Sunday, November 26, 2017

Solusi Bila HP Android Baterai Tanam tercebur Air


KangEducation.com - Cara tepat mengatasi HP Android dengan baterai Tanam kecemplung Air. Tidak hanya di musim hujan saja HP android sering jadi korban, saat mengantongi HP di saku bajupun Ponsel bisa terjatuh ke penampungan air bila tidak waspada. Banyaknya kasus smartphone mati total dan gagal loading disebabkan penanganan yang salah setelah HP kecebur air, main dinyalakan saja dan tanpa sadar komponen didalamnya terjadi konsleting karena bersinggungan dengan air.

Solusi Bila HP Android Baterai Tanam tercebur Air

Banyaknya kasus tidak sabaran menyalakan ulang smartphone yang kemasukan air tentu beralasan, bisa karena ada bisnis penting, inbox yang harus segera dibalas dan kekhawatiran kehilangan data didalamnya bila ponsel rusak.

Oleh sebab itu, perlunya pengetahuan tentang bagaimana mengatasi ponsel yang baru saja kecebur air, apalagi jenis baterai dari smartphone bertipe Non Removable alias baterai Tanam.

Tidak seperti HP dengan baterai Removable, baterai yang bisa dilepas pasang dengan mudah, Ponsel dengan tipe baterai tanam terpasang menyatu dan ditutup agar aman serta tidak mudah lepas.

Tips Atasi HP Android baterai Non-removable kecebur Air


Langsung saja admin akan membahas cara tepat ketika Ponsel dengan baterai tanam baru saja kemasukan air supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah silahkan simak solusinya di bawah ini.

1. segera mungkin matikan ponsel, lakukan secepat mungkin tanpa menunggu ponsel anda lap dengan kain karena siapa tahu air sudah merembes dan masuk ke dalam komponen.

2. Sesudah mematikan HP jangan pernah mencoba dulu menyalakannya walau bodi luar sudah terlihat kering. coba buka cassing belakang, dikarenakan baterai jenisnya non removable dan andda tidak bisa melepasnya secara manual dan tidak mempunyai pengetahuan bongkar pasang maka solusinya segera keringkan dengan menggunakan hair dyer.

Bilamana anda tidak mempunyai hair driyer, bisa dnegan menjemurnya di terik matahari dengan posisi layar menghadap kebawah supaya air bisa menguap melalui lobang-lobang yang ada di bagian belakang ponsel.

3. Jika sudah dirasa cukup memanaskan ponsel supaya air menguap, sekarang cobalah mengibas-kibaskan ponsel dengan satu arah sudut saja yang ada lobangnya. misal mengibas ponsel dengan posisi lobang charger menghadap kebawah sehingga bila nantinya ada air yang masih tersisa akan terkumpul ke satu titik.

4. Sekarang cek apakah bagian layar ada embunnya, bila iya silahkan panaskan kembali dan angin-anginkan agar air segera menguap dan hilang. lakukan berulangkali sampai dirasa benar-benar dirasa kering.

5. Nah, langkah berikutnya adalah melakukan uji coba menyalakan ponsel, bilamana smartphone berhasil menyala jangan senang dahulu, segera setelah itu matikan dulu kemudian lakukan test pengisian daya.

6. Setelah test charging ternyata sudah berhasil terdeteksi dilayar, coba biarkan dahulu sampai beberapa menit agar panas dari hasil pengisian daya ke baterai bisa ikut menguapkan air di dalam ponsel.

7. Bila langkah diatas sudah anda lalui, silahkan menyalakan ulang smartphone anda.

Catatan : Bilamana ketika dalam proses menyalakan ulang tidak berhasil namun dalam proses pengisian daya terlihat masuk maka ada kemungkinan terjadi konsleting di bagian tombol power maupun di bagian komponen dalam. Langkah yang tepat yaitu membawanya ke service center terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Itulah tips singkat tentang solusi tepat mengatasi ponsel android dengan tipe baterai Non Removable yang terkena air, semoga bermanfaat untuk pembaca KangEducation.com


Emoticon Emoticon