan?

Itulah tips transfer file android ke komputer melalui kabel data serta pengetian metode sambungan MTP serta PTP, semoga bermanfaat.

Tags: