Wednesday, January 4, 2017

Mengatasi Ponsel Baterai Non Removable sulit di-Charge

Banyak kejadian dimana pengguna dengan tipe baterai Non Removable (NRB) kesulitan mengatasi masalah ketika ponselnya tidak bisa dimasuki daya alias di-charge (di-cas). Tentunya hal paling menjengkelkan kalau kehabisan daya baterai dan ada urusan penting namun ketika ingin mengisi daya bukannya terisi malah tidak bisa masuk sama sekali. apa yang terjadi dan bagaimana mengatasi masalah tersebut ?, simak ulasan KangEducation di bawah ini yuk.

ponsel baterai non removable tidak terisi

Ponsel dengan Tipe baterai yang tidak mudah bongkar pasang (Non Removable) memang memiliki beberapa kelebihan dan menjadi trend terkini dijajaran ponsel keluaran baru. Dengan baterai tanam, maka tipe dan model baterai dengan fleksible bisa ditata sedemikian rupa oleh produsen untuk mengurangi bobot dan juga kerampingan baterai.

Bila anda pernah melihat bagaimana bentuk baterai Non Removable maka rata-rata cangkang atau pembungkus luar cell baterai tidak seperti baterai removable pada umumnya yang terlihat kokoh dan terkesan tebal. Dengan mengurangi bobot dan balutan di sisi luar baterai maka akan mempertipis ukuran dan bisa membuat desain ponsel seramping mungkin.

Karena desainnya yang tidak sekokoh baterai removable maka diperlukan penutup dan dudukan yang tidak mudah bergerak. Biasanya baterai jenis ini berada di balik cassing dan dipererat dengan beberapa pengikat berupa baut di bodinya.

Kembali ke topik diatas, ada beberapa keluhan bagi pengguna ponsel dengan tipe baterai Non Removable ketika dilakukan pengecasan (isi daya) yang salah satunya sebagai berikut :

1. Dalam kondisi ponsel masih menyala namun ketika di-charge tidak bisa masuk, tidak ada tanda notifikasi charge masuk di status baterai.

2. Masih dalam kondisi menyala, ketika di charge muncul tanda di baterai seperti pengisian masuk namun bukannya bertambah daya malah semakin turun prosentasenya.

3. Dalam kondisi Ponsel mati karena kehabisan daya, ketika dilakukan pengisian dari alat charge tidak bisa masuk alias tidak menunjukkan notifikasi pengisian di layar.

4. Masih dalam keadaan ponsel mati, ketika di charge ada tanda daya masuk namun ketika dinyalakan tidak ada perubahan prosentase daya di status baterai.



Mengatasi Baterai tidak mau Terisi


Dari ke-empat kasus yang sering dialami pengguna ponsel dengan baterai tanam diatas admin akan memberikan tips agar proses pengisian berhasil, yuk disimak penanganan kasusnya. Saya beranggapan bahwa baterai anda masih sehat dan beroperasi normal.

1. Untuk kasus Nomor 1 diatas, Bila baterai ponsel anda yakin masih bagus maka bisa dicoba menggunakan alat charge yang mempunyai nilai Ampere lebih tinggi dari alat yang sering anda gunakan. Coba Pinjam dulu ke teman atau famili alat charge yang nilai amperenya lebih tinggi. Contoh, bila di tulisan charge tertera 1500mAh maka pinjam alat charge dengan daya diatasnya seperti 2000mAh atau yang lebih tinggi.

Bila setelah dicoba ternyata pangisian masuk maka seterusnya anda harus menggunakan alat charge dengan ampere tinggi.

2. Pada kasus nomor 2, penyelesaian kasusnya sama dengan nomor 1 yaitu coba gunakan alat charge dengan ampere yang lebih tinggi.

3. Lakukan langkah seperti nomor 1 dan 2 diatas dahulu. Bila ternyata tetap tidak ada tanda-tanda baterai terisi dan tidak ada tanda menyala di layar maka yang harus anda lakukan adalah mencoopot baterai untuk beberapa detik.

Lho kok dicopot, bukannya baterai Non removable gan ?, benar, anda harus mencopot untuk beberapa detik baterai tersebut dari socketnya untuk kemudian dipasang kembali. Hal tersebut biasa saya lakukan dan sering berhasil karena disebabkan adanya arus balik yang menjadikan dorongan arus masuk ddari alat charge tidak bisa masuk, cara satu-satunya mencopot untuk sementara baterai dan memasangnya kembali.

Untuk melakukan pembongkaran diperlukan pengetahuan minimal membuka baut pengikat dan mencongkel cassing belakang pengikat dudukan baterai ( Lain merek ponsel lain cara membuka ).

Setelah mencopot baterai beberapa detik, pasang kembali, jangan terburu-buru memasang cassing penutup, coba dulu menancapkan pengisi daya, bial berhasil baru deh tutup itu cassingnya.

4. Kasus nomor 4 cara penanganan sama dengan nomor 1 dan 2. Namun bila ampere charge sudah tinggi namun daya tidak bertambah dan baterai masih bagus, ada masalah dengan jalur maupun komponen pengisian daya. Harus dilakukan pengecekan di ruang service.

Ingat, jangan membongkar ponsel tanpa pengetahuan yang memadahi karena beresiko kerusakan pada perangkat.

Semoga tips tentang kasus Baterai Non Removable yang tidak bisa terisi diatas bermanfaat bagi pembaca artikel KangEducation semua, terima kasih.

Silahkan tinggalkan Komentar dengan sopan
Jauhi kata berbau SARA dan jangan tinggalkan Link Hidup
Terima kasih....
Emoticon Emoticon