Thursday, November 23, 2017

Cara Backup data Chatting WhatsApp ke Google Drive


KangEducation.com - Tips pencadangan data chat WA ke Google Drive. Melakukan backup data memang menjadi alternatif bila suatu waktu ada masalah dengan data asli suatu aplikasi. Tidak terkecuali di WA (WhatsApp), ketika banyak kotak masuk atau Inbox yang berisi pesan-pesan Penting terhapus tentunya kita tidak akan bisa melihat lagi histori pesan, kecuali bila kita mempunyai cadangan data sebelumnya yang sudah dipersiapkan secara otomatis.

Begitupun juga biasanya banyak pengguna android yang enggan melakukan backup data chatting WA dengan berbagai alasan yang salah satunya merasa aplikasinya tidak pernah bermasalah, tidak tahu caranya atau memang tidak tahu kalau ada fitur WhatsApp yang digunakan untuk backup data chattingan.

Seperti diketahui bahwa aplikasi WhatsApp memiliki fitur pencadangan histori chat yang tersimpan di cloud server google drive, dimana secara default pencadangan data inbox WA belum diaktifkan dan menunggu penggunanya untuk menautkan akun google miliknya sebagai akses masuk ke pencadangan data google drive.

Cara Backup Otomatis Chat WA ke Google drive


Langsung saja kita ke topik utama, di bawah ini admin akan memberikan tips mudah cara setting pencadangan data histori chatting whatsApp ke akun google drive, silahkan disimak.

1. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke opsi menu, letak opsi menu ada di pijok kanan atas tampilan WA.

melakukan backup chating whatsapp

2. Kemudian masuk ke opsi 'setelan', lalu masuk ke opsi 'chatting' > Cadangan chat

proses pencadangan data chat wa

3. Nah, di halaman yang terbuka, klik pada opsi 'akun', nantinya akan terbuka halaman popup yang menampilkan akun google anda, silahkan dipilih salah satunya, atau bila anda ingin memakai akun lain silahkan klik ke opsi 'tambahkan akun'

proses backup data wa

4. Setelah proses pemilihan akun, sekarang lakukan setting penjadwalan otomatis pencadangan, silahkan klik ke opsi 'cadangkan ke google' dan di tampilan terbuka silahkan pilih durasi penjadwalan yang anda inginkan.

5. Kemudian ada opsi lagi yang bisa anda setting yaitu opsi melakukan backup dari jaringan data WiFi atau memilih WiFi dan Selular dengan menekan opsi 'cadangkan melalui'

Nah, itulah tips mudah cara melakukan backup data chatting WhatsApp yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon