Sunday, September 17, 2017

Tips mengatasi Error fingerprint Xiaomi


KangEducation.com - Cara mengatasi sensor sidik jari Xiaomi tidak fungsi atau Error. Saat ini sudah banyak vendor smartphone yang menawarkan teknologi tinggi terhadap fitur keamanan di perangkat smartphone yang salah satunya disematkannya fasilitas pemindai sidik jari alias fingerprint.

Tips mengatasi Error fingerprint Xiaomi

Selain lebih memudahkan para pengguna smartphone dan keamanan semakin terjamin dengan adanya sensor sidik jari, tentunya pengguna gadget akan semakin dipermudah untuk melakukan akses terhadap sistem hanya berbekal jari yang ditempel di permukaan sensor fingerprint tanpa takut ada yang membobol gadgetnya karena memang sidik jari merupakan nilai unik yang tidak akan sama satu orang dengan yang lainnya.

Contoh produk Xiaomi yang memiliki fitur fingerprint yaitu Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi 4, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Mi5, Xiaomi Redmi Pro dan tipe lainnya. Ponsel tipe Redmi Note 3 tergolong lebih murah dari sisi harga dibanding dengan smartphone android sekelasnya yang juga telah menanamkan fitur pemindai sidik jari yang sama. Tentunya tidak mengherankan kalau tipe xiaomi redmi Note 3 laris manis di pasaran Indonesia karena harga yang murah dengan fitur keamanan yang terbilang komplit

Baca Juga

Mengatasi Masalah Fingerprint XIAOMI

Bagi anda pengguna smartphone Xiaomi yang sudah mempunyai fitur fingerprint dan sudah memanfaatkannya namun terjadi error seperti sidik jari tidak bisa terdeteksi padahal kondisi jari bersih, sensor selalu tidak merespon ketika jari tertempel di alat pemindai dan problem lain seputar sensor fingerprint, Hal tersebut bisa disebabkan salah satunya karena ROM MIUI yang terpasang di Xiaomi bukan versi stable sehingga perlu untuk dilakukan update ROM. Untuk penjelasan lebih lanjut mengatasi problem fingerprint Xiaomi silahkan simak tips mengatasinya berikut ini.

1. RESET Ulang Sistem Xiaomi

reset ulang HP xiaomi karena fingerprint error

Sebelum melakukan reset terhadap sistem di Xiaomi sebaiknya backup dahulu data anda yang penting yang nantinya bisa direstore ketika sudah berhasil mereset sistem.

Pastikan juga perangkat sensor sidik jari tidak kotor yang mengakibatkan tidak terdeteksinya sidik jari anda.

Setelah memang sudah yakin sistem yang bermasalah, silahkan lakukan reset terhadap perangkat Xiaomi anda, caranya :


  • Silahkan masuk ke menu setting > Backup & Reset
  • Nah, pada halaman reset ini pastikan pilihan backup sudah tercentang agar nantinya data bisa dikembalikan
  • Langkah selanjutnya pilih dan tap opsi factory Data Reset > Reset Phone
  • Tunggu sampai proses reset berhasil dengan disertai ponsel reboot dengan sendirinya.

2. Update Versi MIUI

Update Versi MIUI

Banyak kejadian problem fingerprint di Xiaomi disebabkan ROM MIUI yang corrupt filenya atau bahkan bukan versi yang stabil. Untuk itu coba lakukan pembaruan versi MIUI dengan yang terbaru. Anda bisa melakukan dengan mudah melalui menu Updater dan tekan tombol 'check for update'. Bila tidak ada update terbaru anda bisa melakukannya secara manual sebagai berikut:


  • Download Globar ROM yang sesuai dengan tipe HP xiaomi anda di >> Global ROM Xiaomi
  • Hasil download file tersebut simpan di memori internal xiaomi lalu rename atau ganti namanya menjadi update.zip
  • Langkah selanjutnya bukalah aplikasi Updater dan tap ikon menu ( ikon titik tiga) pojok kanan atas lalu pilih opsi 'chose update package'
  • arahkan ke file yang telah anda download tadinya dan silahkan tunggu proses pembaruannya.

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi flashing seperti SP Flash tools bisa memanfaatkannya untuk melakukan update firmware atau bahkan melakukan flashing ulang firmware agar sistem kembali fresh.

Note : Mencoba melakukan flashing atau update ROM MIUI Xiaomi melalui software di PC tidak direkomendasikan untuk yang hanya coba-coba karena bila terjadi kesalahan bisa menyebabkan ponsel matot (mati total).

Semoga tips ddari admin tentang cara mengatasi problem fingerprint Xiaomi yang bermasalah bisa bermanfaat untuk pembaca KangEducation, terima kasih


Emoticon Emoticon