Wednesday, September 13, 2017

Cara mengatasi BBM tidak terhubung padahal sinyal bagus


Trik mengatasi tanda menyambungkan di BBM agar terhubung - Kali ini admin Kangeducation akan membahas tentang permasalahan yang kerap dialami oleh pengguna aplikasi buatan blackberry yaitu BBM. Dimana banyak pengguna aplikasi messenger ini mengeluhkan tidak segera terhubung ke serer BBM dengan ditandai tulisan 'menyambungkan' di layar notifikasi Android. Nah, sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana agar tanda Terhubung di layar cepat muncul ?

mengatasi bbm terus menyambungkan

Sebelum admin masuk ke topik utama permasalahan BBM diatas, perlu diketahui dahulu bagaimana sistem kerja BBM yang ada di smartphone android.

Secara sederhana kinerja aplikasi BBM yaitu ketika anda pertama kali melakukan instalasi dan menjalankan BBM dan berhasil masuk dengan akun yang sudah terdaftar maka secara otomatis aplikasi akan melakukan sinkron data dengan server pusat data BBM.

Ketika melakukan hubungan data tersebut ada yang namanya proses Upload dengan memanfaatkan koneksi internet dari ponsel.

Setelah aplikasi berhasil menghubungi server BBM maka kembali BBM akan melakukan serangkaian pemeriksaan autentifikasi data terkait akun dan setelah valid nantinya akan memberi akses data terhadap server dan akun pengguna yang ditandai dengan adanya tanda 'terhubung' di layar ponsel.
Ketika proses pengiriman data dari server BBM ke ponsel itulah ada proses download data dari smartphone dan bila berhasil maka secara realtime akan dilakukan sinkron data secara terus menerus.

Nah, ketika tanda terhubung di layar android anda masih berupa tanda menyambungkan tentunya ada beberapa sebab yang bisa terjadi, bisa karena sinyal dan transfer rate data internet yang buruk dari proses upload maupun kecepatan downloadnya, Bisa karena kesalahan berjalannya aplikasi, atau karena ada sistem yang bermasalah di smartphone penggunanya.

Cara mengatasi BBM terus Menyambungkan

1. Pastikan sudah melakukan update aplikasi BBM dengan terbaru setelah itu Coba lakukan restart atau reboot ulang ponsel anda. Melakukan muat ulang sistem akan membuat keseluruhan kinerja sistem yang tadinya ada crash atau kesalahan bisa kembali normal.

2. Bila setelah reboot, menyalakan sambungan internet dan menjalankan aplikasi BBM ternyata tanda di layar terus menyambungkan, cobalah dahulu apakah BBM sudah bisa untuk melakukan kirim pesan atau melihat umpan, bila belum lanjut ke tips nomor 3.

tanda terhubung terus menyambungkan di BBM

Catatan : Tanda 'menyambungkan' di aplikasi BBM tidak bisa dikatakan aplikasi tidak terhubung di Server BBM, karena pada kebanyakan kasus juga walaupun tanda di layar notifikasi masih posisi 'menyambungkan' namun bisa digunakan untuk berkirim pesan dan juga aktifitas BBM yang lain.

Namun bila memang kasusnya tanda menyambungkan di layar aplikasi benar-benar tidak terhubung ke server BBM walau koneksi internet lancar maka lanjut ke tips di bawah ini.

3. Bersihkan cache yang ada di aplikasi atau langsung bisa dengan melakukan hapus data di aplikasi, caranya masuk ke pengaturan telepon kemudian masuk ke menu Aplikasi, silahkan pilih BBM dan di tampilan yang terbuka klik tombol hapus data.

Dengan menghapus data maka nantinya ketika anda membuka kembali aplikasi BBM akan kembali disuruh login ulang, silahkan coba lakukan login dan lihat efeknya.

4. Bila ternyata setelah melakukan tahapan nomor 1 sampai 3 diatas tetap saja BBM tidak juga bisa digunakan dan terus menyambungkan silahkan lakukan uninstall alias mencopot aplikasi dan mengunduh serta menginstall kembali.

5. Namun bila tidak juga mengatasi masalah dan semua aplikasi lain seperti whatsapp, browser, youtube dan semua yang menggunakan koneksi internet masih bisa dijalankan namun hanya BBM saja yang error maka lakukan downgrade versi aplikasi.

Menurunkan versi aplikasi merupakan solusi terakhir ketika versi terbaru yang anda punya. Untuk mengunduh versi lama memang tidak ada di play store, jadi file APK BBM versi sebelumnya bisa diunduh via situs-situs penyedia alikasi android lain ( silahkan googling banyak kok..hehe)

Dengan melakukan beberapa tahap problem solving diatas niscaya aplikasi BBM yang terus menunjukkan tanda menyambungkan akan bisa diatasi dan bisa dipakai kembali secara normal.


Emoticon Emoticon