Saturday, December 2, 2017

Cara Ganti Password dan SSID WiFi Hotspot Samsung versi Marshmallow


KangEducation.com - Cara ganti Kata sandi dan SSID Hotspot WiFi HP Samsung Android versi Marshmallow. Fitur access point di smartphone semakin mempermudah penggunannya untuk berbagi koneksi internet ke ponsel lain. Kita bisa sharing koneksi internet dengan udah sampai maksimal 10 perangkat ponsel maupun laptop tanpa perlu router WiFi. Walaupun dalam hal jumlah client yang terhubung memang dibatasi hanya maksimal 10 pengguna saja tapi adanya fitur Hotspot di Android sangat membantu menyediakan koneksi internet tanpa membeli perangkat lain seperti router, kabel LAN, antena WiFi dan lain sebagainya.

Cara Ganti Password dan SSID WiFi Hotspot Samsung versi Marshmallow

Kekuatan dan kecepatan koneksi data internet di Hotspot android juga tergantung dari Sinyal yang diperoleh, Tipe jaringan yang ada di ponsel seperti 3G atau 4G dan juga kualitas hardware yang ada di ponsel tersebut.

Jadi anda pemilik HP samsung dengan kualitas jaringan 3G kemudian ingin berbagi ke 5 orang teman yang saat itu sedang kehabisan kuota data Internet, bisa jadi keccepatan koneksi data yang diperoleh pada masing-masing client bisa semakin menurun. Lain lagi Ponsel mempunyai kualitas jaringan 4G tentunya kecepatannya lebih tinggi dan bisa mengcover beberapa client tanpa terkendala turunnya speed jaringan data.

Cara mengganti password dan SSID Hotsopt Samsung Galaxy


Kembali pada topik kita diatas yaitu bagaimana melakukan pengubahan Nama dan password Hotspot pada HP Samsung Galaxy, Yang mana nantinya admin khusus menjabarkan tips bagi pengguna Samsung android dengan versi Marshmallow seperti Galaxy J2 Prime, J5, J7, varian galaxy S dan lain sebagainya. Tentunya tips ini juga bisa dilakukan pada versi android samsung yang lain dengan tampilan menu yang sedikit berbeda namun intinya sama saja.

Sebelum beranjak ke tutorial, sebaiknya perlu diketahui dahulu apa itu SSID. Service Set Identifier (SSID) merupakan nama yang disematkan pada sebuah access point untuk mempermudah identifikasi penamaan di dalam suatu jaringan.

Bila anda sering terkoneksi di berbagai jaringan hotspot, ketika melakukan scan jaringan akan terlihat daftar Nama penyedia WiFi yang tampak dilayar, Nah nama yang tampil itulah SSID jaringan sebagai identifikasi yang mempermudah pengguna lain untuk terhubung ke dalamnya.

Untuk keamanan jaringan Hotspot, umumnya pemilik HP android atau penyedia layanan akan menggunakan password dengan panjang minimum 8 digit. Walau anda nantinya bisa melakukan setingan open access namun tidak disarankan, karena dengan menyediakan htsopt tanpa password sebagai proteksi jaringan tentunya akan mempermudah orang lain untuk masuk dan menikmati koneksi internet dari perangkat anda seccara cuma-cuma dan akhirnya pengguna lain yang akan terkena dampaknya seperti kecepatan menurun dan kuota data si pemilik hotsopt juga akan cepat tersedot habis.

Di bawah ini admin sajikan tips singkat bagaimana merubah sandi dan nama Htsopt di HP samsung Galaxy, Untuk contoh screenshotnya admin menggunakan android Samsung J2 Prime dengan versi marshmallow didalamnya. Untuk versi lainnya bisa menyesuaikan tata letak menu dan pengaturan Hotspot yang tidak jauh berbeda, yuk disimak.

1. Masuk ke menu perangkat di Samsung Galaxy, kemudian masuk ke opsi 'Koneksi'

ubah nama htspoot dan sandi di android samsung

2. Masuk ke opsi 'Hotspot selular dan penambatan' > Hotspot Selular

3. Klik pada posisi SSID atau nama jaringannya, kemudian ubah sesuai keinginan kemudian tekan tombol simpan

4. Di bawahnya masukkan kata sandi yang anda inginkan minimal 8 digit angka atau numerik, ingat ! kata sandi merupakan case sensitif yang huruf besar maupun kecil akan berbeda, begitu pula spasi juga masuk ke dalam kata sandi.

5. Setelah melakukan settingan tersebut, coba scan hotspot HP Samsung anda menggunakan perangkat lain seperti Ponsel atau Laptop, bila nama SSID sudah tampak coba masuk ke dalam jaringan dan masukkan kata sandi yang sudah dibuat. Bila berhasil terhubung maka pengaturan yang anda lakukan sudah sukses, selamat!

Itulah tips singkat bagaimana cara mengatur dan mengubah nama hotspot dan password WiFi di HP Samsung Galaxy, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon