Tuesday, January 24, 2017

Cara Install QMMP, Alternatif Winamp Player Di Ubuntu, Mint, Debian


Cara Install QMMP, Alternatif Winamp Player Di Ubuntu, Mint, Debian – Winamp merupakan salah satu aplikasi pemutar musik paling populer di sistem Windows. Sementara itu untuk sistem Linux, anda dapat menggunakan aplikasi yang serupa seperti “qmmp”. QMMP (QT-Base Multi Media Player) memiliki tampilan ibarat Winamp player dan juga aplikasi ini memang terinspirasi dari Winamp milik Windows. Maka dari itu, skin Winamp dapat digunakan juga di “qmmp”. Bila anda salah satu penggemar Winamp, anda perlu mencoba aplikasi yang satu ini, qmmp berbasis “open source”. Aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman C++ dengan derma “QT Library”.

Fiture Utama QMMP :
  • Konversi file-file audio
  • Mendukung Streaming browser
  • Deteksi otomatis “removable disk”
  • Dan masih banyak lagi fiture menarik dari pemutar musik qmmp ini, anda dapat mengunjungi alamat situs web qmmp untuk melihat fiture qmmp secara lebih lengkap (http://qmmp.ylsoftware.com/features.php)
  • Memiliki tampilan yang simpel dan intuitif
  • Support skin Winamp dan XMMS
  • Kaya akan banyak sekali plugin yang menarik
  • Support banyak sekali format audio, termasuk ogg Vorbis, Opus, Flac, MPEG, midi, MP3 dan lain-lainya
  • Tersedia dalam banyak sekali bahasa
  • Equalizer (10-band) & Virtualisasi
  • Mendukung lirik lagu( lyrics.wikia.com)
  • Mendukung “multiple playlist”

Cara Install QMMP, Alternatif Winamp Player Di Ubuntu, Mint, Debian

Cara Install QMMP Di Ubuntu, Mint dan Debian


Paket aplikasi QMMP sudah tersedia di repository distro Linux Ubuntu, Mint dan Debian. Hanya saja, memang versi yang tersedia di repository bukan merupakan versi terbaru. anda dapat menambahkan ppa: qmmp ke dalam sistem Linux yang anda pakai untuk install qmmp versi terbaru di sistem Linux.

QMMP dapat di gunakan pada sistem operasi Linux, FreeBSD dan Windows

1. Install qmmp tanpa menambahkan ppa: qmmp

Bila anda tidak ingin menambahkan ppa: qmmp ke dalam sistem Linux yang anda pakai, anda dapat install qmmp dengan cara sebagai berikut :

silahkan Buka terminal (Ctrl+Alt+T) lalu ketik perintah teks di bawah ini ($) :

sudo apt install qmmp

2. Install qmmp versi terbaru

Bila anda ingin menggunakan qmmp versi terbaru, tambahkan ppa: qmmp dengan cara sebagai berikut :

Buka terminal (Ctrl+Alt+T) lalu ketik perintah teks di bawah ini ($) :

sudo add-apt-repository ppa:forkotov02/ppa

Lalu update repository :

sudo apt update

Setelah itu install qmmp

sudo apt install qmmp qmmp-plugin-pack

Paket qmmp-plugin-pack dapat anda tambahkan untuk melengkapi plugin pada pemutar musik qmmp.

3. Menambahkan skin qmmp

Setelah tamat melaksanakan install qmmp, selanjutnya anda dapat menambahkan skin Winamp atau XMMS di qmmp player. Berikut ini cara menambahkan skin Winamp di QMMP :

  • Silahkan kunjungi situs web qmmp lalu lihat pada “Menu > Skin”, (http://qmmp.ylsoftware.com/files/skins/winamp-skins/)
  • Download skin Winamp yang akan anda tambahkan ke qmmp player lalu simpan di hardisk komputer
  • Jalankan qmmp player lalu masuk ke Menu Settings qmmp, “Klik kanan pada qmmp > Settings”
  • Lihat pada “Menu > Appearance > Skin”
  • Klik tombol “Add” pada sebelah kiri bawah lalu pilih Skin Winamp yang sudah anda unduh sebelumnya, setelah itu klik pada tombol “Open”
  • Lihat kembali pada Menu > Appearance > Skin, seharusnya terdapat skin gres untuk qmmp player yakni skin yang gres saja anda tambahkan

Selain skin Winamp, qmmp juga memiliki skin sendiri yang mampu anda unduh pada situs web qmmp (http://qmmp.ylsoftware.com/files/skins/qmmp-skins/). File hasil unduh berupa file .zip, tak perlu ekstrak file skin qmmp, anda dapat menambahkan skin qmmp dengan cara yang sama ibarat skin Winamp.

4. Memutar Musik

Cara memutar musik di qmmp player sama ibarat Winamp atau pemutar musik sejenis lainnya. Pada pengaturan default, anda dapat melihat qmmp player + Plalist + Equalizer. Anda dapat menampilkan dan menyembunyikan elemen dari qmmp player melalui Menu View (Klik kanan > View).

Baca juga : 4 Pemutar musik terbaik Linux

Pemutar musik merupakan salah satu aplikasi yang sepertinya selalu ada pada setiap sistem operasi komputer. Biasanya distro Linux populer menyertakan aplikasi pemutar musik sebagai salah satu aplikasi yang dibawa dikala instalasi sistem operasi Linux, termasuk distro Linux Ubuntu, Mint dan Debian yang membawa Rhythmbox sebagai aplikasi pemutar musik default sistem.

Demikian cara install QMMP, Alternatif Winamp Musik Player Di Ubuntu, Mint dan Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca Kangeducation semua


Emoticon Emoticon