Monday, May 8, 2017

Ada 410 aplikasi Di Google Play ternyata Tidak Aman



Ratusan aplikasi Di Google Play ternyata Tidak Aman, Sebagai market aplikasi terbesar dan terpercaya saat ini pihak Google play ternyata tidak serta merta bersih dari beberapa aplikasi yang berbahaya bagi pengguna android. Dimana menurut Penelitian dari Universitas Michigan Amerika Serikat mengabarkan ada beberpa aplikasi di google play yang tidak aman untuk diunduh dan dijalankan.

beberapa aplikasi tidak aman di google play

Menurut penelitian tersebut bahwa ada sekitar 410 aplikasi yang rentan terhadap aksi peretasan data bagi penggunanya. Bahkan ada salah atu aplikasi berbahaya yang sudah diunduh jutaan pengguna dan berjalan sampai saat ini.

Seperti diketahui bahwa google sebagai pemilik store aplikasi Play Store sampai saat ini ada lebih dari 24 ribu aplikasi yang beredar. Padahal google telah melakukan tindakan selektif terhadap aplikasi yang diunggah oleh para developer program dengan aturan yang sangat ketat daripada market lainnya.

Tidak semua programmer pembuat aplikasi android bisa leluasa mengunggah aplikasi buatannya ke google play, karena selain syaratnya pertama kali harus membayar sejumlah uang juga mempunyai perjanjian yang ketat terkait dengan aplikasi dan term of service yang diberlakukan. Bahkan bila ada satu saja produk milik developer app yang melanggar perjanjian maka seluruh aplikasi miliknya yang ada di play store akan dilakukan suspended bahkan sampai pada cekal atau banned app.

Kembali pada pembahasan diatas, Hasil pemindaian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas michigan menyatakan bahwa ada potensi eksploitasi yang akan mengarah pada mode peretasan keamanan dan data pribadi, Misalnya ketika pengguna mengunduh, menginstall dan menjalankan aplikasi maka secara tidak sadar ada script khusus yang berjalan untuk meretas data pribadi seperti akun, foto, kontak telepon dan beberapa informasi rahasia pengguna android.

Contoh aplikasi yang sangat rentan terhadap keamanan data pengguna adalah aplikasi yang memanfaatkan jalur WiFi sebagai tempat transfer data file antar ponsel atau ke PC. menurut penelitian, bahwa proses transfer file melalui jaur Wifi di ponsel tidak melalui filter khusus dan tidak mendukung jaminan keamanan.

Aplikasi transfer File via WiFi yang banyak beredar di google play saat ini sudah diunduh sebanyak kurang lebih 15 juta kali dan sampai saat ini masih terus bertambah penggunanya. Namun pihak Michigan sendiri tidak merilir secara spesifik nama aplikasi tersebut.

Cara kerja aplikasi yang rentan melakukan peretasan terhadap data pengguna biasanya dilakukan dengan membuka port secara default tanpa adanya izin dari pengguna yang umumnya ditunjukkan pada notifikasi ponsel, nah cara 'curang' developer aplikasi inilah yang dianggap mencurangi pengguna tanpa memberitahukan sebelumnya port pribadi apa saja yang akan diakses oleh aplikasi sehingga rawan dijadikan alat peretasan.

Untuk lebih berhati-hati dan terhindar dari aplikasi berbahaya dari Play store maka pengguna harus selektif dalam memilih aplikasi mana yang ingin diunduh dengan melihat feedback maupun review-review di beberapa situs yang membahas kelebihan serta kekurangan aplikasi bersangkutan. Bila anda merasa curiga dengan aktifitas aplikasi apakah aman atau tidak maka lakukan saja uninstall dan unduh aplikasi serupa yang lain dari developer terpercaya.


Emoticon Emoticon