5 Cara Mengatasi Notifikasi Pesan WhatsApp tidak Muncul di Layar

Saat ada pesan masuk dari teman atau grup di WhatsApp biasanya selalu muncul notifikasi di layar supaya penggunanya tidak telat untuk berbalas pesan. Namun apa jadinya bila peringatan tidak tampil dan apa pula penyebabnya ? Simak ulasannya berikut ini.

pesan masuk tidak tampil di layar notifikasi WA

Hampir semua tipe smartphone android dapat mengalami hilangnya notifikasi aplikasi sosial media seperti facebook, WhatsApp, Instagram dan selainnya. Dan setiap tingkat versi android seringkali memiliki fitur yang berbeda dalam menampilkan notifikasi.

Namun apapun tipe smartphone-nya, umumnya perigatan adanya pesan masuk di WhatsApp muncul pada bilah notifikasi. Terlepas itu penggunanya mengatur untuk menyembunyikan cuplikan pesan atau hanya ikon aplikasinya saja yang tampil di layar.

Untuk sobat semua yang mengalami notifikasi WA tidak tampil di layar, Baik itu adanya pesan masuk dari teman atau grup, Langsung saja simak langkah-langkah mengatasinya di bawah ini.

Cara mengatasi Pemberitahuan Pesan WA tidak Muncul

  • Muat ulang Sistem android

Cara pertama dan paling disarankan saat ada aplikasi android gagal berjalan dengan normal yaitu dengan memuat ulang sistem.

Baca:   Cara melihat dan Scan QR kode WhatsApp

Mematikan dan menyalakan ulang ponsel android bertujuan untuk menyegarkan sistem. Dimanaseiring waktu penggunaan, pemilik android tidak menyadari beberapa aplikasi bisa mengalami gagal proses. Sehingga beberapa fitur tidak bekerja normal, seperti pemberitahuan tidak muncul di layar, Aplikasi sering macet atau keluar sendiri, Menu yang tidak dapat diakses dan beberapa problem lainnya.

Oleh sebab itu, langkah pertama ketika mengalami peringatan pesan masuk WA tidak tampil di layar yaitu restart ulang ponsel.

  • Bersihkan cache WhatsApp

Cache berguna untuk mempercepat proses pemuatan perintah dan fungsi dari sebuah aplikasi. Namun seringkali file cache yang sudah tidak berguna banyak tertimbun di memori sehingga menghambat dan memperlambat kinerja smartphone.

Saat ini hampir semua tipe smartphone sudah memiliki aplikasi pembersih file sampah dan cache bawaan pabrikannya. Namun bagi sobat semua yang ingin menghapus secara manual cache file sangat mudah dilakukan.

Baca:   Cara Ganti Password dan SSID WiFi Hotspot Samsung

Cara menghapus cache aplikasi WhatsApp secara manual, Caranya masuk ke menu pengaturan, Kemudian pilih menu Aplikasi dan pilih WhatsApp. Kemudian masuk ke bagian penyimpanan dan pilih opsi Cache, Silahkan hapus file cache.

  • Setting Notifikasi dari Aplikasi WA

Tidak menutup kemungkinan pemilik akun WA dulunya pernah mengotak-atik menu setelan di aplikasinya dan lupa cara mengembalikannya, sehingga peringatan pesan masuk tidak lagi muncul di layar HP.

Untuk memastikan settingan apakah berubah atau tidak, silahkan simak caranya berikut ini:

menu setting notifikasi WA
  1. Jalankan Aplikasi WhatsApp, Lalu masuk ke menu (Letaknya di pojok kanan paling atas)
  2. Pilih opsi Setelan, Lanjut memilih menu Notifikasi
  3. Lihat apakah opsi “Gunakan notifikasi prioritas tinggi” sudah aktif atau belum, aktifkan.
  4. Tutup kembali menu setelan dan coba berkirim pesan ke teman apakah nanti notifikasi balasan muncul atau tidak.
  • Setting Notifikasi dari Menu pengaturan HP

Selain dari dalam aplikasi WhatsApp sendiri, Peringatan pesan masuk di layar ponsel bisa disetting melalui pengaturan sistem itu sendiri, caranya sebagai berikut:

Baca:   Cara Matikan Getar SMS masuk di HP Samsung
Mengaktifkan notifikasi pesan masuk WA
  1. Buka pengaturan Ponsel, Lalu masuk ke menu Aplikasi
  2. Pilih Aplikasi WhatsApp dan masuk ke bagian “Notifikasi
  3. Pastikan settingan Notifikasi sudah aktif dan tutup kembali menu pengaturan

Dalam beberapa tipe smartphone terkadang langsung ada menu untuk settingan notifikasi, Jadi anda tinggal memastikan apakah pengaturannya sudah benar aktif atau belum.

  • Install ulang aplikasi

Bila beberapa langkah diatas tidak menyelesaiakan masalah, maka lakukan pemasangan ulang aplikasi. Copot dan install ulang aplikasi WA melalui play store dan lakukan verifikasi nomor ponsel ulang seperti biasanya.

Admin sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu pada aplikasi supaya semua pesan tidak hilang dan dapat dikembalikan sesudah memasang ulang WhatsApp.

Itulah beberapa cara yang bisa sobat praktekkan untuk mengatasi Notifikasi Pesan WhatsApp yang tidak dapat tampil di layar, semoga bermanfaat.

pesan masuk tidak tampil di layar notifikasi WA
Next Post

No more post

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *