Thursday, December 22, 2016

Mengenal Komponen Penyusun Motherboard dan Maintenancenya


Kali ini Kang Edu akan memberikan ulasan singkat tentang Mengenal Komponen Penyusun Motherboard dan Maintenancenya. Jadi bagi para pembaca setia Kangeducation nantinya bisa memahami bagaimana kerja motherboard, komponen didalamnya dan beberapa aspek pendukungnya.

Mengenal Motherboard


Motherboard atau Mainboard merupakan sebuah papan utama PCB yang memiliki chip BIOS sebagai program penggerak, jalur-jalur dan konektor yang bertindak sebagai penghubung akses menuju masing-masing perangkat pada komputer. Secara sederhana, Motherboard adalah papan induk yang merupakan tempat di mana perangkat-perangkat keras (hardware) pada komputer merekat.

mobo

Motherboard berperan sangat penting dalam sebuah komputer. Papan ini diperlukan oleh komputer guna melancarkan proses data. Hal ini dikarenakan semua komponen mulai dari prosesor, memory, media penyimpan data, komponen Input-Output, dan kartu-kartu terhubung pada papan utama atau papan induk ini. Maka dari itu, peran motherboard atau mainboard sangat vital dalam komputer.

Dalam Motherboard terdapat beberapa komponen yang berperan penting dalam keberlangsungan berjalannya komputer. Komponen tersebut antara lain:

Komponen Motherboard

komponen motherboard

  • BIOS 

Komponen ini merupakan chip yang bertugas mengontrol kesiapan komputer pada saat proses booting dengan melakukan pemeriksaan pada seluruh perangkat keras yang terhubung dengan komputer.

  • Slot IDE dan Slot SATA 

Kedua slot ini sangat berbeda bentuk. Namun kegunaannya mirip. Kegunaannya adalah mengkoneksikan Hard disk pada motherboard. Perbedaan kedua slot ini adalah jika pada slot IDE bentuknya memanjang dan ukuran yang sesuai dengan kabel IDE. Sedangkan slot SATA ukurannya lebih kecil dari slot IDE dan kabelnya lebih halus sehingga tidak memakan banyak ruang.

Slot IDE kini sudah jarang diutilisasikan dikarenakan produsen lebih memaksimalkan peran dari slot SATA yang dianggap lebih minimalis juga efisien dalam hal tempat. 
Slot Memory 

Komponen slot memory ini juga sangat esensial karena memiliki fungsi menghubungkan RAM (Random Access Memory) pada komputer. Bentuknya biasanya memanjang sesuai dengan ukuran RAM. Jadi jika anda ingin mengganti RAM perlu dipastikan terlebih dahulu apakah ukurannya sudah pas dengan slot yang terdapat pada motherboard anda.

  • Slot AGP dan PCI Express X16 

Slot AGP dan PCI Express x16 berperan sebagai tempat kartu display anda atau yang lebih dikenal dengan Graphic Card atau VGA Card. Slot AGP sudah sangat jarang ditemui pada motherboard baru karena kebanyakan produsen memilih mengaplikasikan slot PCI Express daripada slot AGP, karena dianggap mempunyai kualitas lebih baik.

  • Baterai CMOS 

Complementary Metal Oxide Semi-conductor yang lebih populer dikenal dengan sebutan CMOS juga terletak pada motherboard. Komponen ini berfungsi untuk menghantarkan daya pada sistem BIOS dan menyimpan berbagai konfigurasi pada sistem BIOS.

Baca Juga

  • I/O Port 

Komponen ini merupakan bagian yang dapat dilihar dari luar Casing CPU. Terdiri dari kumpulan port sebagai input atau output dari perangkat peripheral lain seperti LAN, VGA, PS/2, maupun USB.

  • Power Connector 



Komponen paling krusial yaitu power connector. Komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara motherboard dengan catu daya listrik yang digunakan untuk mengaliri motherboard dan komponen lainnya dengan listrik.

Maintenance Motherboard

Setelah mengenali apa itu motherboard beserta para komponen-komponennya, kali ini akan dibahas tentang bagaimana merawat motherboard anda agar tetap terjaga masa pakainya.

maintenance motherboard

  • Gunakan UPS dan Stabilizer 

UPS merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supply. UPS dan stabilizer adalah perangkat yang mampu menjadikan tegangan listrik stabil dan mampu menyimpan arus listrik dalam kapasitas tertentu, sehingga jika tiba tiba listrik padam, anda memiliki waktu untuk menyelamatkan data anda dalam waktu singkat. 

Selain itu, komputer akan tetap aman meski ada perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba. Penggunaan UPS pada komputer sangat diperlukan guna menstabilkan arus listrik yang masuk pada motherboard sehingga jika semakin stabil, motherboard akan semakin awet.

Membersihkan Motherboard 


Membersihkan motherboard secara rutin juga dapat membantu memperpanjang masa pakai motherboard itu sendiri. Pembersihan dapat dilakukan secara rutin atau ketika motherboard dirasa sudah sangat kotor. Lakukan pembersihan dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas.

Hilangkan debu-debu yang menumpuk pada motherboard dan slot-slot yang ada pada motherboard. Debu yang menumpuk menyebabkan motherboard rusak karena overheat. Jika motherboard anda kotor, maka komponen lainnya akan terpengaruh juga kinerjanya karena motherboard merupakan jalan utama arus listrik disebarkan menuju komponen-komponen yang terhubung dengan komputer.

Setelah membersihkan motherboard dan slot-slot yang terdapat pada motherboard, pastikan tidak ada baut-baut yang tertinggal pada mainboard. Hal ini dimaksudkan untu menghindari terjadinya hubungan arus pendek atau yang lebih dikenal korslet.

Usahakan tidak Menutup Ventilasi Udara pada Casing 

Usahakan untuk tidak menutup ventilasi udara pada Casing CPU agar pertukaran udara bebas ke dalam CPU dapat terjadi. Pastikan juga ventilasi yang ada pada Casing terbebas dari benda-benda yang dapat menghalangi sirkulasi udara agar temperatur pada CPU maupun motherboard tetap pada suhu normalnya.

  • Jaga agar Komputer tidak Mati terlalu Lama 

Komputer yang mati dalam jangka waktu yang lama akan menjadikan ketajaman kinerja komponen-komponen yang ada di dalamnya menjadi melemah, keropos, berjamur, bahkan dapat menyebabkan disfungsi atau tidak berfungsinya komponen tersebut.

Oleh karena itulah, jaga agar komputer tidak mati dalam jangka waktu yang lama. Sekurang-kurangnya tiga kali dalam seminggu, nyalakan komputer dan gunakan meskipun hanya untuk melakukan aktivitas ringan seperti mengetik atau scanning virus. Hal ini ditujukan agar komponen-komponen di dalam CPU termasuk motherboard tetap bergerak dan berfungsi secara optimal.

  • Pastikan untuk Memasang Komponen Sesuai Slot 

Motherboard memiliki slot-slot yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Oleh karena itu, untuk menjaga motherboard milik anda agar tetap awet, anda harus memastikan untuk memasang komponen sesuai dengan slot. Jika anda memaksakan suatu komponen terhubung pada slot yang salah, bisa saja ini memicu terjadinya kerusakan pada motherboard anda.

Demikianlah ulasan tentang mengenali dan bagaimana maintenance motherboard yang anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi dalam mengenali motherboard dan menjaga motherboard anda agar tetap awet.


Emoticon Emoticon