Thursday, July 6, 2017

Apa yang terjadi ketika Memori Internal Android Penuh?


Selain tidak bisa melakukan instalasi aplikasi dan melakukan update tentunya ada beberapa efek yang bisa ditimbulkan ketika memori internal android sudah full atau tinggal beberapa MB saja. Mungkin saja banyak pemilik android yang melakukan pemindahan beberapa aplikasi dari internal ke penyimpanan eksternal untuk mengatasinya, namun tidak semua pengguna smartphone bisa melakukannya.

Apa yang terjadi ketika Memori Internal Android Penuh?

Disini admin akan membahas tentang beberapa efek yang bisa dirasakan di smartphone android ketika memori HP sudah penuh dan tidak memungkinkan lagi untuk diisi dengan file data maupun aplikasi. Beberapa efek yang timbul selain tidak bisa melakukan penyimpanan berkas ternyata juga akan berimbas pada kinerja ponsel itu sendiri. Nah, untuk lebih mendalami apa saja akibat dan efek yang bisa timbul karena low memori internal silahkan simak di bawah ini.

Efek Low Memori terhadap Smartphone Android


1. Gagal Update dan Install Aplikasi
Pada settingan default smartphone android, setiap penginstallan dan juga update aplikasi pasti masuknya ke penyimpanan internal ponsel. Dimana ketika penyimpanan android sudah hampir habis maka anda bisa merasakan selalu gagalnya update atau install aplikasi dari play store dengan munculnya pop-up peringatan.

Bila anda merasa selalu saja gagal melakukan unduhan dan update aplikasi dari google play silahkan buka pengaturan ponsel > Penyimpanan, disana akan terlihat berapa kapasitas memori yang tersisa di internal memory ponsel anda. Bila kurang dari 500 MB bisa dipastikan akan gagal untuk proses install serta update.

2. Sistem lambat dan lemot
bila anda merasakan sistem ponsel terasa lemot, lambat bahkan tidak responsif seperti sebelumnya, coba lakukan cek ruang penyimpanan internal, Bila memang sudah Low silahkan buat ruang memori menjadi lega dengan memindah beberapa aplikasi ke peynyimpanan eksternal.

Ruang internal yang terlalu sesak dengan file akan membuat kinerja hardware semakin tinggi karena harus melakukan index file yang besar dan terus menerus, jadi wajar saja kalau ponsel akan terasa melambat kinerjanya.

3. Android Panas
Bukan hanya karena banyaknya aplikasi yang berjalan yang bisa menyebabkan panas berlebih di android, tapi juga bisa karena banyaknya file dan ruang penyimpanan internal yang sudah hampir habis.

Dimana setiap aplikasi yang anda buka dan mainkan akan menciptakan file temporary dan juga cache data, nah semua itu akan tercatat secara terus menerus di internal memori, dengan sesaknya ruang penyimpanan tentunya proses baca tuis akan sedikit terhambat dan diambil alih oleh prosesor beserta RAM sehingga berakibat panas pada hardware meningkat.

4. Aplikasi sering macet
Anda sering merasakan aplikasi yang sedang anda jalankan macet ditengah jalan atau bahkan menutup dengan sendirinya?, selain dikarenakan RAM yang kurang mencukupi untuk proses aplikasi juga bisa disebabkan adanya Internal memori tempat aplikasi tersebut berada sudah penuh dan gagalnya pembacaan file yang dibutuhkan untuk aplikasi tersebut.

5. Ponsel Reboot sendiri
Bila sering mengalami smartphone tiba-tiba restart dengan sendirinya bisa karena ruang penympanan internal yang terlalu sempit, coba pindah beberapa aplikasi ke eksternal memori atau copot aplikasi yang tidak pernah anda buka atau pakai.

Jadi, selain membuat kinerja ponsel secara keseluruhan menjadi tidak responsif lagi ternyata kekurangan ruang penyimpanan internal bisa membuat sistem menjadi bermasalah kedepannya, Semoga sedikit ulasan tentang efek Low memori internal diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon