Thursday, August 31, 2017

Cara cari Driver Laptop IdeaPad S310-11iAP


Laptop buatan Lenovo IdeaPad S310 memang menjadi produk murah dengan kualitas bagus, dimana Laptop Lenovo berukuran layar 12 inch ini sudah dibekali prosesor Intel celeron Quad-core dan didukung oleh RAM 2GB. Disini admin akan membahas tentang bagaimana mencari Driver untuk perangkat senilai 3 jutaan Rupiah ini khusus bagi pemilik laptop S310 yang kebingungan mencari driver yang cocok setelah melakukan instalasi sistem Windows didalamnya.

Cara cari Driver Laptop IdeaPad S310-11iAP

Sebagaimana diketahui bahwa Laptop Lenovo S310-11iAP merupakan produk terbaru lenovo murah dengan desain yang tipis serta dukungan suara Dolby stereo yang enak didengar.

Namun bagi anda yang suka otak-atik sistem operasi Windows atau memang kerjaannya menjadi tukang service Komputer pastinya akan kebingungan ketika setelah melakukan instalasi windows di laptop s310 ini tidak juga mendapatkan driver yang cocok untuk dipasang diperangkat tersebut.

Dari pengalaman admin sendiri, bahwa IdeaPad Lenovo S310 ini hanya menyarankan penggunanya untuk menanam sistem operasi Windows 10 64-bit didalamnya, selain sistem tersebut atau OS versi dibawahnya tentu akan kesulitan untuk memperoleh driver yang cocok untuk berbagai perangkat yang ada.

Pengalaman admin ketika ingin menginstall Windows 7, windows 8 bahkan windows 10 yang 32-bit sekalipun ternyata driver dari mana saja tidak support dengan yang ada di ideapad S310 ini.

Bila anda belum terlanjur melakukan instalasi OS di laptop Lenovo ideapad seri S310-iAP ini jangan sampai ingin mengisntall dengan windows 7, pastinya dari proses pertama booting dan ingin masuk ke instalasi OS tidak akan bisa karena driver peripheral yang diperlukan tidak terdeteksi dan tidak bisa digunakan di laptop ideapad ini.

Admin juga mencoba melakukan instalasi dengan menggunakan windows 8 di S310 dan berharap bisa digunakan dengan mudah, namun kenyataannya lain lagi, setelah instalasi Windows 8 selesai ternyata segala driver yang admin unduh di berbagai situs bahkan di website resmi lenovo sendiri juga tidak bisa digunakan sama sekali.

Lanjut lagi admin juga melakukan uji coba menggunakan windows 10 32-bit ternyata hasilnya sama saja, semua driver seperti untuk WLAN, Driver VGA, Soundcard, Chipset dan lainnya juga mental dan tidak bisa digunakan.

instalasi windows 10 x64 di s310 ideapad

Lalu apa yang admin lakukan?, ternyata hanya dengan menginstall windows 10 64-bit semua kendala tersebut bisa diatasi.

Hal yang paling mencolok ketika melakukan instalasi windows 8 atau 10 yang versi 32 bit di lenovo ideapad S310 adalah mouse touchpad di laptop tidak bisa berfungsi, dan juga untuk setelan brightness dan tombol fungsi lainnya di laptop lenovo ideapad juga tidak bisa difungsikan secara normal.

Nah, bagi anda pemilik Laptop ideapad lenovo tipe S130 memang harus menggunakan windows 64-bit karena memang semua perangkat yang ada di komputer ini hanya mendukung driver dengan arsitektur 64x.

Download Driver IdeaPad S310-iAP

Untuk bisa mengaktifkan semua perangkat seperti Bluetooth, Wireless, LAN, VGA, Sound card dan lain sebagainya di lenovo ideapad S310 tentu anda harus memiliki driver yang diperlukan.

Lebih baik carilah driver di situs resmi Lenovo untuk perangkat ideapad, dan bagi anda yang ingin langsung menuju ke situs download driver Lenovo silahkan ikuti tautannya >> Driver Laptop S310-iAP

Dengan mengunduh driver laptop langsung dari vendor pembuatnya akan lebih aman daripada mendownload dari situs penyedia driver yang belum tentu terbukti keamanannya dari sisi software yang disuguhkan.

letak tombol menu booting di ideapad s310

O iya admin hampir lupa, Bila anda ingin merasa kesulitan mencari tombol untuk masuk ke mode Booting via USB flasdisk bila ingin melakukan instalasi OS di Lenovo ideapad ini, silahkan cari tombolnya di sebelah tombol power, disitu ada lobang kecil, silahkan tusuk menggunakan jarum kecil untuk beberapa detik agar bisa memilih opsi mode booting yang diinginkan.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk pemilik laptop ideapad S310 yang masih kebingungan mencari drivernya, semoga berhasil.


Emoticon Emoticon