Saturday, July 29, 2017

Cara Video Call WhatsApp dan Line agar gambar tidak Terputus-putus



Cara Video Call WhatsApp dan Line tidak Tersendat
Banyak sekali para pengguna aplikasi WhatsApp (WA) dan Line yang mengeluhkan ketika melakukan video Call gambarnya tersendat-sendat bahkan banyak Lag yang timbul. Disini admin akan memberikan tips bagaimana caranya agar proses panggilan video dari Line dan WA bisa lancar tanpa tersendat-sendat.

Dalam pengaplikasiannya semua sambungan yang membutuhkan data Internet akan ada dua alur yang dilalui yaitu adanya proses Upload dan proses download. Begitu pula di aplikasi Line maupun whatsApp, ketika anda melakukan panggilan, baik itu panggilan suara maupun dengan metode video call akan ada yang namanya proses Upload serta download.

Secara sederhana bisa saya gambarkan sebagai berikut, Ketika ada panggilan WA atau Line masuk ke ponsel maka ada dua proses yang terjadi yaitu smartphone akan melakukan yang namanya download data, apa yang didownload? yang terdownload adalah suara dan juga gambar dari si pemanggil. Kemudian ada proses Upload dimana gambar dan suara yang anda hasilkan dari akan diunggah ke server aplikasi dan diteruskan ke si pemanggil.

Proses Upload dan download di aplikasi Whatsapp dan Line ketika memanggil dan menerima panggilan memerlukan koneksi data yang harus stabil secara terus menerus. Proses Upload dan download terjadi secara terus menerus selama proses panggilan berlangsung dengan kecepatan sepersekian detik, sangat cepat sekali.

Proses menerima dan memanggil tersebut juga akan bergantung dari kedua kualitas perangkat yang terhubung, kualitas signal, kecepatan transfer data dan lain sebagainya.

Baca : Cara mengeluarkan pengintip Akun WhatsApp

Ketika anda menghadapi problem ketika melakukan panggilan suara meupun video call via aplikasi WhatsApp maupun Line seperti masalah tersendat-sendat, gambar putus-putus tapi suara lancar, suara dan video tidak match dan masalah lainnya maka bukan berarti perangkat anda yang bermasalah, bisa jadi smartphone si penerima panggilan yang mengalami problem jaringan, masalah perangkat dan sebagainya.


Tips Video Call di WA dan Line Lancar


melakukan vicall di line dan WA

Nah, untuk menghindari problem video call tersendat dan putus-putus di aplikasi WA serta Line, silahkan simak tipsnya di bawah ini.

1. Pastikan perangkat anda tidak bermasalah ketika melakukan sambungan data, anda bisa melakukan test jaringan apakah sudah terhubung dengan baik dan lancar atau tidak, caranya buka saja aplikasi Youtube dan cobalah memainkan satu saja video dari situs tersebut, bila responnya bagus dan cepat memainkan video tanpa proses buffering maka bisa dipastikan signal dan koneksi data internet di ponsel anda sudah bagus.

2. Pastikan beberapa aplikasi yang baru saja anda buka tertutup semua agar koneksi internet tidak terbagi dengan aplikasi lainnya. Banyak pengguna smartphone android yang menutup aplikasi hanya dengan memanfaatkan tombol Home, padahal hal tersebut masih menyedot koneksi data internet secara terus menerus untuk jenis aplikasi yang selalu membutuhkan koneksi internet seperti aplikasi sosial media, game online dan lainnya

3. Pastikan jaringan selular sudah tidak naik turun dan mempunyai kualitas signal minimal 3G. Jangan memaksa untuk melakukan proses video call kalau sinyal hanya 1 sampai 2 bar saja karena akan menghambat proses transfer data internet.

4. Lebih baik gunakan koneksi WiFi bila ada, karena nilai Ping dari jaringan WiFi lebih stabil dibanding menggunakan koneksi data selular.

5. Bila kualitas sinyal bagus namun tetap saja proses video call terputus putus silahka lakukan proses restart ponsel dahulu dan ulangi melakukan panggilan.

6. Ketika sudah melakukan hal diatas namun tetap saja proses panggilan video tersendat-sendat maka hubungi si lawan bicara anda untuk mengecek koneksi data, kualitas sinyal dan suruh melakukan hal yang sama seperti proses diatas.

Kesimpulan dari tips diatas adalah setiap adanya proses panggilan dan menerima video call dari whatsapp maupun Line diharuskan 2 perangkat yang terhubung mempunyai kualitas jaringan yang baik. Tidak bisa yang satunya internet lancar tanpa kendala namun satunya bermasalah tentu tidak akan membuat lancar proses panggilan karena terkendala upload dan download data seperti yang admin jelaskan diatas.

Silahkan tinggalkan Komentar dengan sopan
Jauhi kata berbau SARA dan jangan tinggalkan Link Hidup
Terima kasih....
Emoticon Emoticon