Sunday, May 7, 2017

Ponsel tidak bisa di charge setelah Kecebur Air, Ini cara mengatasinya!


Cara mengatasi Ponsel tidak bisa di charge setelah Kecebur Air, Tidak ada yang paling menyebalkan dan bikin bete dikala ponsel kesayangan kemasukan air, entah itu HP habis kehujanan, kecuci ketika merendam cucian baju atau bahkan tidak sengaja terjatuh tepat di air. Bahkan yang lebih membuat jengkel ketika setelah terkena air walau masih bisa menyala ternyata tidak bisa dilakukan pengisian daya atau charging, tentu bikin repot bukan ?

mengatasi Ponsel tidak bisa di charge setelah Kecebur Air

seyogyanya pemilik ponsel harus bersyukur karena setelah terkena air si HP tidak mati total dan masih bisa menyala dengan normal walau ada satu problem yang belum terpecahkan yaitu ketika tidak bisa dilakukan charging ketika daya HP sudah hampir habis. Apa yang meski dilakukan tanpa harus terburu-buru ke tukang service ?

Perlu diketahui bahwa banyak terjadi kesalahan penanganan ketika ponsel baru saja terkena air dan kemungkinan besar air masuk sampai ke dalam bagian komponen HP. Salah satu kesalahan fatal yang berakibat mati total-nya ponsel yaitu tidak segeranya mencopot baterai maupun mematikan ponsel dan hanya memikirkan mengeringkan bagian luar ponsel.

Namun adakalanya mencopot baterai juga bukan perkara yang mudah ketika HP baru kecebur air bila menggunakan tipe baterai berjenis Non-removable, dimana baterai diikat menyatu di dalam ponsel dan tidak mudah dilepas kecuali harus membongkar ponsel dengan bantuan obeng khusus yang tidak semua pemilik ponsel memilikinya. Serba salah bukan ?

Disini admin tidak akan membahas secara detail tentang bagaimana mengatasi HP dengan baterai Non removable yang terena air namun hanya fokus pada topik utama yaitu cara mengatasi ponsel tidak bisa di charge setelah kemasukan air.

Mengatasi Ponsel tidak bisa diisi Daya

Beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa ke tempat servis ketika HP kesayangan tidak bisa diisi daya bisa anda lakukan dengan beberapa urutan seperti di bawah ini.


Baca Juga

1. Coba pinjam alat charge, pastikan ampere lebih besar dari yang anda punya atau setidaknya sama persis, bia tidak bisa mengisi daya, lanjut ke checking nomor dua

2. Silahkan buka cassing bagian belakang dan copot baterai beberapa detik lamanya setelah itu pasang lagi dan coba colokkan alat charge tanpa menghidupkan ponsel terlebih dahulu. Bila tidak ada tanda di layar ponsel melakukan pengisian daya, silahkan lanjutkan pemeriksaan tahap ketiga

3. Coba tiup beberapa kali lobang charge, terkadang air masih tersisa di dalam port charging ponsel karena pertama kali yang terdampak air tatkala ponsel masuk ke dalam air adalah lobang port daya serta lobang headset. Kalau punya hair dryer atau kompresor angin silahkan semprotkan ke bagian lubang agar air cepat menguap. Setelah itu silahkan coba lagi melakukan charging, bila tidak mengatasi masalah lanjut ke pemeriksaan nomor empat

4. Pastikan baterai tidak terdampak air sebelumnya, bila memang baterai juga terkena air ada kemungkinan IC di baterai terjadi konsleting, cobalah mencari baterai pinjaman dari teman yang sejenis dengan tipe ponsel anda atau bila tidak memungkinkan silahkan cek kondisi baterai dengan menggunakan alat charge portable atau sering disebut Desktop charge. Bila dengan desktop ternyata baterai bisa terisi berarti kondisi baterai masih normal.

5. Untuk troubleshooting selanjutnya adalah mencoba melakukan reset ponsel agar sistem kembali fresh, bisa jadi sistem yang tidak bisa menddeteksi adanya arus masuk. coba lakukan factory reset atau bila anda bisa melakukan flashing silahkan flash saja untuk memastikan sistem tidka bermasalah.

6. Untuk langkah terakhir bila urutan cara diatas tidak bisa mengatasi ponsel yang tidak bisa di charge karena terkena air tentunya harus membawanya ke tempat service, dimana kemungkinan besar ada komponen bagian jalur port pengisian yang rusak.

Semooga beberap tips mengatasi masalah ponsel tidak bisa diisi daya setelah tercebur air diatas bisa bermanfaat untuk pembaca KangEducation semua.


Emoticon Emoticon