Tuesday, January 24, 2017

Cara Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux Mint, Ubuntu, Debian Secara Otomatis



Tips  Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux Mint, Ubuntu, Debian Secara Otomatis – Bila kita suka mengoleksi beberapa gambar-gambar menarik untuk dijadikan wallpaper atau background desktop komputer, mungkin saja kita perlu mencoba cara yang satu ini yaitu “ cara mudah Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux Secara Otomatis”. Bing merupakan mesin telusur website yang dikelola oleh Microsoft walau tidak sepopuler google dan jika kita berkunjung ke Bing, kita akan melihat latar belakang dari mesin terlusur ini berupa gambar dengan tampilan yang menarik.

Bagi anda pengguna sistem Linux, anda dapat unduh Wallpaper Bing ini dengan menggunakan aplikasi yang berjulukan “bingwallpaper”. Aplikasi ini tidak hanya mengunduh Bing Wallpaper saja, namun secara otomatis, kita juga dapat mengatur gambar hasil unduh sebagai background desktop komputer.

Gambar yang digunakan sebagai Wallpaper dari Bing akan berganti-gantian dalam rentang waktu tertentu. Kita dapat melihat dan memilih beberapa gambar kesukaan sesuai selera yang disediakan oleh Bing ketika kita sedang menggunakan Bing sebagai mesin pencari layaknya Google dan Yahoo. Bila kita menggunakan “bingwallpaper” maka secara otomatis background desktop Linux yang kita pakai akan berganti secara terjadwal sesuai dengan wallpaper yang ditampilkan di Bing.

Cara Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux Mint, Ubuntu, Debian Secara Otomatis

Cara Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux Mint, Ubuntu, Debian Secara Otomatis


Tips ini dapat digunakan pada distro Linux seperti Mint, Ubuntu dan Debian (Gnome) . Namun, sayang sekali Script yang akan kita gunakan ini belum sepenuhnya support semua desktop environment Linux. Mungkin dalam perkembangannya nanti dapat digunakan pada lebih banyak desktop environment Linux. Sampai saat ini saja lima desktop environment Linux yang dapat menjalankannya yaitu diantaranya:

  • Gnome
  • Cinnamon
  • Unity
  • Xfce
  • Mate

1. Unduh Master Bing wallpaper

Silahkan pembaca pengguna linux kunjungi alamat situs web di bawah ini, lalu unduh File Master dari “bingwallpaper”. Setelah proses unduh selesai, ekstrak file hasil unduh lalu simpan di hardisk komputer.

https://github.com/bachvtuan/Bing-Linux-Wallpaper

2. Install dependency

Sebelum menjalankan installasi  Bing wallpaper, install dulu dua paket aplikasi berikut ini, buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini ($) :

sudo apt install python-appindicator python-notify

Bagi pengguna desktop Gnome, install juga “extension” untuk menampilkan app indicator” pada “task bar” Gnome. (https://extensions.gnome.org/extension/615/appindicator-support/)

3. Install Bing wallpaper

Lihat pada folder hasil ekstrak, pastikan file “install.sh” dapat dijalankan sebagai program, klik kanan file (install.sh) lalu pilih “properties”. Lihat pada tab Menu “permission” dan centang pada tombol “allow executing file as program”.

Setelah itu klik kanan pada area yang kosong kemudian pilihlah “open in terminal”. Pada terminal Linux ketik perintah teks di bawah ini ($) :

sudo bash install.sh

4. Jalankan Bing wallpaper

Setelah semua proses instalasi Bing wallpaper selesai, jalankan Bing wallpaper melalui terminal Linux. Ketik perintah teks di bawah ini ($) :

bing_wallpaper

Atau bisa anda gunakan cara  klik dua kali pada script bing_wallpaper.py lalu pilih “run” atau "run in terminal".

Bila tidak ada kesalahan menjalankannya maka, akan terlihat ikon Bing wallpaper di panel desktop Linux yang kita pakai. Setelah itu silahkan ubah pengaturan Bing wallpaper sesuai dengan yang kita inginkan atau biarkan saja dalam kondisi defaultnya. Gambar hasil unduhan secara default akan ter-save pada direktori Pictures/BingWallpapers.

Bila kita ingin mengganti folder daerah menyimpan gambar background Bing wallpaper, ubah pengaturan pada “script” bing_wallpaper.py dan config.json.

  • Buka file bing_wallpaper.py dan config.json menggunakan text editor (gedit, pluma, xed, geany, leafpad atau yang lainnya)
  • Ganti “Pictures/BingWallpapers” dengan direktori komputer yang akan kita gunakan sebagai lokasi menyimpan gambar background Bing wallpaper

5. Jalankan Bing wallpaper ketika start up

Silahkan anda bisa Tambahkan Bing wallpaper sebagai daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika start up Linux. Dengan cara tersebut maka kita tidak perlu menjalankannya secara manual setiap kali menggunakan komputer alasannya yakni sudah otomatis berjalan ketika komputer pertama kali di nyalakan.

Linux Mint Cinnamon :
  • Klik pada Menu > Preferences > Startup Applications
  • Klik tombol Add pilih “Custom Commands”
  • Isi pada kolom yang tersedia : Name = Bing-wallpaper, Commands = /usr/bin/bing_wallpaper, Comment = bing wallpaper changer, startup delay = pilih 0 (nol) saja.
  • Klik tombol Add

Cara Menggunakan Bing Wallpaper Sebagai Background Desktop Linux Mint, Ubuntu, Debian Secara Otomatis

Untuk mengisi kolom commands, gunakanlah tombol "browse" lalu pilihlah file bing_wallpaper yang terdapat di direktori /usr/bin/. Letak file bing_wallaper mungkin berbeda antara sistem operasi Linux yang satu dengan yang lainnya

Bagi anda pengguna desktop environment Linux yang lain, silahkan gunakan pengaturan “startup application” sistem Linux yang anda pakai, secara umum cara dan konsepnya sama saja, hanya caranya saja yang mungkin berbeda.

6. Pengaturan Bing wallpaper Linux

Silahkan klik pada ikon Bing di panel desktop Linux yang anda gunakan. Kita akan melihat Menu Bing wallpaper yang diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Quit
  • Force Refresh
  • Auto Unduh : Yes , NO
  • Select Wallpaper : Recent 8 days, All
  • Select Timer : 1, 2, 5, 10, 30, 60 minutes
  • Random

Quit
caranya Klik pada tombol ini untuk menghapus ikon Bing wallpaper dari panel desktop. Bila kita ingin menonatifkan Bingwallpaper, hapus Bingwallpaper dari “Startup application” dan kemudian atur kembali pengaturan wallpaper menggunakan pengaturan default sistem.

Force Refresh
caranya Klik pada tombol ini jika kita ingin melaksanakan “Refresh” atau unduh lagi / download ulang semua wallpaper yang tersedia di Bingwallpaper.

Auto Download
caranya Klik pada tombol ini untuk mengatur proses unduh yang akan dilakukan secara otomatis. Pilih “Yes” untuk mendownload Bingwallpaper secara otomatis ketika aplikasi “bingwallpaper” dijalankan.

Select Wallpaper
Fiture ini bisa menggantikan fungsi pengaturan wallpaper default sistem dan secara otomatis gambar wallpaper pada directori daerah unduh Bingwallpaper akan menjadi background desktop komputer. Kita dapat memilih opsi  “All (semua gambar yang ada)” atau “Recent 8 days (hanya gambar terbaru 8 hari terakhir)”.

Select Timer
caranya Silahkan pilih jeda waktu untuk jeda pergantian gambar background desktop (slide wallpaper) dari 1 s/d 60 menit.

Random
caranya Klik pada tombol ini untuk mengaktifkan fungsi Random (Acak) dalam pemilihan gambar background desktop komputer menggunakan bing wallpaper.

7. Menghapus Bing wallpaper

Bila kita ingin menghapus aplikasi ini dari sistem Linux, buka terminal lalu ketik perintah teks di bawah ini ($) :

sudo rm /usr/bin/bing_wallpaper

Script Bing wallpaper ini tidak hanya tersedia untuk sistem Linux saja, pengguna sistem Windows dan Mac OS X juga dapat menggunakan Bing wallpaper, tentu dengan memakai file installer yang berbeda.


Emoticon Emoticon