Monday, December 5, 2016

Fungsi Sistem Operasi Komputer dan Jenisnya



Komputer merupakan alat elektronik yang sangat banyak manfaatnya untuk membantu pekerjaan manusia. Mulai dari pelajar hingga pekerja membutuhkan benda elektronik yang satu ini. Komputer memiliki perangkat keras maupun lunak yang berfungsi dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Beberapa dekade yang lalu sebelum adanya sistem operasi komputer seperti saat ini, perangkat komputer zaman dahulu dioperasikan menggunakan sinyal analog dan juga sinyal digital. Bisa anda bayangkan betapa merepotkannya saat ingin menggunakan perangkat komputer tersebut. Setelah teknologi semakin lama semakin berkembang dan muncul berbagai sistem operasi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti yang sudah kita kenal dan ketahui saat ini. Maka penggunaan perangkat komputer pun semakin mudah.

Fungsi Sistem Operasi Komputer dan Jenisnya

Sistem Operasi merupakam perangkat lunak (software) yang terdapat pada komputer dan bertugas dalam menggontrol serta memanajemen perangkat keras dan juga sebagai operasi-operasi dasar sistem. Seain juga berfungsi dalam menjalankan software aplikasi, misalnya program-program pengolah data untuk mempermudah kegiatan manusia.Komputer memiliki sistem operasi dan jenis sistem operasi yang berbeda-beda. Berikut akan dibahas beberapa fungsi sistem operasi komputer dan jenisnya.


13 Fungsi Sistem Operasi Komputer

1. Membuat komputer agar lebih mudah dan menarik serta nyaman saat digunakan 

2. Memungkinkan sumberdaya komputer untuk digunakan secara efisien 

3. Fungsi sistem operasi komputer sebagai mediator, yakni sistem operasi komputer sebagai penengah atau penghubung perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (sofware). 

4. Sistem operasi untuk wadah atau sistem operasi komputer sebagai tempat menginstal suatu aplikasi, dan sebaliknya. 

5. Sistem operasi komputer dapat melakukan proses penerjemahan bahasa program untuk ditampilkan ke layar monitar yang berupa kombinasi grafis dan teks. 

6. Sistem komputer subagai resource manager, yaitu sebagai pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, se[erti memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.

7. Sebagai Interface/tatap muka, yakni sebagai penghubung antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang leibh mudah dipahami dan bersahabat (user friendly).

8. Berfungsi sebagai coordinator, yakni mengkoordinasi serta menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan juga prosesnya berlangsung secara berurutan.

9. Berfungsi sebagai guardian, yakni menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file serta mengawasi data dan program

10. Sistem operasi komputer sebagai gate Kkeper, yakni berfungsi mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem serta mengawasi apa saja yang dilakukannya.

11. Sistem operasi komputer sebagai optimizer, yakni berperan dalam penjadwal masukan (input) oleh user,proses komputasi, pengaksesan basis data dan penggunannya.

12. Sebagai accountant, yakni berfungsi dalam mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, serta waktu koneksi terminal

13. Serta sebagai server yang berfungsi untuk melayani pengguna komputer

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer beserta Contohnya 

1. DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System, terdapat beberapa versi dari sistem dos. Diantaranya yakni MS- Dos yang dibuat oleh Microsoft, PC DOS buatan dari IBM dan DR- DOS buatan Digital Research.

2. OS/2 merupakan sistem operasi yang dibuat oleh IBM, yang pada awal mulanya hanya ditujukan untuk pemakaian komputer sendiri namun kini telah disebarkan.

3. Sunsoft merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Sun Microsystem Inc. Sistem yang merupakan versi interaktif UNIX

4. Sistem 6.x/7.x merupakan sistem operasi yang dijalankan untuk Macintosh metode yaitu menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface.

5. Windows NT merupakan sistem yang dikembangkan oleh windows

6. NextSTEF merupakan sistem operasi yang ditujukan kepada pengguna komputer neTX karena kecanggihannya

7. UNIX merupakan sistem operasi yang saat ini banyak digunakan komputer mini atau mainframe.

8. Sistem Mac OS merupakan sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang pada umumnya disebut juga dengan Mac atau Macintosh.

9. Microsoft Windows merupakan sistem operasi komputer yang umum digunakan saat ini yang antara lain terdiri dari Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, 

Demikian beberapa fungsi sistem operasi komputer dan jenisnya. Semoga bermanfaat bagi anda.


Emoticon Emoticon