Thursday, July 6, 2017

Efek Main game sambil Charge Baterai di Smartphone



Bermain game di smartphone android memang mengasyikkan karena ribuan jenis game sudah tersedia dan selalu meggoda untuk dimainkan. Aplikasi game memang dikenal boros akan asupan daya baterai dan akhirnya banyak pemain yang selalu menancapkan alat charger karena takut kehabisan daya baterai di tengah-tengah permainan yang sedang asik-asiknya.

efek baterai ketika di ces sambil main game

Banyak juga diantara pemilik smartphone yang tidak mengetahui efek buruk yang bisa terjadi pada ponsel ketika melakukan charge sambil dipakai bermain game. Mau tahu apa efek yang terjadi terhadap ponsel kala sering memainkan aplikasi game sambil mengisi daya baterai?, simak jawabannya di bawah ini.

1. Baterai Melembung
Kebanyakan akibat seringnya bermain game di android atau tipe smartphone lainnya dengan diberengi melakukan charging baterai. Baterai melembung diakibatkan kerusakan sel-sel dalam baterai yang disebabkan pemakaian arus yang tidak stabil untuk input dan outputnya.

Ketika anda melakukan charging maka ada arus masuk (input) yang mengisi sel baterai, namun ketika proses pengisian diberengi dengan keluarnya arus karena digunakan bermain game tentunya nilai arus yang masuk dengan yang keluar tidak seimbang dan memaksa sel-sel baterai bekerja ekstra kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan daya saat bermain game dan juga menampung arus masuk dari charger.

Dengan tidak seimbangnya arus yang keluar masuk itulah lama kelamaan cell dalam baterai akan kehilangan performanya dan tanda kerusakan baterai akan mulai tampak dengan melengkungnya plat cell baterai jadi terlihat melembung di fisiknya.

2. Prosesor, RAM, GPU Bermasalah
Ketika sering digunakan untuk bermain game sambil mengisi daya beterai, lama kelamaan kinerja komponen utama smartphone seperti RAM, Prosesor maupun pengolah grafis (GPU) akan mengalami masalah. Mengapa demikian?

Ketika anda terus terusan bermain game, tentunya waktu nyala ponsel semakin lama dan komponen tersebut akan mengalami panas berlebih karena bekerja secara terus menerus yang akhirnya akan bermasalah seperti gagal sistem atau bahkan rusak.

3. Sistem bermasalah
Seperti halnya efek yang nomor 2 diatas, karena kinerja hardware yang terus menerus dan pemakaian arus dari baterai yang sedang dicharge bisa terjadi kegagalan kinerja sistem pada smartphone, hal tersebut dutandai misalnya dengan game yang tiba-tiba macet, game keluar dengan sendirinya, atau bahkan ponsel melakukan restart ulang tanpa disadari

Nah, karena efek bermain game di smartphone bisa memperburuk kinerja sistem dan juga membuat baterai melembung dan ccepat rusak maka lakukan pengisian daya sampai benar-benar full kemudian cabut dan mainkan game. Jangan melakukan charging sambil main game kecuali hanya dalam keadaan terpaksa dan tidak terlalu sering.

Silahkan tinggalkan Komentar dengan sopan
Jauhi kata berbau SARA dan jangan tinggalkan Link Hidup
Terima kasih....
Emoticon Emoticon