Saturday, August 12, 2017

Cara membuat dan Ubah Sandi Hotspot WiFi Android



Tips membuat dan mengubah Password Hotspot WiFi smartphone Android - Perangkat Android memang menjadi Gadget serba bisa yang hampir seluruh fungsi dari perangkat Komputer sudah diambil alih oleh sistem Milik Google ini. Mulai Fungsi sebagai modem, Router WiFi, Printing Wireless, Syncroning data antar perangkat dan lain sebagainya menjadikan gadget yang cukup digenggam dengan tangan ini bisa melakukan layaknya perangkat PC.

Cara membuat dan Ubah Sandi Hotspot WiFi Android

Bicara mengenai Wireless Hotspot tentunya ada beberapa kriteria yang biasa dipakai yaitu adanya Pemancar atau yang biasa disebut sebagai access point dan juga penerima yang dalam hal ini si client dari pengguna hotspot yang terhubung.

Di smartphone android sendiri telah dilengkapi dengan Hotspot portable seperti MiFi (Mobile WiFi) yang sekarang ini sedang marak.

Berbeda dengan perangkat MiFi, fungsi hotspot di Smartphone android lebih simple dan menyatu dengan fitur ponsel lainnya sekaligus dengan user interface yang bagus dan mudah digunakan oleh penggunanya.

Kalau di MiFi lain lagi, Mobile WiFi umumnya hanya berfungsi sebatas sebagai access Point dan di beberapa tipe tertentu mempunyai kelebihan sebagai repeater. Namun kekurangan Mifi yaitu User Interface-nya terlalu sederhana yang terkadang pemilik yang awam terhadap MiFi kesulitan dalam melakukan penyettingan.

Memang dalam pengaplikasiannya MiFi dan Hotspot Portable Android tidak jauh beda yaitu sebagai access Point yang bisa digunakan untuk membagi koneksi data internet ke beberapa pengguna sekaligus.

Untuk anda pemilik smartphone android yang ingin membagi data internet kepada teman atau saudara yang ingin numpang koneksi karena kehabisan kuota data Internet maka ponsel anda bisa digunakan sebagai access point

Dengan menggunakan Android sebagai hotspot portable memungkinkan perangkat smartphone lain maupun PC yang memiliki fitur WiFi bisa dengan mudah menumpang koneksi data ke ponsel milik anda.

Cara Ubah Password Hotspot WiFi HP Android


Bagi anda yang bingung cara membuat hotspot, membuat kata sandi maupun sudah pernah mengaktifkannya namun ingin mengubah password WiFi namun bingung melakukannya silahkan simak tipsnya di bawah ini.

1. Silahkan masuk ke menu settingan (pengaturan) kemudian langsung menuju ke opsi Nirkable & jaringan, Kalu tidak ada kata tersebut karena beda versi android intinya ada menu yang serupa kata dan maksudnya

2. Masuk ke opsi lainnya (other), lalu pilih opsi Menambatkan dan hotspot portable (pilih kata yang serupa bila di pponsel anda tidak ada)

cara buat dan ubah password wifi hotspot android

3. Setelah halaman hotspot terbuka silahkan geser slider untuk mengaktifkan Hotspot Wi-Fi

4. Lagkah selanjutnya, sentuh tulisan Hotspot Wi-Fi untuk memulai melakukan settingan selanjutnya

pengaturan sandi wifi android

5. Pada halaman yang terbuka, silahkan ganti SSID jaringan dnegan nama hotspot yang anda inginkan, kalau tidak ingin menggantinya biarkan saja.

6. Lanjut ke Opsi keamanan, silahkan pilih opsi keamanan 'WPA2 PSK' lalu buat kata sandi menurut selera anda, ingat! password termasuk case sensitif yang berarti huruf besar dan kecil tidak sama dan spasi juga termasuk password lho..

7. Bila ingin membatasi maksimal client yang diperbolehkan terhubung ke hotspot HP anda silahkan isi di kolom 'Sambungan maksimum' berapa client yang anda perbolehkan masuk.

8. Setelah melakukan settingan tersebut klik saja tombol 'Simpan' dan silahkan teman anda suruh mencoba melakukan scanning dan masuk ke jaringan WiFi yang sudah anda buat tadi.

Semoga tips tentang cara membuat dan mengubah password Hotspot Wi-Fi portable android diatas bermanfaat untuk pembaca Kangeducation semua.


Emoticon Emoticon